Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Provider Internet Rumah Terbaik dan Cara Berlangganannya, Cek Yuk!

by Miftahul Khoer on 18 November, 2019

Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Bagaimana tidak? Hampir semua aspek kehidupan kita sekarang sangat tergantung pada internet baik itu pekerjaan, komunikasi, sampai hal-hal lain seperti hiburan dan transportasi. Untuk itu, memasang internet di rumah adalah hal yang umum dilakukan.

provider internet rumah

Banyak provider internet di Indonesia baik yang menggunakan kabel maupun yang tanpa kabel. Layanan mereka beragam baik untuk keperluan bisnis maupun rumah. Para penyedia juga biasanya memiliki beberapa pilihan program paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Beberapa program paket juga sudah disatukan dengan layanan TV kabel sehingga lebih praktis dan hemat.

Kalau kamu saat ini sedang ingin memasang internet di rumah, berikut ini daftar provider internet rumah terbaik di Indonesia dan cara berlangganannya:

1. First Media

Layanan internet satu ini cukup handal dan memiliki layanan TV kabel yang juga keren. First Media sangat cocok buat kamu yang menyukai hiburan dan TV kabel. Kamu bisa menikmati 179 channel lokal dan internasional dengan kualitas HD 4K dan kualitas suara Dolby Digital.

First Media menyediakan layanan TV kabel di semua pilihan paket internet yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau mulai dari Rp243.000 saja per bulan.

Cara Berlangganan First Media:

Untuk berlangganan First Media, kamu bisa langsung mengunjungi laman firstmedia.com. Di laman tersebut nantinya akan ada berbagai pilihan dan kamu bisa melakukan tahap pendaftaran berikut ini:

– Cek area layanan

Sebelum mendaftar, tentunya kamu harus memastikan areamu sudah tercover layanan First Media. Kamu bisa mengeceknya melalui menu pilihan “Cek Area Layanan” di laman First Media.

– Pilih paket

Setelah yakin areamu ter-cover layanan, kamu bisa memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk itu, kamu bisa mengklik menu “Pilih Paket”.

– Hubungi pihak First Media

Setelah memilih paket yang sesuai, kamu bisa langsung menghubungi pihak First Media melalui telepon (021) 2559 6688 atau chat langsung dengan sales melalui fitur “Sales Chat”.

(Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Gampang, Asyik, dan Realistis)
2. MyRepublic

ISP MyRepublic merupakan salah satu provider yang kompetitif baik dari segi harga maupun kecepatan internet. Mereka memiliki beragam paket mulai dari harga Rp212.500. Kecepatan internetnya mencapai 300 Mbps.

Walau saat ini belum memiliki jangkauan daerah yang luas, tapi MyRepublic sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia. MyRepublic cocok untuk kamu yang suka main game online karena provider ini menyediakan paket khusus untuk gamer.

Cara Berlangganan MyRepublic:

Untuk berlangganan MyRepublic, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh berikut ini:

– Melalui situs resmi

Kamu bisa mengunjungi situs resmi myrepublic.co.id. Di halaman tersebut akan tersedia pilihan paket yang kamu pilih. Setelah memilih paket, kamu cukup mengisi data pelanggan dengan lengkap dan selanjutnya akan dihubungi oleh pihak MyRepublic.

– Melalui customer service

Kamu bisa menghubungi customer service MyRepublic di nomor 1500818. Nanti kamu akan terhubung dengan customer service yang bisa membantu proses pendaftaran.

– Melalui email

Kamu juga bisa mengirimkan pengajuan pemasangan melalui email ke alamat order@myrepublic.co.id. Biasanya email akan dibalas pada saat jam kerja.

– Datang ke kantor cabang

Kalau kebetulan di dekat rumahmu ada kantor cabang atau gerai MyRepublic, kamu bisa datang langsung untuk melakukan pendaftaran.

3. Biznet Home

Biznet Home terkenal dengan cakupan area yang luas dengan menyediakan layanan kabel fiber optik untuk lebih dari 100 kota di Indonesia. Biznet masih terus mengembangkan area cakupannya di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Biznet menyediakan pilihan paket combo internet dan TV kabel, atau internet saja yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Meski layanan internetnya tidak secepat ISP lain, Biznet sudah memiliki kecepatan upload dan download mencapai 100Mbps untuk kenyamanan berinternet pelanggannya.

Cara Berlangganan Biznet Home:

Untuk berlangganan Biznet Home, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di biznethome.net. Berikut ini tahapan pendaftarannya:

– Masuk ke biznethome.net lalu klik di bagian kanan atas “DAFTAR SEKARANG”.

– Tahap pertama, kamu harus isi alamat pemasangan, baik untuk apartemen maupun rumah.

– Tahap kedua, kamu bisa pilih paket yang sesuai dan akan langsung muncul detil harganya.

– Tahap ketiga, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi seperti nama akun yang nanti akan terdaftar, nomor KTP, alamat email, dan nomor telepon.

– Selanjutnya adalah tahap pembayaran. Kamu akan diminta memilih metode pembayaran. Setelah pembayaran kamu selesaikan, kamu akan mendapatkan email notifikasi dan verifikasi dari tim Biznet terkait jadwal pemasangan, dan lain-lain.

– Kamu bisa menghubungi nomor customer service di 1500933 dan email ke home_care@biznetnetworks.com

4. MNC Play

MNC Play merupakan salah satu provider internet dengan kecepatan tertinggi di Indonesia, kamu bisa memilihnya untuk menikmati internet di rumah. Dengan kapasitas network yang mencapai 10 Gbps, MNC Play memastikan koneksi internet yang cepat dan stabil. MNC Play menggunakan teknologi Fiber To The Home (FTTH) yang menyediakan jaringan kabel optik 100% di seluruh jalur sampai rumah kamu. MNC Play juga menyediakan paket combo dengan menyediakan 180 channel TV lokal maupun internasional.

Cara Berlangganan MNC Play:

Untuk berlangganan MNC Play, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online melalui register.mncplay.id. Kamu tinggal mengisi data-data secara lengkap di kolom yang telah disediakan. Selanjutnya pihak dari MNC Play akan menghubungimu. Kamu juga bisa menghubungi customer service di nomor 1500 121.

5. IndiHome Fiber

Dulunya dikenal dengan nama Speedy Internet, IndiHome Fiber dari Telkom Indonesia terkenal dengan jangkauan yang sangat luas. Tentu saja hal ini karena Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Kamu bisa memilih paket yang beragam dari segi kecepatan internet, jumlah layanan, dan harga. Kamu juga bebas memilih kecepatan internet mulai dari 10 Mbps sampai 100 Mbps. Kamu juga bisa memilih paket internet saja atau combo dengan TV kabel dan telepon rumah.

Cara Berlangganan IndiHome:

Ada empat cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar layanan IndiHome:

– Melalui situs resmi

Kamu bisa melakukan pendaftaran online dengan mengunjungi situs resmi indihome.co.id. Di pojok kiri atas akan terdapat menu profil dengan pilihan “MASUK” atau “LANGGANAN INDIHOME”. Pilih menu “LANGGANAN INDIHOME” dan ikuti tahapan pendaftarannya.

– Melalui Plasa Telkom

Kamu bisa datang langsung ke Plasa Telkom untuk mendaftarkan diri. Kamu akan diminta untuk melengkapi berkas dan syarat yang selanjutnya akan diverifikasi untuk dilakukan pemasangan.

– Melalui call center

Pendaftaran juga bisa kamu lakukan dengan menghubungi call center di nomor 147. Nantinya kamu akan terhubung dengan customer service yang akan membantu proses pendaftaran.

– Melalui sales

Kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui sales yang bertugas menawarkan layanan IndiHome kepada calon pelanggan. Sales ini akan membantumu melakukan proses pendaftaran dan administrasi. Kamu bisa menemukan sales IndiHome di mal, event Telkom, atau kadang mereka juga berkeliling door to door.

(Baca juga: Waspadai Tiga Bahaya Akses Internet dengan Koneksi VPN)
6. CBN

CBN juga merupakan penyedia layanan internet dengan kecepatan tinggi. CBN menyediakan jaringan internet fiber optic dan wireless broadband dengan pilihan kecepatan sampai 1 Gbps. CBN memiliki jaringan Fiber To The Home (FTTH) dan wireless broadband yang tersedia untuk perumahan sampai mal.

Harga terendah paket untuk pilihan internet rumah mulai Rp299.000 saja per bulan, dengan pilihan paket kecepatan mulai 50 Mbps. Setiap paket hadir dengan fitur menarik seperti layanan CBN Email dengan kapasitas 5 GB.

Cara Berlangganan CBN:

Untuk daftar berlangganan CBN, kamu bisa mengunjungi website resminya di cbn.id. Sebelum mendaftar, kamu bisa cek dulu area layanan melalui menu “Check Coverage”. Setelah itu kamu bisa membuat akun. Kamu juga bisa menghubungi call center di nomor 1500 780.

7. GIG Indosat

GIG dari Indosat merupakan provider internet rumah dengan kecepatan hingga 1 Gbps. Paket GIG Indosat disertai fitur menarik seperti iFlix dan perangkat Google Chromecast. Kamu bisa menghubungkannya dengan Smart TV dan menikmati berbagai tayangan menarik dari iFlix secara wireless dari smartphone, tablet, maupun komputer.

Cara Berlangganan GIG Indosat:

Untuk mendaftar layanan GIG, kamu bisa langsung mengunjungi link registration.gig.id. Nantinya akan tersedia berbagai informasi termasuk rincian paket dan harganya. Selanjutnya, kamu bisa klik tombol “Saya mau GIG” kemudian mengisi data dalam kolom yang disediakan.

Pada laman pendaftaran itu juga tersedia layanan Live Help yang memungkinkanmu untuk chat langsung dengan customer service.

Nah, itu tadi daftar provider internet rumah terbaik di Indonesia beserta cara daftarnya. Masing-masing provider tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ya. Kamu tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.