Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Proyeksi Bisnis Dunia Di 2020 Membaik! Ini Pilihan Tren Bisnisnya

by Maria Nofianti on 3 Januari, 2020

Semarak memasuki tahun yang baru dengan penuh semangat masih menggema dimana-mana. Penting sekali arti sebuah semangat, karena di tahun baru ini jelas ada banyak harapan, motivasi, dan juga resolusi yang siap direalisasikan di tahun 2020.

Tentu saja, akan ada banyak kesempatan yang sayang untuk dilewatkan, terlebih bagi kamu yang seorang pebisnis. Incaran proyeksi bisnis di tahun 2020 menjadi satu tahun yang pastinya diharapkan akan membuka peluang bisnis yang terbaik untukmu.

Proyeksi Bisnis Dunia di 2020

Kita tahu, perekonomian dunia perlahan-lahan mulai berbenah dan semakin hari semakin berkembang. Mulai dari abad ke-18 dengan adanya mesin-mesin yang memiliki tenaga uap dan mulai mengalihkan penggunaan tenaga ke mesin-mesin.

Menurut sejarah, di tahun 1870 masyarakat mulai menggunakan tenaga listrik yang disebut revolusi industri kedua. Hingga saat ini revolusi telah berada pada tingkatan tertinggi yaitu revolusi industri 4.0. Pada revolusi industri 4.0 mereka menggabungkan sistem, alur kerja dan mesin dalam sepanjang proses produksi.

Menghadapi revolusi industri para pelaku bisnis harus bersiap dengan teknologi dan inovasi terbarunya. Sedangkan untuk proyeksi bisnis dunia di 2020 akan diprediksikan mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan memanfaatkan teknologi internet yang sudah merambah hampir semua lapisan masyarakat dunia.

Sistem canggih yang terus menerus diperbaharui menjadikan teknologi internet semakin menjadikan revolusi industri 4.0 lebih mudah.

(Baca Juga: Mengulas Pengertian Startup Hingga Perkembangannya di Indonesia)

Munculnya interaksi baru antara manusia dan mesin, adanya kecerdasan dalam bisnis serta volume data, konektivitas yang meningkat adalah faktor ditandainya revolusi industri 4.0. Bagi para pelaku bisnis dalam memilih dan menemukan potensi yang akurat juga penting. Karena inilah yang akan menjadi salah satu pendorong kesuksesan bisnis.

Selain itu inovasi dan bisa survive tentu saja sangat dibutuhkan dalam perubahan tren. Jadi bagi kamu para pelaku bisnis harus pintar dalam menyusun sebuah strategi bisni jika tidak ingin bisnis kamu bangkrut, perlu sekali untuk terus belajar, memantau, dan peka terhadap segala perkembangan yang ada di sekitarmu.

Nah, ini ada beberapa contoh bisnis yang bisa kamu pilih untuk menghadapi revolusi industri 4.0 seperti :

Bisnis Food Beverage

Manusia hidup, pastilah membutuhkan makanan, ini adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup. maka tak heran jika membuka bisnis dalam bidang makanan atau kuliner ini memang tidak akan ada habisnya. Ini karena makan adalah kebutuhan utama makhluk hidup, terutama manusia.

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dijual di pasaran, mulai dari makanan kecil atau snack, kue, cake, hingga makanan berat yang mengenyangkan perut. Sangat beruntunglah kita berada di Indonesia, karena Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk. Ada banyak cita rasa di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Efeknya industri kuliner di Indonesia juga bisa memiliki banyak sekali pilihan, nah jika kamu akan membuka bisnis kuliner, tinggal tentuin deh mau menjual kuliner apa yang pas untuk lokasi dan pangsa pasarmu.

Terpenting, harus selalu berani berinovasi dalam menghadirkan makanan yang akan kamu jual, kamu bisa menarik banyak konsumen yang penasaran.

Jadi pastinya,bisnis kuliner ini menjadi proyeksi bisnis dunia di 2020 yang sangat menjanjikan loh untuk digeluti.

Bisnis Fashion

Selain makanan, hal yang tidak ada matinya adalah fashion. Karena jelas saja, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Dan, saat ini pengaruh tren fashion sangat besar pada masyarakat.

Ini adalah salah satu proyeksi bisnis dunia di 2020 yang bagus. Karena fashion tidak terbatas hanya untuk wanita saja, sekarang kamu bisa menemukan beragam fashion untuk pria dan anak-anak.

Jadi jangkauannya pun luas sekali, misalnya saja jika kamu ingin bisnis yang mengarah ke kalangan atas maka kamu tinggal mencari barang-barang dengan bahan atau brand premium untuk produk yang akan kamu jual. Tren fashion juga bisa kamu lihat dari luar negeri.

Dengan embel-embel produk luar negeri sudah pasti kamu akan mendapatkan banyak konsumen. Dan dengan mengikuti tren fashion terbaru kamu akan menjadi incaran masyarakat apalagi jika kamu juga pintar berkreasi.

Bisnis Bidang Agribisnis

Agribisnis adalah salah satu bidang yang juga sangat menjanjikan dalam proyeksi bisnis dunia di 2020. Karena kebutuhan manusia akan bahan makanan terbaik tidak akan pernah hilang atau berhenti.

Dengan menawarkan produk-produk agribisnis dengan kualitas terbaik maka kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan. Dari mulai bisnis udang, ikan, sayur mayur, tanaman kedelai, kelapa dan lainnya. Kamu juga bisa berinovasi dengan memproduksi sendiri tanaman hidroponik misalnya.

Budidaya secara hidroponik lebih mudah dilakukan bahkan dengan lahan yang terbatas. Tanaman hasil dari hidroponik memiliki harga jual lebih mahal dibanding tanaman yang ditanam di tanah. Karena itu banyak pelaku bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah dalam sebulan.

Bisnis Industri Kreatif

Kreativitas adalah satu hal yang tak dapat dan tak boleh diabaikan begitu saja, ada banyak hal yang bisa dikembangkan dengan modal kreativitas. Dalam proyeksi bisnis dunia di 2020, terutama bisnis dalam bidang kreatif akan semakin maju.

Hal ini disebabkan sekarang ini masyarakat atau konsumen sudah banyak yang peduli dan lebih menghargai hal dengan nilai-nilai seni. Entah itu karena tren atau memang menyukai sesuatu yang bernilai seni dan kreativitas.

Generasi saat ini dibekali dengan berbagai macam inovasi dalam industri kreatif seperti industri kerajinan tangan, desain interior, dan musik. Bahkan sesuatu yang berbau tradisional sekarang makin banyak diminati. Inilah salah satu hal baik yang dimiliki oleh generasi Milenial saat ini.

Penghargaan terhadap kebudayaan dan kearifan lokal lebih meningkat, dan satu sama lain berusaha menyadarkan bahwa mengembangkan apa yang dimiliki itu penting, sebelum terlambat dan semuanya diambil orang lain.

Nah, dalam bidang bisnis dengan strategi pemasaran yang baru dan global kamu bisa menjangkau pasar domestik maupun luar negeri. Tentu saja untuk menjangkau pasar luar negeri kamu bisa memanfaatkan teknologi internet. Inilah kenapa karya anak bangsa kini banyak beredar dan diminati pangsa luar negri.

Bisnis Franchise

Tren jualan makanan dan minuman berkembang sangat pesat sekarang ini. bagi kamu yang menginginkan bisnis yang selalu mengikuti tren, namun kamu tak memiliki ide lebih dan ingin menerima lalu menjalankan sistem yang sudah ada, maka kamu bisa mencoba franchise atau waralaba. Jalas ini sangat cocok bagi kamu yang agak susah menemukan ide produk baru, dan tak memiliki brand.

Bisnis ini adalah bisnis terbaik yang masuk dalam proyeksi bisnis dunia di 2020 yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Franchise sejatinya adalah metode bisnis dengan menyebarkan produk yang sudah memiliki lisensi atau merk tertentu. Ada banyak keuntungan dalam memulai bisnis ini yaitu lebih cepat dalam memulai suatu bisnis, memiliki pelatihan dan dukungan dari pemilik franchise, panduan dalam memilih tempat hingga yang pasti adalah merek yang terkenal.

Namun pastikan saat memilih jenis franchise, kamu memilih franchise yang memang sudah memiliki sistem yang teruji dan tak merugikanmu. Ya, meski kerugian adalah salah satu tantangan dalam berbisnis, namun jika bisa meminimalisirnya, kenapa tidak dilakukan.

Bisnis Jasa Publisher

Ini dia bisnis yang amat sangat menjanjikan dalam proyeksi bisnis dunia di 2020. Dengan  memanfaatkan internet kamu bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Hanya dengan menulis di dunia online saja kamu bisa dapat keuntungan. Banyak sekali jenis pekerjaan seperti ini bahkan Indonesia sudah terkenal dengan para pakar di bisnis ini.

Pekerjaan seperti membuat konten untuk website hingga pembuatan website marketplace atau web design. Jangkauannya pun bisa mendunia asalkan kamu bisa berbahasa Inggris dengan baik. Penggunaan internet yang semakin positif tentu saja akan menghasilkan sesuatu yang positif juga.

Bisnis Jual Beli Online

Semakin maraknya ponsel pintar semakin banyak juga orang yang memulai bisnis jual beli secara online. Dengan prinsip apapun bisa dilakukan dalam genggamanmu maka bisnis ini berkembang dengan pesat. Saat ini, jika kita ingin berjualan, tak melulu lagi kita harus memiliki toko atau kios, karena dengan bermodal ponsel pintar pun kita sudah bisa berjualan.

Maka dari itu masuk dalam proyeksi bisnis dunia di 2020 yang amat menjanjikan. Di masa datang diperkirakan orang sudah tidak banyak yang menggunakan sistem pembayaran konvensional. Semua akan dilakukan dengan cara yang canggih.

Kamu tidak perlu ke ATM untuk membayar suatu produk yang kamu beli. Dengan sistem pembayaran online seperti internet banking atau virtual account, ini akan sangat mempermudah konsumen.

Bisnis ini menjadi besar dalam era revolusi industri 4.0 karena promosinya yang sangat cepat menyebar apalagi melalui media social juga karena biaya produksinya yang sangat rendah.

Bisnis Bidang Properti

Bisnis properti disebutkan sebagai bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan. Dalam proyeksi bisnis dunia di 2020 bisnis properti akan menyumbang banyak keuntungan terutama dalam sektor perumahan rakyat. Kebutuhan akan papan untuk manusia mendasari bisnis ini. Untuk hunian yang diperuntukkan bagi kalangan menengah, kemudahan dalam pembayaran serta mengurus ijin IMB akan menjadi poin utamanya. Untuk kalangan atas kamu bisa berinovasi dalam fasilitas-fasilitas terbaik dan premium di kelasnya.

Kehidupan terus bergerak, pertumbuhan ekonomi di dunia ini berjalan dengan sangat dinamis dan penuh tantangan. Jika kamu memilih menjadi seorang pebisnis, maka berjuanglah untuk menjalankan bisnis sebaik mungkin. Peka terhadap teknologi dan selalu terbuka dengan beragam informasi pun menjadi hal yang wajib.

Karena dalam menghadapi kemajuan zaman banyak orang yang masih gagap teknologi. Jika kamu adalah pelaku bisnis ini akan sangat merugikan kamu. Dengan meng-upgrade diri dan tidak menutup informasi apapun maka kamu siap mengambil peluang di era revolusi industri 4.0 ini.

Yuk, jadilah salah satu pebisnis handal di masa depan, dan bersiaplah berjibaku menjalankan bisnismu dengan semangat super tinggi, karena berbisnis sesungguhnya membutuhkan keberanian untuk berjuang.

Semoga proyeksi bisnis dunia di 2020 ini bisa menjadi referensi yang sangat berguna bagi siapapun yang membacanya, dan menghilangkan kebuntuan pikiranmu akan ide bisnis yang menjanjikan. Selamat berbisnis!

Untuk simulasi pengajuan modal dapat dilakukan dengan kalkulator di bawah ini.

Tentang Penulis