Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Puan Maharani Sampe SBY, Pejabat yang Hobi Kolektor Moge

by Miftahul Khoer on 11 Desember, 2019

Baru-baru ini, publik Indonesia dihebohkan dengan kasus penyelundupan sparepart Harley Davidson di pesawat Garuda. Onderdil Harley Davidson diselundupkan dengan dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. Onderdil motor tersebut didatangkan berbarengan dengan datangnya pesawat baru Garuda Indonesia A330-900 Neo. Dimasukkannya barang tersebut ke dalam pesawat adalah untuk menghindari pembayaran bea masuk.

motor sport _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Bagi beberapa orang, memiliki kendaraan mewah baik berupa mobil atau motor merupakan hobi. Karena harga yang mahal, hanya kalangan tertentu yang bisa menekuni hobi ini, misalnya pejabat atau public figure.

Di Indonesia, pejabat yang memiliki kendaraan mewah juga sudah menjadi hal yang umum. Berikut ini beberapa pejabat yang memiliki motor besar alias moge merek Harley Davidson:

1. Bambang Soesatyo

Selera Ketua MPR Bambang Soesatyo di bidang otomotif terbilang tinggi. Mobil-mobil dan motor yang dimiliki Bamsoet memiliki banderol harga yang cukup fantastis. Menurutnya, di garasinya terdapat dua motor Harley Davidson masing-masing berjenis Ultra Classic dan Roadking. Selain itu, Bamsoet juga memiliki satu unit motor Harley Davidson berjenis Tri Glide Ultra yang memiliki tiga roda. Harley Davidson Tri Glide Ultra ini berharga USD35.349 atau sekitar Rp510 juta. 

(Baca juga: Mengintip Kecanggihan NMax Baru, Motor Pertama yang ‘Terkoneksi’ dengan Pengendara)
2. Puan Maharani

Ketua DPR Puan Maharani tercatat memiliki sejumlah mobil dan motor berkapasitas mesin besar. Berdasarkan data kekayaan terakhir yang disampaikan ke Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) pada April 2015, pejabat yang satu ini memiliki empat mobil dan tiga moge merek Harley Davidson. Menurut data tersebut, ketiga Harley Davidson yang dimiliki Puan masing-masing berharga Rp120 juta, Rp85 juta, dan Rp80 juta. Dalam data tersebut tidak disebutkan nama model dari ketiga Harley Davidson milik mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia ini.

3. Azis Syamsuddin

Tidak hanya ketua DPR, para wakilnya juga memiliki hobi koleksi mobil mewah dan moge. Salah satu pejabat DPR yang punya moge adalah Azis Syamsuddin. Aset kendaraan politisi Golkar ini senilai nyaris Rp2 miliar berupa mobil dan motor besar. LHKPN mencatat Azis mempunyai moge Harley Davidson buatan tahun 2003 dengan perkiraan harga senilai Rp170.000.000 Model atau jenis Harley Davidson tersebut tidak diketahui.

4. Susilo Bambang Yudhoyono

Mantan presiden RI ini ternyata juga memiliki kegemaran akan motor besar. Di beberapa kesempatan, SBY sempat terlihat mengendarai Harley Davidson tipe CVO Road Glide Screamin’ Eagle keluaran tahun 2009. Motor yang masuk kategori cruiser ini dibanderol USD30.999 atau setara Rp442,3 jutaan. Motor ini sempat dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Itu tadi beberapa pejabat Indonesia yang memiliki moge Harley Davidson. Kalau melihat harganya, jelas hobi seperti ini tidak bisa ditekuni semua orang ya. Meski demikian, pemilik Harley Davidson di Indonesia cukup banyak. Selain dari kalangan pejabat, pemilik motor besar ini biasanya dari kalangan pengusaha maupun public figure

Namun, bukan hanya kalangan pejabat dan orang tertentu saja yang bisa memiliki moge. Kamu juga bisa kok punya motor gede. Gimana punya impian untuk memiliki moge? Berikut ini beberapa kiat menabung supaya kamu bisa membeli moge Harley Davidson bak pejabat

  • Kurangi pengeluaran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi pengeluaran kamu, terutama pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, seperti untuk membeli barang-barang tidak berguna maupun gaya hidup. Fokus hanya untuk kebutuhan pokok saja. Sisa penghasilanmu bisa kamu tabung.

  • Menambah pendapatan

Berhubung harga Harley Davidson yang mahal, mungkin tidak akan cukup hanya dengan cara berhemat saja. Mungkin bisa, tapi akan membutuhkan waktu yang lama. Sebaiknya, kamu mulai berpikir untuk menambah pendapatan. Baik dengan pekerjaan sampingan maupun project di luar kantor. Kamu juga bisa membuka usaha atau jasa. Intinya, apa saja yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan.

(Baca juga: Musim Hujan, Gini Caranya Merawat Motor Biar Tetap Prima)
  • Membuat tabungan khusus

Salah satu hal yang bisa membantumu untuk fokus adalah membuka tabungan khusus untuk impian yang kamu mau. Biasanya, bank menawarkan produk tabungan berjangka yang dikunci. Dengan demikian, kamu tidak akan bisa mengambil uang tabungan ini seenaknya sehingga kamu tidak lagi mudah tergoda untuk menghabiskan uang tersebut. Kamu bisa merencanakan tabungan ini dengan goal jumlah tabungan yang diharapkan, beserta angka waktu yang bisa disesuaikan

Itulah beberapa tips menabung untuk kamu yang ingin memiliki motor Harley Davidson. Siapa tahu nanti kamu bisa ikut touring moge bersama para pejabat, ya kan? Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.