Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Puasa dan Lebaran Zaman Now: Pakai Gadget Buat Permudah Ibadah

by Miftahul Khoer on 9 Mei, 2019

Melaksanakan ibadah puasa pada zaman dulu dan sekarang tentu sangat berbeda. Saat ini, kehadiran teknologi semakin melengkapi kegiatan ibadah puasa kita di bulan Ramadan dan juga Lebaran. 

Jaringan 5G - CekAja

Kehadiran internet dan juga gadget dalam beberapa tahun belakang ini semakin mewarnai perkembangan zaman sekaligus memudahkan seseorang untuk melakukan kegiatan. Namun, bagai pisau bermata dua, kehadiran teknologi bisa membuat seseorang terjerumus ke hal-hal negatif jika kita tidak mampu mengontrolnya. Ada juga sisi positif yang jauh lebih bermanfaat guna menunjang aktivitas keseharian kita.

Bagaimana memanfaatkan teknologi selama Ramadan dan Lebaran yang bermanfaat bagi kualitas ibadah dan duniawi kita? Yuk langsung cek aja!

Memudahkan Ibadah Ramadan

Saat Ramadan, hal yang paling ditunggu-tunggu ada waktu berbuka puasa. Tidak semua orang tahu kapan waktu buka puasa. Jika dahulu orang-orang menyimpan selebaran atau brosur tentang jadwal buka puasa, maka saat ini untuk mengetahui jadwal buka puasa hanya tinggal buka internet untuk mengetahui jadwal azan.

Bukan hanya jadwal buka, kamu juga bisa mengetahui jadwal azan lainnya beserta jadwal imsak dan sahur melalui internet. Selain browsing, saat ini bahkan ada banyak aplikasi khusus yang menyediakan jadwal azan, imsak sekaligus alarm untuk Android dan iPhone yang memudahkan orang untuk melaksanakan ibadah selama Ramadan.

(Baca juga: 4 Sektor Bisnis Ini Banyak Pecat Karyawan Karena Kemajuan Teknologi)
Mencari tempat makan

Tak semua orang yang berpuasa memilih untuk berbuka di luar bersama keluarga atau teman. Ada juga, orang yang memilih untuk berbuka puasa di rumah dengan membuat menu sendiri atau dengan membeli.

Kehadiran teknologi yang semakin memudahkan manusia terutama urusan perut memang menjadi hal utama. Saat ini, dengan hanya membuka aplikasi Gojek atau Grab, kamu hanya tinggal memilih makanan kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Kamu hanya tinggal pilih menu favorit dan biarkan orang lain mengantarkan menu kesukaanmu ke lokasi tujuan.

Bukan hanya Gojek dan Grab, ada banyak tempat usaha makanan lain yang melayani pengantaran orderan kamu sehingga pelanggan benar-benar dimanjakan. Hanya saja, untuk urusan biayanya pasti lebih tinggi ketimbang kamu yang beli sendiri makanan ke lokasi penjualnya. Yang jelas, kehadiran teknologi saat ini membuat orang mudah untuk melakukan apa pun.

Meraup rezeki

Selain menjadi konsumen yang dimanjakan, kehadiran teknologi di bulan Ramadan juga harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Kamu bisa menggunakan teknologi internet untuk berjualan apa pun yang sekiranya menguntungkan selama bulan puasa.

Ambil contoh, kamu bisa memulai usaha kuliner yang berkaitan dengan Ramadan seperti kolak, kurma, salad buah atau menu lain yang kerap menjadi incaran orang untuk buka puasa. Atau, kamu bisa bikin menu khusus untuk sahur bagi orang-orang tertentu seperti mahasiswa atau karyawan yang malas memasak atau membeli ke luar. Kamu bisa daftarin deh tuh usaha kamu ke Go-Food atau GrabFood.

(Baca juga: 5 Usaha Jasa Ini Tak Goyah Diterpa Badai Teknologi Digital)
Ngabuburit

Biasanya aktivitas ngabuburit dilakukan di luar rumah, bisa di taman atau jalan-jalan ke mal. Nah, dengan adanya teknologi, kamu bisa ngabuburit menggunakan gadget yang banyak menyediakan wahana hiburan yang positif.

Coba deh, buka ponsel kamu dan cari hal-hal bermanfaat seperti membuka YouTube dengan konten-konten positif. Misalnya menonton tayangan dakwah atau video-video lainnya yang tidak mengganggu aktivitas puasa. Kamu juga bisa nonton film streaming atau bermain media sosial sambil menunggu waktu buka puasa.

Silaturahmi Lebaran

Tak hanya di momen Ramadan saja kita bisa memanfaatkan teknologi, di momen Lebaran pun teknologi sangat dibutuhkan terutama untuk silaturahmi dan bermaaf-maafan sesama saudara, kerabat hingga teman dekat. Jika dulu kita sering mengirim kartu Lebaran menggunakan kertas, maka saat ini kita cukup untuk mengirimnya melalui gadget.

Kehadiran teknologi informasi seperti ponsel pintar memudahkan banyak orang bisa terhubung dengan orang-orang terjauh sekalipun. Dengan adanya bermacam aplikasi pesan hingga media sosial, silaturahmi di momen lebaran bisa mudah dilakukan tanpa harus langsung bertatap muka sekalipun. Namun, silaturahmi tanpa tatap muka pun masih lebih baik terutama jika masih ada kesempatan.

(Baca juga: Bagaimana Inovasi dan Teknologi Bisa Membantu Memerangi Kelaparan)
Membayar zakat

Selain kemudahan-kemudahan di atas, kehadiran teknologi juga memudahkan orang untuk membayar zakat. Kewajiban muslim setelah puasa yakni membayar zakat sebagai ketentuan yang telah diatur dalam agama Islam.

Namun, masih banyak orang yang bingung untuk membayarkan zakatnya ke mana. Nah, dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang ini, kamu bisa membayarkan zakat secara online. Ada beberapa lembaga zakat yang sudah kredibel telah melayani penitipan zakat yang bisa dibayarkan secara online. Beberapa di antaranya adalah Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan lembaga zakat lainnya.

So, selama Ramadan dan Lebaran 2019 ini banyak banget teknologi-teknologi yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan aktivitas ibadah kamu. Bukan begitu?

Kamu juga bisa mengakses fintech CekAja.com di bulan puasa ini untuk dapatkan informasi dan mengajukan berbagai produk finansial yang kamu butuhkan!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.