Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Puasa di Rumah Aja, Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

by Sindhi Aderianti on 24 April, 2020

Kasus Covid-19 belum juga menunjukkan penyusutan di Indonesia. Sebagai episentrum penyebaran virus corona, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akhirnya memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 28 hari. Praktis, Ramadan kali ini akan sangat berbeda karena dihabiskan dengan self quarantine hingga lebaran tiba.

5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang

Mau tidak mau, semua kegiatan ibadah seperti tarawih harus dilakukan pada rumah masing-masing. Tradisi ngabuburit dan buka puasa bersama pun sudah bisa dipastikan tak mungkin ada tahun ini. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan aktivitas killing time sebelum berbuka puasa yang lebih seru, kok. Bahkan menghasilkan uang, lho!

1. Bikin takjil sendiri

Takjil - Puasa di Rumah Aja Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

Mau ngabuburit menghasilkan uang? Ide yang satu ini patut dicoba. Mumpung di rumah saja, asah kemampuanmu dalam memasak dengan bikin takjil sendiri. Takjil seperti kolak pisang atau biji salak tentunya sangat dicari-cari sebagai menu berbuka selama Ramadan. Apalagi kondisi saat ini membuat setiap orang sulit untuk mencari takjil keluar. Selagi ada kesempatan di depan mata, mengapa tidak bikin sekaligus jual saja takjil ini. Gunakan jasa ojek online untuk pengirimannya nanti, agar paket aman dan cepat sampai.

2. Jualan preloved

Preloved - Puasa di Rumah Aja Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

Punya banyak sekali pakaian yang sudah jarang dipakai, jangan biarkan menumpuk di lemari, mubazir! Mending, preloved alias jual second sebagian. Selain kamarmu jadi lebih rapi, pundi-pundi rupiah pun bisa didapatkan dengan mudah. Lumayan, kan jadi ada tambahan uang sedikit di tengah masa krisis ini. Namun sebelum itu, pastikan baju atau celana preloved tersebut masih dalam kondisi bagus dan layak pakai supaya tetap punya nilai jual. Agar lebih bermanfaat bagi orang lain, jangan lupa sisihkan beberapa potong untuk disumbangkan ke yang membutuhkan.

(Baca Juga: Persiapan Puasa saat Corona yang Perlu Dilakukan)
3. Membuat masker kain

Bikin masker kain - Puasa di Rumah Aja Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

WHO kini mewajibkan semua orang untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Bagi yang sehat, lebih disarankan mengenakan masker kain daripada surgical mask, agar APD tenaga medis itu tidak semakin langka. Ya, ide ngabuburit yang menghasilkan uang selanjutnya, yuk coba bikin masker kain sendiri di rumah! Setelah jadi, kamu bisa menjualnya secara online.

Bahan:

  • Jarum dan benang/mesin jahit
  • Gunting
  • Peniti atau penjepit untuk menahan kain pada tempatnya,
  • Kain katun, kaos katun, atau sarung bantal katun
  • Empat strip kain katun sebagai pengikat (panjang sekitar 45 cm)

Cara membuat:

  • Cuci kain agar steril saat digunakan
  • Ukur panjang kain dan gunting menjadi dua bagian persegi 30×15 cm
  • Bedakan pola depan dan belakang masker agar tidak mudah tertukar
  • Tumpuk dua kain, jahit bagian kain belakang menghadap depan
  • Jahit tiap sisi lapisannya hingga kain menyatu
  • Sisakan ruang di kedua ujung kain untuk menyelipkan strip kain
  • Lalu selipkan tali pada tiap ujung sisi kain, tahan dengan peniti
  • Jahit seluruh lapisan secara backstitch dan berulang agar lebih kokoh
4. Galang dana

Galang dana - Puasa di Rumah Aja Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

Pandemi corona bukan hanya menyiksa para korban positif. Namun turut berdampak pada ‘wong cilik’ yang mulai kehilangan pekerjaan. Jangankan hidup layak, makan saja kini belum tentu bisa karena tak memiliki pendapatan. Daripada bingung ngabuburit mau ngapain, buka donasi di website penggalangan dana. Tentunya uang yang dikumpulkan bukan untuk pribadi ya. Pastikan sebelumnya kamu membelanjakan sumbangan tersebut dalam bentuk sembako, agar mereka lebih dimudahkan. Lalu sumbangkan ke mereka yang benar-benar terdampak krisis seperti pedagang kecil di pinggir jalan.

5. Bikin tutorial di Youtube

Bikin tutorial di youtube - Puasa di Rumah Aja Coba 5 Ide Ngabuburit yang Menghasilkan Uang Ini

Jika punya keahlian tertentu, ide ngabuburit yang menghasilkan uang ini juga bisa kamu lakukan. Semisal kamu jago makeup atau review produk kecantikan, buat tutorialnya dan upload ke channel Youtube. Tentu harus ekstra sabar untuk bisa dapat ribuan viewers hingga adsense ‘cair’. Asalkan rutin meng-upload, biasanya kamu akan lebih berpotensi muncul di home atau suggestions video para user. Bikin tutorial juga sangat ampuh mengasah kreativitasmu. Selain membuat konten orisinil, kamu juga dituntut untuk bisa mengedit video semenarik mungkin agar enak ditonton.

(Baca Juga: Film yang Cocok Ditonton Saat Menunggu Buka Puasa di Netflix)

Dengan 5 ide ngabuburit di atas, bulan puasa jadi lebih produktif dari biasanya. Meskipun hanya di rumah saja, yakin deh kalau pandemi ini pasti memberi hikmah tersendiri bagi setiap orang. Selain bisa menghasilkan uang lewat kegiatan yang berfaedah tadi, kamu juga berkesempatan untuk membantu orang lain. Semoga kebiasaan ini dapat berlanjut, sekalipun hingga wabah Covid-19 sudah berakhir.

Wujudkan Bisnis dengan KTA Standard Chartered Bank

Punya ide bisnis yang menjanjikan, jangan dibiarkan mandek begitu saja. Segera wujudkan dengan fasilitas KTA Standard Chartered Bank sebagai modalnya. Melalui pinjaman hingga Rp300 juta, kamu tak perlu khawatir saat butuh dana cepat, baik untuk keperluan bisnis ataupaun kebutuhan mendesak lain.

KTA SCB juga memberi suku bunga terendah 0,65% dengan tenor fleksibel. Semakin meringankan beban keuangan di tengah krisis akibat virus corona. Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan kredit tanpa agunan ini sekarang juga melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.