Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Puasa Pertama Deddy Corbuzier Sampai Marcella Simon dan Hukum Puasa bagi Mualaf

by Anes Saputra on 28 April, 2020

Ramadan kali ini memang berbeda dari Ramadan sebelum-sebelumnya karena pandemi Covid-19. Pemeluk agama Islam harus terbiasa dengan menjalankan ibadah puasa di rumah saja.

tata cara salat tarawih di rumah mulai dari niat hingga witir

Untungnya dengan begini, kita bisa lebih lebih fokus beribadah untuk sebanyak-banyaknya mendulang pahala. Di sisi lain, ada juga loh beberapa artis yang baru merasakan ibadah puasa tahun ini karena telah memutuskan untuk menjadi mualaf dan memeluk agama Islam.

1. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier - Puasa Pertama Deddy Corbuzier Sampai Marcella Simon dan Hukum Puasa bagi Mualaf

Lelaki botak yang tengah viral karena percaya kalau pandemi Corona hanyalah konspirasi ini baru saja memeluk Islam pada tahun lalu dan tahun ini menjadi Ramadan perdana baginya.

Pada 21 Juni 2019, mantan pesulap ini mulai memeluk Islam dengan cukup heboh dan dilakukan di sebuah pesantren di Yogyakarta. Tidak memiliki persiapan apapun untuk menjalani puasa Ramadan, Deddy optimis bisa menjalani ibadah ini dengan baik.

2. Marcell Darwin

Marcell Darwin - Puasa Pertama Deddy Corbuzier Sampai Marcella Simon dan Hukum Puasa bagi Mualaf

Lelaki berusia 29 tahun ini merupakan artis sinetron, yang tahun lalu mulai memeluk Islam sebelum menikahi istrinya yang seorang selebgram. Meski begitu, keputusan ini dia ambil sendiri dan didukung oleh keluarga besarnya.

Tahun ini juga menjadi tahun pertama Marcell melakukan ibadah puasa. Pada hari pertama berpuasa, Marcell baru tahu kalau puasa tidak semudah kelihatannya. Meski begitu pada hari kedua dan selanjutnya Marcell merasa optimis bisa menjalani dengan lebih baik.

3. Marcella Simon

Marcella Simon - Puasa Pertama Deddy Corbuzier Sampai Marcella Simon dan Hukum Puasa bagi Mualaf

Marcella Simon, seorang artis sinetron juga baru mulai memeluk agama Islam pada September 2019 lalu. Sahabat dari Cut Meyriska dan Roger Danuarta itu mengucapkan dua kalimat syahadat di depan ustaz Adi Hidayat dan Felix Siauw.

(Baca juga: Zakat Fitrah Aman? Yuk Titip ke Lembaga-lembaga Ini!)

Masih baru memeluk agama Islam, Marcella mengungkap dirinya masih banyak belajar dan Ramadan tahun ini bakal jadi yang pertamanya.

Hukum Puasa Ramadan bagi Muallaf

Berpuasa Ramadan bagi pemeluk agama Islam adalah wajib, apalagi yang berakal dan sudah baligh. Oleh karena itu, bagi muallaf yang sudah enam bulan sebelum Ramadan, atau baru masuk Islam pada bulan Ramadan maka dia sudah mulai diwajibkan untuk berpuasa.

Bagi mereka yang masuk Islam sebelum Ramadan, kewajibannya mulai dari hari pertama bulan Ramadan. Bagi mereka yang masuk pada pertengahan Ramadan, mereka baru mulai wajib berpuasa pada esok harinya.

Adapun bagi muallaf yang tidak berpuasa tahun ini maka dia wajib mengqadhanya setelah Ramadan. Jika dia meninggalkan beberapa hari saja maka dia wajib mengqadha sebanyak hari yang dia tinggalkan.

Meski begitu, muallaf yang merasa tidak kuat saat menjalankan ibadah puasa boleh membatalkan. Meski tetap diwajibkan menggantinya di kemudian hari.

Tidak Memaksakan Diri

Ibadah puasa bahkan bagi pemeluk Islam sejak lahir kadang bisa menyulitkan, apalagi bagi mereka yang baru mulai memeluknya. Oleh karena itu, kalau kondisi tubuh tidak memungkinkan maka jangan paksakan diri.

Misalnya bisa memulai seperti anak-anak berpuasa, mulai hingga waktu zuhur untuk makan dan minum, kemudian lanjut puasa, besoknya bisa sampai Ashar dan besoknya bisa berpuasa sampai Magrib.

Bedanya kalau ini dilakukan oleh mualaf dan sudah besar, maka harus diganti. Dalam Islam dilarang untuk memaksakan diri karena tubuh juga amanah yang dititipkan oleh Allah kepada kita semua. Jadi, jangan buat tubuh semakin sakit hingga kita semua tak bisa melakukan ibadah pada esok harinya.

(Baca juga: Deretan Tokoh Dunia yang Menjadi Mualaf)

Untuk mengantisipasi hal ini, jangan lupa untuk melakukan sahur. Hal ini juga tentu bukan hal yang biasa karena makan saat tidak lapar dan di malam menjelang subuh. Namun, sahur sangat membantu bagi orang muslim yang berpuasa, belum lagi pahala saat sahur juga besar loh.

Pastikan makan-makanan sahur yang bergizi dan sehat apalagi tengah pandemi seperti ini. Jika memungkinkan usahakan mengonsumi vitamin agar tubuh bisa terjaga dari berbagai virus berbahaya.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan selama berpuasa Ramadan ya. Akan lebih baik lagi jika asuransi kesehatan yang kamu miliki juga meng-cover biaya pengobatan akibat Covid-19.

Ciputra Life adalah salah satu asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan terhadap Covid-19 bagi pemilik polis asuransi Citra Proteksi Kesehatan Aktif.

Para pemegang polis bisa mengajukan klaim biaya rawat inap rumah sakit hingga sembuh Covid-19 yang semuanya akan diganti Ciputra Life. Bahkan nilai premi yang dibayarkan pun bisa kembali 110 persen.

Lalu jika kemungkinan terburuknya pihak tertanggung meninggal dunia, maka keluarganya berhak atas 100 persen pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Sementara buat para karyawan yang sudah diberi jaminan asuransi oleh kantor, asuransi Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa digunakan sekaligus selama masa penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang akan melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko paparan virus Corona lewat CekAja.com, sekarang juga!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke