Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengintip Pesona “Raja Ampat” Di Tenggara Sulawesi

by Teti Purwanti on 24 Juli, 2019

Provinsi Sulawesi Tenggara, ini memang jauh dari pembicaraan tentang destinasi wisata yang hiruk-pikuk. Kendati demikian, Pulau Labengki dengan pemandangan yang menawan ini mendapat predikat sebagai “Raja Ampat Kecil”.

Untuk dapat melihat secuil “surga” di Sulawesi Tenggara, kamu bisa memilih akses apa yang akan digunakan, lewat darat bisa, laut juga bisa. Tentunya masing-masing rute akan memberikan pengalaman yang berbeda, bujet yang kamu miliki juga bisa disesuaikan jadinya.

Setibanya di Pulau Labengki, kamu akan disambut dengan ramah oleh masyarakat setempat dari Suku Bajo. Keceriaan akan kedatangan tamu ke daerah mereka juga tergambar dari keriangan anak-anak Bajo saat menghampiri kapal tamu yang berlabuh.

Sebelum mengeksplorasi pesona alam Pulau Labengki, ada baiknya mencari penginapan terlebih dahulu. Bagi wisatawan dengan bujet berlebih, di pulau ini sudah tersedia cottage yang nyaman.

Namun, bagi wisatawan yang ingin berhemat atau dengan bujet pas-pasan, masyarakat setempat menyediakan rumah mereka untuk dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat beristirahat.

Pilihan kedua ini juga tentu akan menyenangkan, apalagi bagi kamu yang ingin pengalaman baru berada di pulau berbeda dan mempelajari kebiasaan masyarakat sekitar.

Lantas, apa saja pesona wisata yang ditawarkan pulau ini? Berikut beberapa destinasi di Pulau Labengki yang sayang untuk dilewatkan.

Teluk Cinta

Teluk Cinta merupakan ikon dari wisata Pulau Labengki. Dinamakan demikian karena, jika dilihat dari atas, teluk ini memiliki bentuk menyerupai hati. Hal itu terbentuk oleh perpaduan antara air yang jernih dengan tepian teluk.

Keindahan dari teluk ini selalu diburu oleh pehobi fotografi atau penggemar swafoto untuk dijadikan latar belakang. Untuk mengabadikan momen ini, wisatawan tentu harus mencari dataran yang lebih tinggi dengan cara mendaki ke puncak Kimaboe Hills.

Dengan waktu tempuh sekitar 5 menit yang ditunjang dengan ketersediaan anak tangga, wisatawan akan dapat menyaksikan keindahan Teluk Cinta.

Dari titik ini, pemandangan yang disuguhkan tidak hanya Teluk Cinta. Di lokasi ini wisatawan akan menemukan jawaban atas predikat “Raja Ampat Kecil” yang disematkan pada Pulau Labengki.

Sisi lain pemandangan dari puncak Kimaboe Hills akan menyuguhkan gugusan pulau-pulau kecil yang cantik layaknya di Raja Ampat.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Indah dan Penuh Sejarah)
Laguna Mahumalalang

Pulau Labengki seolah tidak ingin menyajikan keindahan alamnya secara cuma-cuma kepada wisatawan. Untuk dapat mencecap keindahannya, wisatawan harus melakukan sedikit usaha. Laguna Mahumalalang adalah contohnya.

Dikeliling oleh karang-karang tajam berwarna hitam keabu-abuan, laguna ini hadir dengan warna hijau toska. Airnya yang bening membuat wisatawan dapat melihat dasar laguna yang dangkal dengan ikan-ikan yang berlalu-lalang.

Begitu tiba di lokasi ini, wisatawan tidak dapat langsung menyaksikan keindahan Laguna Mahumalalang. Wisatawan harus mendaki atau menaiki karang yang menjulang seolah melindungi laguna.

Tidak terlalu tinggi memang, tapi ketajaman karang menuntut kehati-hatian dari para pengunjung agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Mercusuar Labengki Kecil

Berada di belakang perkampungan warga, mercusuar ini menjadi salah satu destinasi wisata yang jarang dilewatkan, terutama bagi pehobi fotografi. Lokasi ini biasanya dikunjungi pada pagi hari saat matahari terbit.

Di Kawasan ini, wisatawan akan menikmati terbitnya matahari yang berada di belakang mercusuar. Momen inilah yang ramai-ramai diabadikan oleh para penggemar fotografi.

(Baca juga: Ahok Bebas Ingin Ke Belitung? Ini 5 Keistimewaan Pulau Tersebut)
Pantai Pasir Panjang

Sebagaimana namanya, destinasi ini memiliki garis pantai yang panjang. Hamparan pasir putih dan air yang bening menjadi daya tarik destinasi ini bagi wisatawan. Selain itu, Pantai Pasir Panjang juga diisi oleh jejeran pohon kelapa yang membuat suasana semakin tenang.

Di pantai ini juga terdapat bukit karang kecil yang dapat dinaiki. Biasanya, titik ini dijadikan sebagai lokasi untuk pengambilan foto dengan latar belakang Pantai Pasir Panjang. Hanya saja, lagi-lagi, perlu kehatian-hatian pengunjung agar tidak cedera oleh karang yang tajam.

Pesona bawah laut

Seperti halnya destinasi wisata di daerah kepulauan lain di Indonesia, Pulau Labengki juga menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Hal ini dapat ditemui wisatawan baik di kawasan Pantai Pasir Panjang maupun di Teluk Cinta.

Indah bangetkan? Selagi kamu mengumpulkan dana ke Raja Ampat, mungkin Labenki bisa menjadi alternatif untuk kamu. Butuh dana ekstra untuk melepas penat? kamu bisa manfaatkan promo kartu kredit ataupun menggunakan dana KTA. Ajukan di CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok untukmu.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami