Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Punya Bodi Sixpack, Apakah Terhindar dari Risiko Gangguan Kesehatan?

by JTO on 30 Januari, 2015

Punya bodi sixpack atau tubuh atletis pasti jadi idaman setiap orang. Tapi jangan salah, bodi sixpack tidak membuat Anda terhindar dari risiko gangguan kesehatan yang kapan saja bisa menimpa tubuh Anda. Apa alasannya?

Mari kita bicara soal cara untuk mendapatkan bodi sixpack ini. Ada dua cara yang dilakukan, yaitu yang alami atau murni melakukan olahraga saja. Cara yang kedua adalah dengan bantuan suplemen atau membatasi asupan zat makanan tertentu seperti diet karbo dan hanya mengonsumsi protein saja.

Sayangnya, kebanyakan orang yang terobsesi punya bodi sixpack memakai cara yang tidak alami. Mereka mengandalkan suplemen protein untuk menambah masa otot yang jadi modal untuk membentuk badan mereka. Padahal, suplemen yang kebanyakan beredar di pasaran punya efek samping sangat berbahaya buat kesehatan. (Baca juga: 3 Cara Mengecilkan Perut Agar Terhindar Penyakit Serius)

Jumlah Protein Seimbang

Seperti diungkap oleh Asosiasi Diet Sehat Inggris (BDA), ekstra protein yang berdosis tinggi pada suplemen tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kerusakan ginjal dan hati. Sampai saat ini kandungan suplemen protein masih belum jelas. Memang, produsen mengklaim selama belasan tahun terakhir hanya sedikit konsumen yang melaporkan adanya efek samping.

Hanya saja, secara medis, jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi protein, maka ginjal akan semakin berat bekerja untuk mengeluarkan kelebihan protein. Tak heran,  orang yang memakai suplemen protein dosis tinggi biasanya banyak yang mengalami gangguan ginjal akibat banyaknya jumlah protein yang harus dibuang dari dalam tubuh.

Sebagai informasi, rekomendasi jumlah maksimial protein untuk orang dewasa adalah 55,5 gram untuk pria dan 45 gram buat wanita. Atau bisa juga memakai perhitungan 1 gram protein untuk setiap kilogram berat badan buat Anda yang memang sedang berlatih keras untuk membentuk tubuh. (Baca jugaBagian Tubuh yang Mudah Menimbun Lemak)

Air Putih dan Tidur

Membatasi atau bahkan tidak memakan karbohidrat sama sekali juga sangat berbahaya buat tubuh Anda. Pasalnya karbo adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi.

Asuransi Kesehatan


Tapi buat yang sedang menjalankan program mendapatkan bodi sixpack, sebaiknya jangan memakan karbohidrat sederhana melainkan yang kompleks seperti beras merah atau outmeal.

Minum air putih yang cukup selama sehari, khususnya bangun tidur, juga akan menjadi modal berharga untuk tubuh yang sedang digenjot menjadi sixpack. Jangan lupa, usahakan untuk tidur minimal delapan jam pada malam hari. Saat tidur, tubuh Anda akan menyimpan cadangan energi buat berlatih keesokan hari. Kurang tidur membuat Anda cenderung cepat lapar dan bisa membuat program bodi sixpack Anda berantakan.

Bodi sixpack memang idaman setiap orang. Tapi jangan sampai Anda malah jadi pasien rutin rumah sakit jika cara yang Anda jalani salah. Pasalnya, untuk mendapat tubuh yang sehat dan kuat pastinya juga harus melalui cara yang sehat juga.

Miliki asuransi kesehatan yang punya perlindungan lengkap, cek di sini

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami