Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Punya Cita Rasa Unik, Inilah Kopi-kopi Termahal di Dunia

by Ariesta on 8 Februari, 2016

Tahukah kamu bahwa kafein merupakan zat adiktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia? Kafein bisa ditemukan dalam beragam bentuk; di dalam makanan, minuman, bahkan pil. Kamu mungkin tidak sadar jika secangkir kopi yang kamu minum dapat memberikan efek besar terhadap perekonomian suatu negara.

Banyak dari kita yang merasa kurang jika memulai hari tanpa kopi. Untuk alasan ini saja, kopi telah lama menjadi pokok ekonomi global. Sebagai gambaran, kopi telah dibudidayakan di lebih dari 70 negara.

Ada banyak variasi kopi. Mulai dari perbedaan spesies sampai perbedaan memproses biji kopi menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Bagi pencinta kopi, harga  menentukan rasa. Tapi pernahkah kamu terbayang untuk membeli kopi yang harganya mencapai Rp 9.660.000/kg? Sebagian dari kamu mungkin berpikir uang sebanyak itu lebih baik digunakan untuk mencicil mobil atau rumah.

Kalau sekali membuat secangkir kopi kecil dibutuhkan 10 gr, maka harga secangkir kopi tersebut mencapai Rp 96.600. Dan harga ini bisa dua sampai tiga kali lipat lebih mahal jika dijual di kafe! Kalau kamu penasaran, inilah daftar kopi termahal di dunia.

(Baca juga: Peninggalan Termahal Kapal Titanic yang Terjual dalam Lelang)

 #10

Kopi Yauco Selecto AA Puerto Rico, USD 48/kg (Rp 662.400)

Yauco

Kopi telah lama menjadi komoditi komersial di Puerto Rico. Bahkan, kopi memainkan peranan penting baik dalam pasar domestik maupun luar negeri. Hal yang membuat kopi dari daerah Yauco dari Puerto Rico ini begitu kaya rasa adalah adalah karena kombinasi dari unsur-unsur alam dan teknik pertanian.

Jumlah curah hujan di Puerto Rico tebilang tinggi, terutama di wilayah pegunungan di mana tanaman kopi tersebut ditanam. Selain itu, tanah liat yang kaya akan nutrisi memberikan kopi ini cita rasa yang spesifik. Terbatasnya ketersediaan Coffee Yauco Selecto membuat kopi ini dihargai tinggi di pasaran. Penikmat kopi mengaku, kopi Yauzo Selecto memiliki aroma dan cita rasa kombinasi butter dan cokelat lembut.

 #9

Starbuck Rwanda Blue Bourbon Rwanda, USD 48/kg (Rp 662.400)

rwanda

Bourbon kopi merupakan keluarga dari Kopi Arabika. Kopi Starbucks Rwanda Blue Bourbon menawarkan cita rasa asam, namun berpadu dengan  cherry hitam dan aroma butter yang membuatnya sangat unik di lidah pencinta kopi.

Hal tersebut bukanlah satu-satunya kelebihan kopi ini. Starbucks membantu membangun perkebunan kopi di Rwanda sebagai misi sosial karena perekonomian negara ini sempat terguncang akibat konflik. Tak hanya itu, Starbucks juga menggagas gerakan perdagangan adil bagi para petani di sana.

#8

Mi Esperanza Coffee Honduras, USD 70/kg (Rp 966.000)

esperanza

Honduras semakin memimpin di antara negara penghasil kopi di Amerika Tengah. Dalam sebuah lelang online pada bulan Juni tahun lalu, pembeli internasional membeli 1.320 pon kopi dari peternakan Mi Esperanza dengan harga memecahkan rekor yakni USD 35,10/pon (Rp 484.380).

Kopi Honduras dicari karena kualitas alam yang menggabungkan rasa buah-buahan, kacang-kacangan, cokelat, dan rempah-rempah. Cita rasa ini sangat disukai oleh para pecinta kopi karena tidak meninggalkan rasa pahit setelah diminum. (Baca juga: Bisa Bikin Miskin 7 Turunan, Ini 5 Makanan Termahal di Dunia)

#7

Los Planes El Savador, USD 80/kg (Rp 1.104.000)

planes

Kopi Finca Los Planes kopi dibudidayakan jauh di wilayah pegunungan Chalatenango El Salvador, tepatnya di sebuah peternakan yang dioperasikan oleh Sergio Ticas Yeyes yang mewarisi peternakan dari ayahnya. Finca Los Planes memenangkan juara dua dalam penghargaan  Cup of Excellence, dan peringkat keenam pada tahun 2011.  Cita rasa yang paling terkenal termasuk tangerine dengan karamel dan gula merah. Sementara USD 40/pon dirasa terlalu mahal untuk sebagain konsumen, para pencinta kopi menganggap harga tersebut sepadan untuk cita rasa yang ditawarkan.

 #6

Blue Mountain Jamaika, USD 98/kg (Rp 1.352.400)

blue

Kopi Blue Mountain memiliki reputasi dunia dari segi kualitas. Kualitas kopi ini bahkan  membuat penikmatnya tidak keberatan mengeluarkan USD 49/pon. Sekitar 80% dari kopi yang diproduksi di Blue Mountain diekspor setiap tahun ke Jepang. Kopi ini sendiri ditanam di ketinggian 5.000 kaki, di atas permukaan laut di Blue Mountains Jamaika. Curah huja deras membuat biji kopi Blue Mountain Jamaika memiliki rasa lembut.

Widget TRV Insurance

#5

Fazenda Santa Ines Brazil, USD 100/kg (Rp 1.380.000)

fazenda

Di pertanian Fazenda Santa Ines, tradisi adalah segalanya. Petani yang membudidayakan kopi ini menggunakan metode tradisional dari mulai budidaya sampai pengolahan kopi. Hasilnya, Fazenda Santa Ines pertanian secara konsisten menghasilkan secangkir kopi berkualitas.

Di alamnya, tanaman kopi diberi makan dari mata air mineral alami dan ditanam di tanah yang subur. Hasilnya, cita rasa buah berry yang manis dan karamel lembut hingga tetes terakhir.

#4

Molokai Coffee Hawaii, USD 102/kg (Rp 1.407.600)

molokai

Hawaii disebut sebagai satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang iklim dan kondisi tanahnya ideal untuk menanam kopi. Tak mengherankan jika Hawaii menghasilkan kopi yang terkenal di dunia. Salah satunya adalah kopi Moloka’i yang diproduksi oleh Coffees of Hawaii di perkebunan 500 heaktar, tepatnya di Kualapu’u, Maui County.

 Molokai adalah kopi organik dengan aroma bunga dan cita rasa perpaduan buah berry dan karamel. Namun di akhir, penikmat kopi akan merasakan cita rasa sedikit asam dan ditutup dengan rasa cokelat. Kombinasi unik ini  membuat kopi Molokai cukup mahal dan sulit untuk ditemukan, meskipun fasiliras pemesanan online telah disediakan oleh produsen.

#3

St. Helena Coffee St Helena, USD 158/kg (Rp 2.180.400)

helena

Asal St. Helena Coffee dapat ditelusuri dengan menggali jejak Napoleon Bonaparte. Konon, ia terpikat dengan rasa kopi ini dan bahkan mulai menanamnya sednri. Sejak saat itu, kopi di St Helena Island terus berkembang. Pulaunya  sendiri terletak sekitar 1.200 mil dari pantai barat Afrika, dan pada peta tampak dekat di tengah Samudra Atlantik.

Tentunya lokasi yang terisolasi dan besarnya biaya untuk mengangkut kopi jarak jauh berkontribusi pada tingginya harga biji kopi. Meski demikian, pencita kopi rela mengeluarkan harga mahal demi sebuah kopi beraroma bunga dan bercita rasa jeruk yang unik.

#2

Luwak Coffee Indonesia, USD 320/kg (Rp 4.416.000)

luwak

Apa yang membuat Kopi Luwak dari Indonesia sangat mahal adalah proses seleksi dan pencernaan. Biji kopi luwak terpilih difermentasi di dalam perut luwak, hewan sejenis musang. Musang mengkonsumsi biji kopi, kemudian meninggalkan biji kopi yang telah difermentasi di dalam kotoran. Luwak mengeluarkan enzim selama proses pencernaan yang mengubah rasa kopi. Dan rasa ini disinyalir sebagai yang ternikmat di dunia di mana pencinta kopi rela membayar USD 160 per pon.

(Baca juga: 10 Perceraian Artis Hollywood Termahal)

#1

Hacienda La Esmeralda Panama, USD 700/kg (Rp 9.660.000)

esmeralda

Gelar kopi termahal jatuh pada Hacienda La Esmeralda dari Panama. Harganya bahkan mencapai  USD 350,25 per pon dalam sebuah lelang. Tanaman kopi ini tumbuh di bawah naungan pohon-pohon jambu di lereng Gunung Barú di Panama. Tanaman kopi yang hanya dibudidayakan dalam jumlah kecil membuat biji kopi ini sangat langka. Karena dianggap sebagai yang ternikmat, para pencinta kopi menganggap harus mencicipinya setidaknya sekali dalam seumur hidup.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami