Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Punya Harta Ratusan Miliar, Agnez Mo Ternyata Juga Pebisnis Handal

by Sindhi Aderianti on 29 November, 2019

Agnez Mo tengah menjadi perbincangan hangat seantero negeri. Pernyataannya yang mengaku tak berdarah Indonesia, sontak menuai kontra para netizen.

bisnis Agnez Mo
Foto: Instagram Agnez Mo/Diolah

Saat itu dalam wawancara dengan BUILD Series by Yahoo di New York, Amerika Serikat. Kevan Kenney sang presenter bertanya kepada Agnez tentang mengapa penampilan fisiknya berbeda dari orang pribumi. Kemudian wanita kelahiran 1 Juli 1986 itu menjawab, bahwa ia sebenarnya memiliki darah Jerman, Tionghoa, dan Jepang. Lebih lanjut, Agnez mengatakan hanya lahir di Indonesia.

Banyak yang menyebut Agnez seolah tidak mengakui kewarganegaraannya. Padahal, jika dilihat lebih detail dalam video aslinya yang diunggah di kanal YouTube acara tersebut pada 22 November 2019 lalu, tidak demikian. Ia hanya mencoba bercerita tentang betapa perbedaan yang ada dalam dirinya, tak dianggap sebelah mata oleh mayoritas. Agnez pun beberapa kali menjelaskan budaya Indonesia, yang selalu ia ‘bawa’ ke dalam setiap karya musiknya. Semua karena cintanya terhadap Tanah Air.

Menanggapi hal yang tengah diributkan, Agnez pun sempat buka suara terkait lewat percakapan direct message di Instagram bersama musisi Anji.

’’Hehe.. padahal aku ngomong soal darahkuAncestor. Tapi justru maksudnya bahwa walaupun aku minoritas (dan berbeda), tapi justru negara Indonesia mengajarkan budaya inklusifitas. Bhinneka tunggal ika. Lol. Tapi malah disalah artikan…’’, tulisnya.

Masuk Jejeran Artis Terkaya Indonesia

Di luar pernyataan “I actually don’t have Indonesian blood whatsoever” kontroversialnya, ternyata Agnez termasuk dalam jejeran selebritas terkaya di Indonesia. Bahkan semua itu didapat berkat kerja kerasnya sebagai penyanyi dan aktris sedari kecil, tak hanya bermodalkan sensasi seperti kebanyakan artis sekarang.

Mengutip Celebrity Net Worth, Selasa (26/11/2019), mantan penyanyi cilik itu punya harta USD30 juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp430 miliar (asumsi kurs Rp14.098). Lantas, dari mana saja kira-kira sumber kekayaan Agnez Mo?

(Baca juga: Karier Melesat, Ini 3 Penyanyi Lokal yang Sudah Go International)
Karier Dalam dan Luar Negerinya Top

Semua pasti tahu kalau pelantun Coke Bottle ini sudah berkarier sejak umur 6 tahun. Agnez dikenal sebagai artis multi talenta karena selain memiliki suara emas, ia juga cukup sukses melakoni dunia presenter lewat acara musik anak-anak Tralala Trilili bersama Ferry ME dan Indra Bekti.

Kualitas akting mantan kekasih Wijaya Sapura ini pun tak diragukan lagi. Terbukti dengan kesuksesannya membintangi sejumlah judul sinetron mulai dari Lupus Millenia, Pernikahan Dini, Pink, Cewekku Jutek, Ku T’lah Jatuh Cinta, Jelita, dan masih banyak lagi. Bahkan, ia sempat beradu akting dengan personil F4 dalam serial The Hospital.

Beranjak dewasa, Agnez Mo pelan-pelan mulai memboyong karier bernyanyinya ke kancah Internasional. Nun jauh di Negeri Paman Sam, ia berhasil melahirkan berbagai karya yang amat membanggakan, salah satunya kolaborasi dengan penyanyi Chris Brown. Di setiap music video, Nez begitu panggilan akrabnya tampak selalu memasukkan kultur Indonesia lewat kostum dan tarian khas beberapa daerah.

Atas karier yang gemilang tersebut, penghargaan seperti Panasonic Gobel Award dan AMI Awards sudah jadi ‘langganannya’ setiap tahun. Selain itu, Agnez juga tak jarang menyabet penghargaan internasional seperti Mnet Asian Music Award untuk kategori Artis Asia Terfavorit, serta iHeart Radio Music Social Star Award mengalahkan influencer bidang musik dari negara-negara lain.

Ternyata Juga Pebisnis Handal

Selain getol berkarier di dunia entertainment, Agnez Mo rupanya juga seorang pebisnis handal. Ia memiliki sejumlah bisnis yang tak banyak diketahui oleh publik. Padahal, hal ini juga amat berperan dalam mendongkrak pundi-pundi kekayaannya.

1. Lyke

Familiar dengan Lyke? Bersama rekannya, Bastian Purrer, Agnez Mo menggagas aplikasi untuk kebutuhan fesyen tersebut. Di sana, Agnes menjabat sebagai Co-Founder dan Chief Creative Officer LYKE yang turut berperan mengembangkan ide kreatif seperti identitas brand, konten, serta strategi marketingnya. Lyke memudahkan pecinta fesyen untuk menemukan outfit dan style terkini. Namun pada 2018, LYKE menutup layanannya ini untuk kemudian bergabung dengan e-commerce asal Tiongkok, JollyChic.

2. Maverick Avenue

Selain Lyke, Agnez juga membangun digital platform bernama Maverick Avenue. Aplikasi yang diluncurkan pada akhir tahun 2015 silam ini memuat berbagai konten menarik seperti musik, fesyen, hiburan, hingga gaya hidup. Lewat aplikasi ini, para pengguna bisa lebih dekat dengan artis favoritnya. Kamu juga bisa mengakses saluran radio digital hingga berbelanja kebutuhan fesyen dengan berbagai diskon yang ditawarkan.

3. Anye dan Reve

Berbekal style pribadi yang kerap menjadi inspirasi banyak orang, Agnez juga meluncurkan clothing line sendiri bernama Anye. Lini fashion itu diperkenalkan ke publik  untuk sementara hanya fokus kepada penjualan online. Mengenai harga, rata-rata pakaiannya dibanderol mulai dari Rp200.000 Selain fashion, bisnis parfum dengan nama Agnez Reve pun sempat ia keluarkan.

(Baca juga: 5 Penyanyi Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional)
4. The Boxes

Geliat bisnis Agnes tak mandek sampai di situ. Ia juga merambah dunia kuliner dengan mengeluarkan 3 merek dagang bernama The Boxes. Ketiga merek Food and Beverage (F&B) Company miliknya adalah REDBOX, BLACKBOX dan YELLOWBOX yang masing-masing punya menu berbeda. REDBOX untuk makanan Manado, BLACKBOX untuk produk teh dan kopi, sedangkan YELLOWBOX untuk dessert.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.