Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Punya Jam Kerja yang Fleksibel? Pakai Cara Ini Agar Lebih Produktif

by Rafly Aditia on 10 Desember, 2015

Memiliki jam kerja yang tidak terjadwal memang dapat terasa menyenangkan bagi kamu, bebas melakukan pekerjaan di jam yang kamu inginkan akan membuat kamu nyaman dan senang dalam menyelesaikan tugas-tugas kerja yang kamu miliki. Dibalik itu, kamu pun sebenarnya memiliki potensi untuk memiliki cara agar pundi-pundi keuangan bisa lebih bertambah. Bagaimana?

Tetapi, terkadang hal ini bisa menjadi bumerang yang berbalik arah. Alih-alih merasa terlalu nyaman, kamu bisa menjadi kurang produktif karena fleksibilitas jam kerja yang tinggi. Padahal, dibalik jam kerja yang sangat bisa diatur itu, maka kemungkinan kamu untuk menambah pundi-pundi penghasilan pun makin banyak. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa hal dalam mensiasati jam kerja yang dimiliki. Apa saja sih caranya? Berikut 5 kiat mengaturnya:

Bagi waktu

Berhubung pekerjaan yang kamu lakukan memiliki tingkat fleksibilitas waktu yang tinggi, maka ada baiknya bagi kamu untuk merancang pembagian waktu bertahap bagi diri kamu sendiri agar kamu dapat menyegarkan otak dan pikirian kamu setelah melakukan beberapa aktifitas secara berulang.

Selain bisa menjaga kualitas pekerjaan dan produktivitas, kamu pun bisa mengetahui waktu yang tepat untuk pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan.

Pilihan kartu kredit banyak diskon buat liburan ada di sini.
Jangan takut bereksperimen

Demi mencegah kebosanan dan mengingat kamu memiliki peluang besar untuk melakukan beberapa percobaan terkait jam kerja yang dimiliki. Kamu bisa bereksperimen terkait jam isttirahat, kamu bisa melakukan hal ini untuk memiliki waktu istirahat yang layak. Ketika tubuh dan pikiran kamu dapat beristirahat secara optimal, maka kualitas dan produktivitas kerja yang kamu miliki juga akan meningkat.

Kerjakan tugas seefektif mungkin

Kamu bisa dibilang memiliki keuntungan saat mempunyai jam kerja fleksibel, asalkan kamu tahu bagaimana cara mengaturnya. Jangan biarkan kamu terlena akan hal ini, maka kamu harus menerapkan sistem pekerjaan selesai apabila tugas-tugas telah terpenuhi.Jangan lagi menggunakan sistem pekerjaan selesai setelah bekerja beberapa jam, karena hal ini benar-benar sudah ketinggalan zaman.

(Baca juga: Sering Ngantuk Saat di Kantor? Usir dengan 5 Cara Berikut)

Beri penghargaan terhadap diri sendiri

Hal lain yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kualitas dan meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan cara memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas kinerja serta dedikasi yang kamu berikan dalam pekerjaan. Beberapa hal dapat kamu lakukan misalkan menambah anggaran belanja bulanan, memberi diri kamu waktu libur selera dan sebagainya.

(Baca juga: Rayakan Tahun Baru di Rumah Itu Bisa Lebih Hemat, Bener Gak?)

Liburan adalah keharusan

Mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas yang kamu lakukan adalah hal yang wajib dan harus kamu lakukan guna menjaga produktivitas serta kualitas kerja yang selama ini kamu pertahankan.

Berikan diri sendiri waktu libur selama beberapa hari untuk menikmati alam ketika pekerjaan atau tugas-tugas yang kamu lakukan telah selesai dikerjakan. Beberapa aktifitas liburan bisa kamu lakukan mulai dari pergi ke pantai, naik gunung, dan sebagainya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.