Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Punya Motor CC Gede? Ini Tips Merawatnya Agar Tidak Boros

by Rafly Aditia on 19 November, 2016

merawat motor gede _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Merawat motor gede itu susah-susah gampang. Kalau kurang perhatian dengan motor kesayangan, bisa-bisa motor tidak nyaman lagi ditunggangi. Padahal, untuk melindungi motor gede dari risiko kerusakan, kamu cukup memperhatikan detil-detil kecil saja.

Guna menjaga penampilan dan memberi perlindungan untuk motor gede kesayanganmu, berikut 5 tips merawat motor gede yang bisa kamu terapkan:

Matikan motor lewat saklar Cut-off

Untuk menjaga kondisi pengapian motor gede tetap baik, sebaiknya kamu tidak mematikan motor langsung dari kunci kontak. Lebih baik matikan motor lewat saklar atau tombol cut-off guna mencegah arus balik ke CDI. Hal ini berbahaya bagi pengapian motor kesayanganmu.

(Baca juga: 5 Hal yang Bikin Isi Dompet Pemilik Motor Matik Terkuras Habis)

Ganti oli rutin maksimal 2000km

Tune up dan ganti oli rutin adalah kewajiban agar motor gede kesayanganmu selalu dalam kondisi prima. Meski beberapa merek oli masih baik digunakan walau sudah menempuh jarak lebih dari 2000 km, tetapi demi performa kendaraan yang lebih baik tidak ada salahnya untuk rutin ganti oleh setiap 2000 km sekali.

Semprot cakram kalau lewat jalan kotor

Setiap kali sehabis melewati jalan becek atau kotor, periksa kondisi cakram dan semprot serta bersihkan. Hal ini berguna untuk mencegah macetnya rem dikarenakan kotoran nakal yang menghambat proses pengereman.

Aki motormu lemah? Coba isi ulang

Kalau aki motor kamu terasa kurang bertenaga alias lemah, coba deh segara isi ulang sekitar 2,5 jam agar aki motor tetap awet. Dibandig kamu menggunakan jumper runtuk mendorong kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik, cara satu ini lebih efektif.

(Baca juga: Tips Bisa Keliling Dunia Sebelum Umur 50 Tahun)

Tetap jaga penampilan luar motor

Maksud poin yang satu ini adalah menjaga cat motor dengan cara rajin poles cat motor dengan bahan yang mengandung silikon atau pelindung cat. Selain itu jangan lupa untuk melindungi badan motor dengan kain pelindung yang sudah banyak dijual di toko online terpercaya dan toko-toko terkemuka lainnya.

Ingin beli motor dalam waktu dekat namun tidak uang tunai belum cukup? Kenapa manfaatkan fasilitas kredit kendaraan bermotor. Ajukan sekarang di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.