Punya Usaha Sendiri, Biar Tambah Besar Pakai 5 Promosi Gratis Ini

4 min. membaca Oleh CekAja on

Keterbatasan anggaran seringkali menjadi kendala besar bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM), salah satunya anggaran untuk promosi.

Padahal pemasaran sebuah usaha penting untuk menjangkau pasar yang ditargetkan. Karena alasan itu, tak sedikit pelaku usaha yang akhirnya bangkrut karena kalah bersaing dengan yang lain.

tips promosi bisnis_KTA-CekAja.com

Tapi jangan jadi alasan kamu menyerah. Ada banyak cara yang bisa kamu ulik. Apalagi saat ini banyak kemudahan yang bisa kamu manfaatkan salah satunya media digital.

Kamu juga tak perlu repot mengeluarkan biaya besar. Peluang tersebut memungkinkan kamu untuk bisa meningkatkan pemasaran serta menjangkau pasar yang lebih luas lo.

Mulai sekarang kamu tak perlu khawatir lagi memikirkan anggaran untuk promosi atau iklan produk kamu.

Bahkan pelaku usaha telah banyak mencoba strategi meminimalisir budget anggaran promosi.

Jika ada cara murah dan gratis kenapa harus buang-buang uang untuk memasang iklan berbayar bukan? Berikut ini 5 cara agar kamu bisa beriklan secara gratis, cek aja!

(Baca juga: Selama PSBB, Transaksi Non Tunai Merchant Ini Melesat)

1. Gaet komunitas lokal

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenalkan merek atau produk kamu yakni dengan cara kamu menggaet komunitas lokal yang ada di sekitar kamu.

Hal itu memungkinkan kamu bisa bergaul bersama banyak orang. Pada saat kamu mengenal banyak orang tentu akan secara mudah berkomunikasi serta mulai memperkenalkan produk kamu lewat strategi mulut ke mulut.

Meski dianggap tradisional, cara tersebut menjadi cara yang cukup berpengaruh secara signifikan.

Bahkan diyakini konsumen membeli sebuah produk lantaran mendapatkan informasi produk tersebut dari konsumen lain.

Apalagi jika kamu selalu aktif dalam event yang dibuat suatu komunitas tersebut, seperti menjadi sponsor, memberi dukungan.

Dengan begitu kamu bisa memasang nama merek atau nama produk kamu untuk dipasang di banner event dan secara otomatis akan mengangkat nama produk kamu.

Keuntungan lainnya, kamu juga bisa menjual produk kamu secara langsung di event tersebut.

2. Manfaatkan media sosial

Saat ini media sosial sudah menyediakan pelayanan yang baik bagi para pelaku usaha.

Sudah banyak juga pelaku usaha yang telah memanfaatkan untuk iklan dan promosi produknya.

Sebut saja Instagram, Facebook, Twitter. Ketiga platform media sosial ini memiliki perangkat pendukung untuk menyajikan informasi secara gratis bagi para penggunanya.

Contohnya jika kamu memiliki bisnis kuliner dan ingin melakukan promosi melalui instagram, postingan foto kamu bisa dilengkapi dengan fitur location atau # (hashtag).

Fitur location Instagram bermanfaat untuk menunjukan lokasi alamat dimana kamu berjualan.

Hal tersebut memungkinkan orang untuk bisa percaya dan konsumen bisa langsung mengunjungi outlet kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hashtag untuk memudahkan pelanggan.

Terdapat fitur-fitur lain yang bisa kamu manfaatkan agar promosi kamu lebih maksimal. Tinggal kamu pelajari saja karakteristik setiap sosial media.

3. Kirim siaran resmi ke media lokal

Kesempatan lain yang bisa kamu manfaatkan yaitu dengan mengirim press release iklan ke media lokal.

Biasanya koran-koran lokal akan menyediakan space iklan secara gratis. Apalagi jika kamu memiliki teman yang kebetulan kerja di koran, kamu bisa menitip iklan tersebut untuk dipasang.

Tim yang bekerja di koran tersebut biasanya akan mempublikasikan iklannya pada setiap akhir pekan.

Jika demikian, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan baik tersebut agar kamu bisa menjangkau konsumen kamu secara luas.

Perlu juga kamu ketahui, bahwa keuntungan memasang iklan di koran lebih efektif.

Karena kamu bisa mengenalkan produk kamu secara lebih tersegmemtasi. . Sebab, biasanya orang yang membaca koran ini kebanyakan dari kalangan menengah ke atas.

4. Blogging secara rutin

Dengan menulis di halaman blog secara rutin, kamu bisa memperkenalkan produk kamu untuk orang-orang yang belum mengenal produk kamu.

Jika kamu terus-terusan mempromosikan produk kamu lewat blog, akan semakin banyak orang yang membaca blog kamu dan informasi yang kamu sajikan lama-lama akan sampai ke banyak orang.

Apalagi jika secara rutin kamu membagikan blog tersebut di media sosial. Kamu juga bisa menambahkan caption untuk menarik pembaca kamu.

Hadirnya aplikasi WhatsApp juga memudahkan kamu untuk membagikan informasi seputar produk yang ditulis di blog.

Jangan ragu untuk membagikan blog kamu ke grup-grup yang kamu ikuti. Blog ini juga berfungsi untuk menjelaskan secara rinci mengenai produk yang kamu tawarkan.

Dengan blogging seperti itu, maka bisnis yang kamu jalankan ini akan terlihat lebih profesional dan bisa semakin meyakinkan banyak orang.

(Baca juga: Waduh, Imbauan #DiRumahAja Bikin 7 Usaha Ini Boncos)

5. Gabung forum jual beli online

Forum jual beli saat ini sudah banyak terbentuk di media sosial. Salah satu media sosial yang masih jadi incaran untuk mempromosikan sebuah produk yakni Facebook.

Dengan adanya fitur grup di laman Facebook ini akhirnya banyak orang yang berinisiatif berjualan dan menawarkan produknya dengan memposting foto atau gambar produk yang mereka tawarkan serta dilengkapi dengan mencantumkan harga atau lokasi alamat mereka.

Nah, jika demikian, kesempatan ini sayang kan jika kamu sia-siakan. Apalagi, media sosial yang paling digandrungi dan banyak penggunanya saat ini yaitu Facebook.

Artinya, jika kamu mulai bergabung di grup dan forum yang sesuai kriteria produk kamu, kamu bisa memperkenalkan produk kamu ke khalayak lebih luas serta bisa menggaet konsumen sebanyak-banyaknya.

Perlu kamu ketahui, Facebook ini juga saat ini sudah didukung dengan fitur siaran langsung. Dan kamu bisa memanfaatkanya jika kamu ingin secara menawarkan produk kamu dengan melakukan tayangan langsung dari outlet kamu.

Nah, itulah 5 cara memanfaatkan iklan gratis untuk meningkatkan bisnis atau usaha kamu.

Jika kamu tak memiliki anggaran untuk iklan berbayar, kini kamu bisa secara mudah memasarkan produk kamu dengan mengikuti cara-cara di atas.

Jadi bujet iklan kamu bisa dialokasikan untuk ekspansi bisnis. Pun jika masih kurang, kamu bisa menggunakan fasilitas kredit tanpa agunan di lembaga perbankan. Ribet? Akses saja CekAja.com

Tentang kami

CekAja

CekAja