Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Punya Utang Pinjaman Online? Ini 5 Tips Mudah Membayar Cicilannya

by Miftahul Khoer on 12 Maret, 2020

Menjamurnya layanan pinjaman online, tak dapat dipungkiri amat membantu masyarakat yang membutuhkan dana secara cepat. Namun tak sedikit juga masyarakat yang akhirnya kesulitan dalam membayar cicilan atas pinjaman tersebut. Hingga akhirnya berujung dengan utang.

Tips Mudah Membayar Utang Pinjaman Online

Sejak Februari 2019, terdapat sekitar 99 aplikasi pinjaman online yang terdaftar secara resmi beroperasi memberikan kemudahan kepada masyarakat. Tak membutuhkan waktu lama, para pengelola aplikasi ini bisa memberikan pinjaman dana dalam hitungan jam. Selain itu, pinjaman yang mereka berikan tidak membutuhkan agunan.

Setiap pinjaman memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda. Dan dibalik kemudahan biasanya ada hal yang justru menyulitkan, tapi setiap masalah ada solusi yang bisa disiasati. Nah inilah 5 tips mudah agar kamu lancar dalam membayar atau mencicil uang pinjaman kamu, simak aja yuk ulasannya !

1. Mencari kerja sampingan

Sebelum meminjam uang dari pinjaman online, harusnya kamu sudah mempersiapkan terlebih dahulu untuk memiliki dana tambahan seperti bekerja sampingan, agar ketiak saat kamu meminjam uang, kamu bisa dengan mudah mencicil dan melunasinya. Salah satu cara itu menjadi solusi untuk menjaga keuangan kamu tetap stabil.

Pekerjaan sampingan ini bisa kamu lakukan dengan tak harus memakai banyak modal. Contohnya, kamu bisa memanfaatkan e-commerce untuk memulai bisnis online-mu, seperti menjadi reseller produk, misalkan produk sepatu. Selain itu, kamu juga bisa mencari uang tambahan menjual keahlian seperti menjadi guru les (musik, berenang, matematika, bahasa Inggris, atau melukis), kamu juga bisa memulai untuk menjadi ojek online/taksi online.

2. Hemat pengeluaran

Cara satu-satunya agar kamu memiliki dana ekstra untuk membayar cicilan utang yakni dengan berhemat. Jika kemarin kamu menghabiskan 50%, 60% atau 70% penghasilan untuk konsumsi dan sisanya untuk bayar utang, sekarang kamu perlu membalik proporsinya.

Hal tersebut terdengar sulit tapi gak ada salahnya jika kamu mencoba. Sebelumnya kamu bisa list secara rinci, berapa kira-kira pengeluaran yang sebenarnya bisa dihemat. Kamu juga bisa mengecek kembali barang-barang kebutuhan yang bisa diminimalisir, beberapa contoh yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran itu diantaranya seperti mengurangi belanja kertas tissue dan mengurangi makan di luar, hemat bensin, hemat listrik dan lan-lain.

(Baca Juga: Butuh Pinjaman Online, Tapi Ogah Rugi? Cek 6 Hal Ini Sebelum Meminjam)

3. Manfaatkan pinjaman tanpa bunga

Agar kamu bisa membayar cicilan. Kamu juga bisa memanfaatkan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi utang pinjaman online. Salah satunya dengan meminta bantuan kepada pihak kantor di mana kamu bekerja.

Biasanya, manajemen kantor memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan. Kamu juga bisa meminta pihak manajemen untuk memberikan tenor lebih dari setahun. Dengan begitu, keuangan kamu tetap terjaga. 

4. Konsultasi dengan orang profesional

Agar kamu bisa memiliki wawasan dan menambah pengalaman, tidak ada salahnya jika kamu mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam soal keuangan. Karena hal tersebut bisa memudahkan kamu dalam menyiasati keuangan kamu.

Cobalah untuk minta saran apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi kamu saat ini. Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya juga bisa bernegosiasi dengan bank atau pihak-pihak terkait untuk membantu kamu.

5. Cash Out

Jika kamu jeli, pasti ada barang di sekitar kamu yang bisa diubah jadi uang tunai. Misalnya, kamu sudah beli tiket pesawat atau tiket kereta api untuk rencana liburan 3 bulan ke depan. Kamu bisa kok membatalkan tiket tersebut dan menguangkannya. Atau kamu bisa menyewakan kamar yang tidak terpakai. Uangnya bisa kamu manfaatkan untuk membayar cicilan dengan cepat.

Hal-hal lain yang juga kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tunai, seperti menjual barang bekas tidak terpakai (buku bekas, elektronik, furnitur, sepatu dll) atau kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil sewa kendaran kamu sepeda motor atau mobil.

Punya utang, tak perlu bingung lagi membayarnya. Lima hal di atas boleh dicoba agar melunasi cicilan terasa lebih mudah. Pastikan sebelumnya, kamu juga memilih perusahaan pinjaman online yang kredibel seperti JULO. Pelayanan terbaik akan kamu dapatkan di sana!

Ajukan pinjaman kepada JULO lewat CekAja.com, prosesnya cepat dan syaratnya mudah. Yuk, ajukan sekarang!

(Baca Juga: 6 Cara Membayar Utang Meski Tak Punya Uang)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.