Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Rabu jadi Hari Paling Menakutkan Bagi Pengemudi

by Miftahul Khoer on 21 Januari, 2020

Para pengendara mobil di Inggris diingatkan agar ekstra hati-hati dalam berkendara khususnya pada hari Rabu. Privilage Car, perusahaan yang bergerak di bidang asuransi menemukan data kalau Rabu merupakan hari menakutkan bagi seluruh pengendara di Inggris karena kecelakaan bisa terjadi setiap 8,6 detik.

asuransi kecelakaan

Analisa perusahaan asuransi itu menemukan rata-rata 10.075 terjadi tabrakan tepatnya pada hari Rabu sepanjang tahun lalu. Jumlah itu kalau dirata-rata menjadi 420 kecelakaan setiap jamnya atau sekali tabrakan dalam setiap 8,6 detik.

Laporan Privilege itu menyimpulkan pengemudi harus lebih berhati-hati terhadap keselamatan mereka lebih dari biasanya. Laporan tersebut juga menemukan jenis tabrakan yang lebih banyak terjadi adalah menabrak saat parkir, saat berbelok menabrak tiang lampu atau separator jalan, dan tabrakan beruntun yang melibatkan lebih dari dua mobil.

Tidak fokus alias konsentrasi yang rendah menjadi faktor penyebab tertinggi terjadinya kecelakaan hingga 24 persen responden. Kemudian diurutan bawahnya adalah cuaca buruk dan jarak pandang yang minim, keduanya memiliki porsi 20 persen. Serta faktor kelelahan menyumbang 10 persen.

(Baca juga: Yuk, Cek Promo Asuransi Kendaraan Terbaik 2020)

Berikutnya sebanyak 11 persen pengemudi muda berusia 18-34 tahun mengalami tabrakan karena mengemudi sambil berdandan, sementara 10 persen mengalami kecelakaan karena sambil makan dan minum di balik kemudi.

Faktor utama lainnya yang jadi penyebab terganggunya konsentrasi pengemudi adalah penumpang anak-anak, ngebut-ngebutan, dan mendengarkan musik terlalu keras.

Dari data tersebut, Ford menjadi mobil yang paling banyak terlibat dalam benturan tersebut diikuti Vauxhall, Audi, Volkswagen, BMW, Peugeot, Renault, Nissan, Mercedes, dan Toyota.

Perusahaan asuransi menyarankan berdasarkan temuan ini, pengemudi lebih baik istirahat sejenak saat merasakan kondisi badan yang kurang fit, atau mengantuk.

(Baca juga: Yuk Intip Daftar Berbagai Macam Asuransi AXA Di Indonesia)

Bagaimana dengan kamu sendiri? Pernah mengalami kecelakaan tepat di hari Rabu?

Mudah-mudahan jangan ya. Untuk lebih melindungi diri dan keluarga dari risiko yang tidak diinginkan tersebut, miliki asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.