Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ragam Aksi Sosial Relawan Corona di Indonesia yang Inspiratif

by Anes Saputra on 6 April, 2020

Pandemi Corona sedikit banyak mengubah tatanan kehidupan di masyarakat. Apalagi di Indonesia imbauan pemerintah agar warganya #DiRumahAja juga memberikan dampak yang buruk terhadap mata pencaharian sebagian orang, terutama pekerja yang mengharapkan penghasilan dari kerja harian.

Namun, kondisi yang sulit bagi sebagian besar orang itu mampu melahirkan para dermawan yang membantu orang-orang terdampak secara finansial akibat wabah Corona. Berseliweran di timeline media sosial bagaimana masyarakat saling bantu antar-sesama dan kegiatan lain termasuk membantu menyediakan alat kesehatan bagi rumah sakit penanganan pasien virus Covid-19 tersebut.

1. Membagikan Masker dan Hand Sanitizer

Pemerintah memang menganjurkan agar masker hanya digunakan oleh orang yang sakit. Ditambah lagi, anjuran di rumah membuat seharusnya membuat tidak perlu banyak orang yang menggunakan masker. Namun, ada sebagian orang yang tetap harus bekerja, oleh karena itu banyak para relawan yang bergerak ke jalanan membagikan masker dan hand sanitizer buatan sendiri untuk mereka yang tetap harus bekerja. Membantu masyarakat dengan membagikan masker dan hand sanitizer ini juga bukan hanya dilakukan kalangan warga pada umumnya, namun juga oleh para artis.

2. Membuat Alat Pelindung Diri (APD)

Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien Corona juga kurang. Oleh karena itu, banyak penggalangan dana untuk bisa memenuhi kebutuhan hal ini. Banyak artis dan selebgram yang menggalang dana dan mampu mengumpulkan jumlah donasi yang sangat fantastis sehingga bisa mengirim APD ke berbagai rumah sakit.

(Baca juga: Jangan Cuma Pamer Duit di ATM! Ini Daftar Artis yang Berdonasi Atasi Corona)

Selain itu ada pula yang membantu secara khusus untuk membuatkan APD. Sebut saja perancang busana, Anne Avanti, yang berhenti membuat kebaya dan meminta penjahitnya membuat ribuan APD yang didistribusikan ke berbagai rumah sakit. Bahkan ada pula perancang busana di daerah yang melakukan hal serupa untuk rumah sakit di daerahnya.

3. Mendonasikan Ongkos untuk Pekerja Harian

Semenjak imbauan untuk bekerja di rumah, pekerja harian seperti ojek online banyak yang pendapatannya menurun. Oleh karena itu, di media sosial khususnya diadakan ajakan untuk mendonasikan ongkos yang sehari-hari biasanya digunakan untuk menuju ke tempat kerja kepada ojek online.

Selain itu, ada pula gerakan membelikan makan untuk ojek online dengan memesankan ojek online makanan. Yaitu dengan memesan makanan, namun sebenarnya makanan tersebut untuk si abang ojek.

Dari gerakan ini, ada gerakan yang lebih besar dengan penggalangan dana kepada pekerja harian lain yang terdampak, seperti pedagang kaki lima dan masih banyak lagi yang sangat terdampak dengan adanya virus Corona.

4. Menggalang Dana dengan Konser Musik #dirumahaja

Diinisiasi oleh Najwa Shihab, gerakan galang dana dengan konser #dirumahaja ini juga menjadi salah satu yang inpiratif dengan dana yang terkumpul hingga belasan miliar rupiah dan masih terus bertambah sampai sekarang.

Apalagi artis-artis yang ikut dalam penggalangan dana ini juga bukan artis sembarang, termasuk Iwan Fals dan juga Didi Kempot. Dari nama-nama muda ada Hindia hingga Rendy Pandago yang tengah digandrungi anak muda.

5. Kirim Makanan Sehat bagi Tenaga Medis

Tenaga medis sebagai garda terdepan dalam melawan virus memang kerap menjadi perhatian oleh banyak orang. Oleh karena itu, selain APD untuk melindungi diri mereka, kesehatan, dan asupan makanan bagi tenaga medis juga menjadi perhatian.

Tidak heran banyak penggalangan dana dari artis lebih fokus kepada hal ini, termasuk juga oleh Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung yang secara khusus mengirimkan 1.000 paket makan siang bagi tenaga medis. Hal seperti ini, juga dilakukan oleh artis Raffi Ahmad dan Baim Wong.

6. Mengubah Pusat Belanja jadi RS Corona

Lippo Group mengubah gedung Lippo Plaza Mampang di Jakarta Selatan menjadi rumah sakit (RS) khusus bagi para penderita virus Corona. Rumah sakit tersebut akan dikelola Lippo Group di bawah kendali Siloam Hospitals.

(Baca juga: Dokter Tirta Ditetapkan Sebagai PDP Corona, Siapakah Dia?)

Adapun RS khusus pasien Corona di Mampang ini total memiliki 415 tempat tidur. Dari jumlah tersebut, 180 tempat tidur telah siap digunakan. Lippo akan terus memfungsikan eks gedung Lippo Plaza Mampang sebagai rumah sakit khusus pasien Corona selama masih diperlukan.

Selain itu, ada pula Hengky Kurniawan, artis yang sekarang menjadi Wakil Bupati Bandung Barat yang meminjamkan rumahnya agar bisa digunakan oleh tenaga medis beristirahat karena stigma dari masyarakat.

Terjadi stigma kepada tenaga medis, terutama di Jakarta sehingga mereka kesulitan untuk pulang ke tempat tinggalnya. Hal itulah yang menggerakkan Hengky untuk meminjamkan rumahnya.

Pemerintah juga mengubah wisma atlet menjadi rumah sakit khusus Corona, sementara Pemerintah DKI Jakarta mengubah hotel yang dikelola BUMD menjadi asrama tempat istirahat bagi tenaga medis.

Kalau kamu apa yang sudah kamu lakukan untuk mendukung mengurangi penularan Corona? Kalau kamu tidak bisa menyumbang, kamu cukup di rumah saja dan menjaga Kesehatan, karena kini dengan berdiam diri pun kamu sudah bisa membantu.

Penuhi beragam kebutuhan sehari-hari untuk keluarga selama kamu di rumah saja, dengan berbelanja secara online. Manfaatkan kartu kredit CIMB Niaga untuk membayarnya, agar biaya belanja bulanan yang kamu keluarkan bisa lebih hemat berkat diskon dan beragam promo menarik lainnya.

Ajukan kartu kredit CIMB Niaga lewat CekAja.com sekarang juga! Ingat, jangan lupa bersedekah dengan memberikan tip bagi tukang ojek online yang mengantarkan belanjaan kamu ya.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke