Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ragam Ide Cemerlang Facebook di Umurnya yang Menginjak 15 Tahun

by Sindhi Aderianti on 31 Januari, 2019

Facebook akan memperingati hari jadinya yang ke-15 pada 4 Februari mendatang. Semakin bertambah usia, semakin matang pula Facebook dalam mengembangkan bisnisnya, beragam metode pengembangan baik itu organik ataupun anorganik juga banyak dilakukan.

Situ jejaring sosial ini didirikan pertama kali oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa semester II dari Harvard University. Awal peluncuran Facebook mulanya hanya terbatas di kalangan rekan-rekan di kampusnya saja.

Tetapi siapa yang mengira, dalam tempo satu bulan penggunanya sudah hampir melampaui jumlah keseluruhan mahasiswa universitas ternama itu.

Dari tahun ke tahun, Facebook selalu menunjukkan transformasi canggihnya. Tak hanya bisa dipakai untuk berbagi momen dalam bentuk status, foto dan obrolan.

Kini banyak fitur yang hadir dengan inovasi baru. Beberapa di antaranya bahkan amat berguna sebagai support system suatu bisnis, baik itu mikro ataupun makro.

Tampaknya Facebook sadar kalau penggunanya tidak didominasi oleh anak muda saja. Ada orangtua maupun eksekutif muda yang mulai memanfaatkan Facebook sebagai lahan bisnis.

Dengan fitur built in, setiap pengguna bisa mempromosikan bisnisnya tanpa dipungut biaya sepeserpun.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)

4 Fitur Terbaik Facebook untuk Bisnis

  • Facebook Marketing Page

Fitur ini sangat berguna untuk memandu bisnis melalui cara pemasaran yang lebih tepat sasaran. Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas, sambil terus belajar bisnis.

Secara sederhana, Facebook Marketplace membuat setiap pengguna dapat mencari dan menemukan beragam produk yang dijual oleh orang yang ada di sekitarnya.

Proses itu tentunya bisa dilakukan dengan lebih cepat, bahkan memungkinkan penjualan barang secara spontan.

  • Success Stories

Selanjutnya, ada fitur Success Stories. Melalui Success Stories, Anda dapat melihat berbagai kampanye inovatif di Facebook dari seluruh dunia. Tentu saja disertai visual yang menakjubkan agar lebih menarik.

Model bisnis semakin hari terus berubah-ubah, apalagi semenjak teknologi merajalela. Dibuatnya fitur ini, tak lain untuk menambah wawasan pengguna dalam mengembangkan bisnis dengan lebih up to date.

  • Business Manager

Business Manager adalah salah satu fitur terbaik yang disediakan oleh Facebook untuk bisnis setiap pengguna. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur semua orang, akun iklan, dan halaman  tempat Anda bekerja dalam satu wadah.

Siapapun dalam bisnis Anda dapat berbagi dan mengontrol akses ke aset mereka di Facebook dengan aman, tanpa harus berbagi informasi login dengan rekan kerja mereka di Facebook.

 (Baca juga: 4 Trik Bisnis Internet Gratis Menggunakan Media Sosial)
  • Discover People

Lalu yang tak kalah efektif, fitur Discover People. Pada mulanya, Discover People ditujukan untuk mereka yang sedang mencari pasangan.

Tapi lama kelamaan, kepentingan bisnis nampaknya juga bisa ikut menjadi tujuan dalam fitur ini. Kendati Discover People diperkenalkan guna mendorong pengguna Facebook agar lebih mudah menemukan kenalan baru, termasuk jejaring bisnis.

Facebook Bakal Integrasikan 3 Aplikasi

Dalam waktu dekat, Facebook berencana menggabungkan tiga platform sekaligus miliknya, yakni Instagram, Messenger dan WhatsApp. Pengintegrasian tersebut tetap mendukung sistem enkripsi end-to-end yang diperlukan, agar pesan tidak bisa dilihat oleh pihak ketiga.

Bila WhatsApp memungkinkan seseorang untuk membuat akun hanya dengan nomor telepon, sementara Instagram memungkinkan orang untuk memiliki beberapa akun anonim tanpa menggunakan nama asli mereka.

Visi Zuckerberg dalam proyek integrase ini berpusat pada layanan yang didasarkan pada identitas asli. Secara teori, dengan kata lain ketiga platform itu akan lebih aman jika digabungkan menjadi satu.

Setelah selesai, masing-masing platform tidak perlu khawatir akan ‘diutak-atik’. Ketiganya tetap berfungsi sebagai aplikasi independen.

Hanya saja, akan satu infrastruktur baru yang mendasarinya. Ini berarti pengguna WhatsApp misalnya, akan dengan mudah mengirim pesan ke seseorang yang hanya memiliki akun Messenger atau sebaliknya.

Selain itu, rencana integrasi ini juga sekaligus menjadi strategi Zuckerberg dalam memperkuat posisinya menghadapi desakan regulator untuk memisahkan ketiganya dari Facebook.

Ribuan karyawan Facebook kemungkinan akan terlibat pada upaya ini, karena prosesnya amat panjang. Mereka harus mengkonfigurasi ulang aplikasi berfungsi pada tingkat paling dasar.

Lalu kapan layanan itu bisa dinikmati? Dalam sebuah pernyataan di The New York Times, Facebook mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan merampungkan semua kebutuhan integrasi ketiga platform tersebut, paling lambat akhir tahun ini atau awal 2020.

(Baca juga: Kecerobohan di Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut)

Alasan Facebook Masih Tetap Digemari Penggunanya

Raksasa jejaring sosial ini seolah memiliki daya tarik tersendiri. Mark Zuckerberg selaku pendiri juga hampir tak pernah kehabisan ide untuk mempertahankan eksistensi Facebook.

Faktanya, memang banyak media sosial lain yang lebih menarik, tapi hal tersebut tidak membuat orang-orang lantas meninggalkan Facebook begitu saja.

Berdasarkan data yang dikutip KompasTekno di We Are Social, Jumat (2/3/2018), Indonesia menyumbang jumlah pengguna Facebook terbesar urutan ke-empat secara global.

Hingga Januari 2018, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia mencapai 130 juta akun. Ternyata, ada alasan mengapa sampai detik ini, Facebook masih saja digemari.

Bedanya dengan jejaring sosial lain, Facebook memiliki beragam jenis game. Game tersebut sifatnya interaktif, jadi Anda bisa memainkannya bersama pengguna lain di luaran sana.

Dengan adanya game ini, setiap pengguna pun dapat bermain game tanpa harus menginstalnya pada masing-masing perangkat.

Selain itu, banyak orang yang juga merasa repot jika harus belajar menggunakan media sosial lain. Kendati beda platform, pasti beda juga mekanisme penggunaannya.

Toh cukup melalui Facebook, pengguna tersebut sudah bisa berkomunikasi dengan banyak orang di dunia ini. Belum lagi fitur-fiturnya yang tak kalah seru.

Dan masih banyak lagi alasan lainnya yang melatarbelakangi minat pengguna terhadap Facebok selama 15 tahun ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah masih aktif bermain Facebook? Apapun jejaring sosial yang disukai sekarang, manfaatkan hal yang positif, termasuk bisnis. Itu yang paling penting!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami