Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ragam Menu Sahur Praktis untuk Bulan Puasa

by lhmdi on 10 June, 2016

makanan buka puasa-CekAja.com

Menyiapkan menu sahur merupakan hal yang paling dilakukan oleh umat muslim saat bulan Ramadhan tiba. Berbagai menu yang disajikan  pun tentunya  memiliki variasi yang berbeda-beda setiap harinya.

Namun, tidak bisa dipungkiri, menyiapkan menu makanan yang berbeda-beda setiap sahur tidak akan mudah. Apalagi akan sangat banyak persiapan dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan makanan yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana menyiasati agar saat menyiapkan menu sahur yang berbeda-beda ini? Dan bagaimana caranya kamu tetap bisa berhemat dan mampu menutupi kebocoran keuangan yang dipersiapkan untuk menyiapkan makanan saat sahur Ramadhan?

  1. Menyiapkan resep masakan sendiri

Cara termudah untuk menyiapkan menu makanan saat sahur adalah dengan menyiapkan resep sendiri. Saat ini sangat banyak berbagai macam artikel atau video yang mengulas dan membahas resep makanan.

Kamu hanya perlu mengikutinya dan membandingkan terlebih dahulu dengan kondisi keuangan. Setelah dirasa pas dan sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu bisa menyiapkan resep masakan yang sudah kamu pilih.

Namun, ada hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan, yaitu menyiapkan menu yang memang benar-benar mampu menjaga metabolisme tubuh. Cara ini akan membantu agar kondisi kamu tetap terjaga selama bulan puasa nanti.

  1. Siapkan pola makanan

Ketika akan menyusun menu, kamu bisa mengganti dengan pola 10-10. Pola sepuluh-sepuluh ini bisa dimulai dari menyiapkan menu saat satu minggu pertama, satu minggu kedua, dan satu minggu ketiga. Nah, menu ini bisa kamu variasikan atau diulang dalam waktu yang berbeda agar tidak bosan.

Selain itu, cara ini juga akan membantu kamu lebih hemat, karena kamu sudah mengenal bahan makanan apa saja yang akan dibeli untuk menyiapkan menu saat sahur di bulan puasa nanti.

  1. Cerdik dalam memilih bahan makanan

Nah! Agar pengeluaran tidak terlalu besar, kamu juga bisa membeli bahan makanan yang memiliki daya tahan yang lama. Sebagai contoh, kamu bisa membeli daging yang akan dimasak dalam beberapa hari. Bahkan daging ini bisa digunakan untuk waktu seminggu berikutnya, karena akan disimpan di dalam kulkas agar tahan lama.

Selain itu, juga lebih bijak untuk menyiapkan bumbu masakan sendiri. Harganya bahkan lebih murah ketimbang memilih bumbu siap saji yang sekarang ini banyak di toko-toko retail.

  1. Pahami lauk pauk yang tepat saat sahur

Sayuran segar yang siap untuk ditumis dan dihidangkan dengan cepat seperti kangkung, tauge, hingga sayur buncis bisa menjadi pilihan lauk-pauk yang akan disantap saat sahur.

Selain itu, daging, serta ikan akan menjadi pelengkap untuk pemenuhan karbohidrat dan protein di dalam tubuh kamu saat sahur.

Ragam menu sahur praktis di bulan puasa

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, saat ini terdapat banyak aneka resep menu makanan sederhana yang tersaji, baik melalui kumpulan baku atau panduan melalui internet. Resep-resep sahur yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari makanan berat hingga makanan yang terbilang ringan, namun tetap mampu menjaga kestabilan dan menahan rasa lapar saat puasa.

Apa saja ya menu makanan untuk sahur yang bisa kamu hidangkan di saat bulan puasa dengan cara praktis?

  1. Kombinasi pisang dan roti gandum

Seperti yang diketahui roti, khususnya roti gandum memiliki nilai kandungan gizi yang tepat untuk dikonsumsi secara sehat. Roti gandum diketahui memiliki nilai karbohidrat yang baik ketimbang jenis roti lainnya, sehingga mampu menahan rasa lapar di dalam tubuh selama berpuasa.

Nah! Sebagai santap sahur, kamu bisa mengombinasikan roti gandum ini dengan pisang. Padukan dua lembar roti gandum dan tempatkan pisang di dalamnya. Bahkan jika kamu memiliki bahan makanan lain seperti selai kacang atau biji wijen, maka menu yang satu ini pas rasanya untuk disantap saat sahur.

  1. Telor orak-arik

Menu standar yang biasanya dikonsumsi saat sahur adalah dengan menggoreng telor dan kemudian dipadukan dengan nasi. Namun, menu ini rasanya sangat kurang dan tidak mampu menjaga keseimbangan energi kamu untuk berpuasa nantinya.

Oleh karena itu, kombinasikan telur tersebut dengan mengubahnya menjadi telor orak-arik. Apalagi telur orak-arik biasanya akan ditambahkan dengan beberapa sayuran seperti wortel, hingga buncis untuk menjadikannya lebih lezat saat disantap. Sebagai tambahan kamu bisa menambahkan kacang polong sebagai menu sahur untuk telor arik-arik yang kamu buat.

  1. Sop daging dan kedelai

Mulai bosan dengan makanan standar saat sahur? Kamu mulai bisa memasak sup daging. Namun tentu saja sup daging ini tidak hanya daging beserta kuahnya yang lezat. Akan tetapi kamu bisa menambahkannya dengan makanan jenis kedelai.

Makanan seperti tahu dan tempe misalnya dapat diandalkan untuk santap sahur. Namun, keduanya jangan digoreng terlalu matang. Kombinasi sup daing plus kedelai ini tentunya akan mengugah selera kamu yang mulai bosan dengan makanan sahur yang biasa-biasa saja.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami