Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Rahasia Sukses Atta, Si Raja Youtube Asia Tenggara

by Sindhi Aderianti on 12 February, 2019

Bagi Anda yang kerap berselancar di situs berbagi video Youtube, pasti tak asing lagi dengan sosok Atta Halilintar. Aktif membuat video sejak 2 tahun silam, anak pertama dari kesebelasan Gen Halilintar ini begitu menarik perhatian.

Sifat dan Karakter Orang Kaya - CekAja

Termasuk lewat jargon “Asyiaaap” yang selalu dilontarkannya. Pekerjaan sebagai Youtuber tampak semakin menjanjikan bagi seorang Atta Halilintar.

Melebihi selebriti, penghasilan Atta lewat ratusan vlog di kanalnya sudah menembus angka miliaran rupiah. Bahkan dia baru saja memecahkan rekor yang menakjubkan.

Dilansir dari seasia.co, juru bicara YouTube untuk Asia-Pasifik Tu Nguyen, mengatakan bahwa Atta Halilintar adalah Youtuber pertama yang mencetak sejarah di Asia Tenggara dengan jumlah pengikut mencapai 10 juta subscriber.

Memulai Semua Dari Nol

Ternyata Atta tidak begitu saja menjadi Youtuber terkaya di usianya yang tergolong belia. Orangtua Atta juga tidak berasal dari kalangan berada.

Semua diawali dengan kondisi yang justru cukup memprihatinkan Awalnya, pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk harus berdagang karpet dari rumah ke rumah untuk membiayai hidup.

Selain karpet, parfum non alkohol juga menjadi salah satu barang dagangan andalannya. Atta bahkan terlahir saat ibu dan ayahnya masih tinggal di rumah kost berukuran 3×3 meter.

Kendati tak ingin menyusahkan orangtua yang saat itu masih kekurangan, sejak kecil Atta sudah melatih dirinya untuk berdagang. Ia menjajakan makanan dan mainan di sekolah hanya untuk mendapatkan uang jajan.

Tidak hanya itu, Atta juga pernah berjualan tabloid di lampu merah.

(Baca  juga: Tuntutlah Ilmu Kaya Sampai Negeri China)

Giat Berbisnis di Usia 13 Tahun

Kemandirian Atta Halilintar nampaknya membuahkan hasil yang baik. Hal yang mencengangkan yaitu ketika Atta berumur 13 tahun.

Di usia remaja, ia sudah berhasil mendapatkan omset melimpah dari bisnis rintisannya. Ketika itu Atta Halilintar memulai bisnisnya berjualan handphone yang ia pasarkan melalui berbagai forum diskusi di internet hingga blog-blog yang ia buat.

Dirasa modal sudah cukup, Atta yang dibantu orangtuanya membuka sebuah toko untuk menjual berbagai merek handphone. Hasil jualan handphone melalui toko inilah Atta berhasil mendapatkan omsetnya yang mencapai satu miliar.

Uang pendapatan terbesar pertamanya itu tak lantas dihambur-hamburkan. Atta justru memilih untuk membangun rumah dan cicilan mobil keluarganya.

(Baca juga: Jual Permen Hingga Biskuit, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Indonesia)

 Awal Mula Jadi Vlogger

Berbicara perjalanan karir Atta sampai menjadi YouTuber paling sukses se-nusantara,  semua hasil yang dinikmatinya juga tidak didapat dengan cara instan.

Bahkan, Atta ternyata memulainya dengan alat dan modal terbatas. Seperti merekam lewat handphone atau kamera seharga Rp 900 ribuan.

Di 4 bulan pertama, Atta tidak mendapatkan sepeser uang pun dari Youtube. Setelah memperoleh 400 ribu subscriber, barulah penghasilannya mulai terlihat.

Namun jangan salah, angkanya hanya berkisar Rp 2 juta per bulan. Untuk membayar editor saja belum cukup, jadi masih harus menggarap segala kebutuhan vlognya sendiri.

Lambat laun, ambisi Atta untuk menjadi saluran YouTube nomor satu di Indonesia semakin besar. Berangkat dari tujuannnya itu, ia pun termotivasi melahirkan lebih banyak lagi konten-konten penuh ‘magnet’.

Salah satu konten yang membuatnya viral yaitu ketika nge-prank seorang gadis cantik di carwash. Video social experiment ala pria sebelas bersaudara itu telah ditonton sekitar 5,7 juta viewers.

Hingga akhirnya, Atta mantap melangkah bersama AHHA Management. Ia merekrut banyak tim untuk membantu pekerjaannya sebagai vlogger. Meski sudah punya tim, Atta tetap ikut andil dalam menentukan detil produksi konten.

Seperti pemilihan konsep, thumbnail, judul, sampai wardrobe ketika syuting.

(Baca juga: Ini 10 Orang Super Kaya di Indonesia Tahun 2018)

Sekarang Punya Acara TV Sendiri

Sukses menjadi YouTuber terkaya, Atta Halilintar diketahui akan bekerjasama dengan pihak televisi untuk menjalankan sebuah variety show. Program perdana yang akan langsung dibawakan pria berumur 24 tahun tersebut nantinya bernama ‘Wow Banget’.

‘Wow Banget’ akan digarap dengan konsep berbeda dengan mengusung 50% TV dan 50% Youtube. Sehingga ciri khas Atta tak hilang meskipun tampil di televisi.

Rencananya, program tersebut akan tayang mulai 18 Februari 2019, setiap Senin-Jumat pukul 16.00 WIB.

Haters Gonna Hate

 Kini, Atta Halilintar hidup dengan bergelimang harta. Bukan sekadar mengandalkan uang orangtua, tapi berkat kerja kerasnya sendiri.

Baik itu dari bisnis yang masih berjalan hingga sekarang, juga tentu saja Youtube. Sejumlah mobil, rumah, dan moge sudah berhasil dimilikinya.

Atta bahkan pernah mengunggah foto dengan mobil mewah BMW i8 pada Agustus 2018. Harga mobil itu amat fantastis, yakni sekitar Rp 3,4 miliar. Belum lagi barang-barang fashion yang juga kerap dikenakannya.

Banyak netizen yang menilainya ‘pamer’, lantaran hampir semua kekayaan Atta terlalu ditampilkan pada setiap media sosialnya. Namun, pria kelahiran Dumai ini tak ambil pusing menanggapi komentar haters.

Punya haters tak selamanya buruk, bahkan kebanyakan dari mereka justru membawa pundi-pundi tersendiri untuk Atta. Kenyataannya semakin dibenci, justru konten Atta malah viral.

Boleh dibilang 2019 hingga sekarang adalah masa-masa kejayaan Atta Halilintar. Meski demikian, pencapaian Atta sebagai Sang Raja Youtube Asia Tenggara juga tak membuatnya lupa diri.

Sesuai nazarnya begitu mendapat 10 juta subscribers, ia akan membangun sebuah masjid seluas 1 hektar. Atta juga ingin mengajak orang-orang untuk berbuat baik dengan peluang tersebut, daripada hanya mengadakan giveaway berhadiah handphone.

Buat kalian yang memiliki keahlian di bidang videografi, tidak ada salahnya loh merintis Youtube channel seperti yang dilakukan Atta Halilintar. Kalian hanya perlu membaca tren video-video yang banyak ditonton di Youtube, lalu menuangkan ide menarik dalam storyboard, mengambil gambar, dan mengeditnya sehingga menjadi lebih menarik.

Jangan biarkan alasan tidak punya modal untuk membeli kamera dan laptop yang mumpuni untuk mengedit video menghentikan upaya tersebut. Salah satu caranya beli semua alat produksi itu dengan cara mencicil dengan kartu kredit.

Bagi yang belum punya kartu kredit, ajukan aplikasinya lewat CekAja.com, kami akan membantu kalian mendapatkan modal pertama memulai pekerjaan sebagai Youtuber yang lebih cemerlang dibanding Atta Halilintar.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami