Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Raup 14 Triliun Dolar Dalam Sehari, Kisah Sukses Jack Ma bersama Alibaba pada Hari Jomblo di China

by Rafly Aditia on 17 November, 2015

Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba berhasil meraih omset sebesar triliunan dolar Amerika Serikat hanya dalam sehari!.

Ya, perusahaan e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma tersebut sukses meraih angka penjualan sebesar 14.3 triliun dolar Amerika Serikat dalam acara tahunan di China bertajuk Single’s day.

Single’s Day adalah hari rayanya para jomblo di negeri tirai bambu dan dirayakan pada setiap 11 November. Awalnya acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan semenjak tahun 1990an di lingkup mahasiswa Universitas Nanjing. Seiring berjalannya waktu para mahasiswa lajang di Universitas Nanjing mulai menyebarkan tradisi universitas mereka ke khalayak luas saat mereka sukses meraih gelar sarjana.

Perayaan Single’s Day ini jatuh pada tanggal 11 November atau 11/11 dimana angka satu merupakan lambang kesendirian bagi para jomblo di China.

Alibaba dan Double-Eleven

Lalu apa hubungannya antara Jack ma, Alibaba dan Double-Eleven? Hubungannya adalah perusahaan e-commerce milik Jack Ma, Alibaba merupakan toko online pertama yang mengadakan Single’s Day sale secara online pada tahun 2009 yang jatuh pada tanggal 11 November.

(Baca Juga: Kisah Hidup Jack Ma Bisa Menyadarkan Kamu, Menjadi Kaya Itu Butuh Perjuangan)

Keputusan Alibaba untuk mengadakan online sale ini nampaknya sangat tepat, hingga kesuksesan menghampiri Alibaba pada tahun 2010 dimana para masyarakat China berbondong-bondong ikut gelaran sale besar-besaran tersebut sampai-sampai pihak Alibaba berhasil mematenkan trademark double-eleven sebagai nama online sale tahunan mereka dalam momen Single’s Day.

Bagaimana Jack Ma Bisa Meraup 14.3 Triliun Dolar dalam Sehari?

Kesuksesan terus menghampiri e-commerce milik Jack Ma, Alibaba. Enam hari yang lalu, Rabu (11/11) Alibaba berhasil meraup omset sebesar 5 triliun dolar Amerika Serikat hanya dalam 90 menit saat acara Double-Eleven digelar. Bahkan dalam sehari Alibaba meraih angka 14.3 triliun dolar Amerika Serikat dalam satu hari saja.

Mengalami kenaikan sebesar 5 triliun dolar Amerika Serikat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ternyata Jack Ma benar-benar mempersiapkan segala halnya dengan matang dalam menyambut momen Single’s Day.

(Baca Juga: Mau Sukses Finansial dan Kaya? Wajib Baca 5 Buku Ini)

Jack Ma bahkan memberikan tempat tidur hingga tenda di kantor untuk setiap karyawan Alibaba yang beroperasi pada saat sale Single’s Day dibuka pada waktu tengah malam. Tidak hanya itu, para karyawan juga disuguhkan energy drink dalam jumlah unlimited serta jatah makan sebanyak empat kali dalam satu hari.

Para karyawan juga dimotivasi untuk turut menyebarkan euforia online sale ini dengan totalitas, salah satunya adalah foto berbaris membantuk angka 11.11 lalu mereka menyebarkannya secara viral di sosial media masing-masing.

Satu lagi faktor yang paling mempengaruhi Alibaba hingga berhasil mencapai kesuksesan ini adalah sale besar-besaran dengan jumlah diskon yang gila-gilaan yang menjadi kunci utama Alibaba untuk merangsang keinginan masyarakat di China dalam berbelanja pada hari perayaan warga jomblo atau Single’s Day.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.