Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Refund Tiket Kereta Api Saat Larangan Mudik, Biar Gak Hangus

by Gito on 23 April, 2020

Mulai tanggal 24 April hingga H+2 lebaran nanti, kamu yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) tidak bisa keluar wilayah untuk mudik atau pulang kampung. Untuk itu, buat kamu yang sudah memiliki tiket kereta api, bisa melakukan refund atau pengembalian dana karena adanya larangan tersebut di PT KAI.

Sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengoperasikan kereta api di Indonesia, PT KAI mulai besok (24/4) sudah mengumumkan bakal membatalkan seluruh keberangkatan lokal dan juga jarak jauh.              

Secara berkala, PT KAI juga sudah melakukan pembatalan sejumlah keberangkatan sejak bulan Maret lalu.

Mengutip katadata.id, total keberangkatan yang sudah dibatalkan oleh KAI sejak 23 Maret sampai sekarang mencapai 401 keberangkatan yang terbagi atas 213 keberangkatan kereta api jarak jauh dan 188 keberangkatan kereta api lokal.  

Jadi untuk keberangkatan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah,  DI Yogyakarta, Jawa Timur dan juga Banten tidak ada jadwal keberangkatan mulai besok. Nah buat kamu yang sudah memiliki tiket, jangan kecewa.

Kebijakan tersebut diambil juga untuk kebaikan kalian semua. Agar penyebaran virus novel corona atau Covid-19 tidak semakin meluas. Ditambah jika kalian memaksakan mudik, khawatirnya kalian malah menjadi carrier alias pembawa virus.      

Oke kalau kalian merasa sehat, tetapi bukankah banyak juga yang sudah terjangkit tetapi tubuhnya tidak merasakan gejala apapun atau kerap disebut sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Jadi jangan sampai malah kalian yang menjadi penyebar virus untuk keluarga kalian tercinta di udik. Nah berikut merupakan 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengembalian dana tiket kereta api yang sudah dibeli.

(Baca juga: Aktivitas untuk Bisa Tetap Merasakan Suasana Lebaran
1. Tunggu dihubungi call center 121

Tunggu dihubungi call center 121 - Cara Refund Tiket Kereta Api Saat Larangan Mudik,Biar Gak Hangus

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, PT KAI sudah menyiapkan beberapa cara untuk bisa mengembalikan uang tiket konsumen 100% tanpa potongan.    

Salah satunya adalah melalui call center 121. Jadi nanti pihak KAI yang akan menghubungi kalian semua yang tercatat sudah memiliki tiket keberangkatan.

Biasanya juga saat pembelian tiket secara daring, kalian akan diminta sejumlah data diri seperti nama lengkap, nomor KTP dan juga alamat sesuai KTP.

Hal itu akan dijadikan bahan verifikasi data oleh KAI untuk membuktikan bahwa memang benar kalian pemilik tiket. Selain itu juga ada kode voucher tiket yang biasanya tertera dalam setiap pembelian yang mungkin juga akan diminta oleh pihak KAI.

Lewat layanan telepon tersebut, kamu juga nanti akan diminta sejumlah instruksi untuk dapat melakukan pencairan dana tiket kereta yang sudah kamu beli.

Selain menunggu, kamu juga bisa menghubungi langsung layanan call center KAI, 121, jangan lupa tambahkan kode wilayah di depannya ya.

2. Pakai aplikasi KAI Access

Pakai aplikasi KAI Access - Cara Refund Tiket Kereta Api Saat Larangan Mudik,Biar Gak Hangus

Jika kamu belum juga dihubungi oleh pihak KAI, kamu bisa menggunakan aplikasi KAI Access. Disana juga nanti kamu akan diminta sejumlah data untuk keperluan validitas data.

Ikuti saja perintah yang tertera di aplikasi tersebut dan tetap hindari kerumunan untuk proses pencairannya.

Kemajuan teknologi memang bisa merubah semuanya. Hadirnya aplikasi tersebut tentu bisa sangat memudahkan kamu untuk mendapatkan pengembalian dana tiket kereta api secara daring.

Buat kamu pemegang ponsel android, bisa langsung unduh aplikasinya di google playstore,  sedangkan untuk penggguna Iphone bisa dapatkan di yang ada di ponsel kamu.

Untuk penggunaan aplikasi, pembatalan dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum jam keberangkatan. Jadi lihat baik-baik jam keberangkatan kamu ya. Proses pengembalian dananya sendiri memakan waktu maksimal 45 hari.                            

(Baca juga: Bagian Kendaraan yang Wajib Diperiksa Usai Dipakai Mudik)
3. Datang langsung ke loket

Datang langsung ke loket - Cara Refund Tiket Kereta Api Saat Larangan Mudik,Biar Gak Hangus

Jadikan langkah ini sebagai langkah terakhir untuk dilakukan, jika memang layanan call center belum menghubungi, lalu kamu juga mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi KAI Access, kamu bisa menggunakan opsi datang langsung untuk mendapatkan pengembalian dana.

Hal itu bertujuan agak tidak terjadi kerumunan saat proses pengembalian dana dilakukan. Jangan sampai kamu yang dilarang untuk mudik agar tetap sehat, malah tertular saat kerumunan refund tiket KAI.

Kamu bisa datangi stasiun yang melayani keberangkatan kereta api jarak jauh dan juga lokal. Bukan stasiun yang hanya melayani perjalanan commuterline

Nah untuk kamu yang datang langsung, dana pengembalian akan diberikan secara tunai oleh petugas. Jangka waktu pembatalan tiket untuk skema ini maksimal 30 hari setelah tanggal keberangkatan, baik untuk kereta api lokal maupun jarak jauh.

Mudiknya akhir tahun saja

Batal mudik bukan berarti kamu malas melakukan semuanya. Kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan diri dan juga kendaraan.

Libur hari raya alias lebaran digeser oleh pemerintah ke akhir tahun. Jadi kamu masih bisa mudik dan bertemu dengan keluargamu usai pandemi ini berakhir.     

Persiapkan kendaraanmu untuk akhir taun nanti, sehingga semuanya bisa berjalan lancar. Kamu bisa keliling desa dengan segenap keluarga dan juga bisa ikut mengajak kerabat disana untuk bepergian.

Pakai asuransi kendaraan dari sinarmas. Kamu juga bisa mengajukan klaim secara daring lo. Jadi tidak perlu repot, mudah dan juga cepat. Akses CekAja.com dan ajukan produk asuransi kendaraan yang kamu inginkan.

    

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit