Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Rekomendasi Channel YouTube Terbaik Buat Belajar Nyetir Mobil

by Miftahul Khoer on 18 November, 2019

YouTube adalah platform berbagi video yang menyediakan beragam informasi, baik itu bersifat hiburan, maupun bermuatan edukasi. Di YouTube, kita bisa menemukan berbagai macam tutorial mulai dari tutorial makeup, memasak, membuat kerajinan, dan bahkan tutorial menyetir mobil juga ada.

rekomendasi channel YouTube

Ini tentu kabar gembira bagi kamu yang mungkin sedang ingin belajar nyetir mobil, tetapi tidak memiliki waktu untuk ikut kursus. Meski untuk belajar mengendarai mobil memang sebaiknya didampingi orang yang sudah ahli, tapi kamu juga bisa menonton video-video tutorial untuk memperkaya pengetahuan.

Seperti yang kita tahu, menyetir mobil saat ini sudah merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk bekerja. Mobilitas yang tinggi dan berbagai keperluan lain, menuntut sebagian orang untuk menguasai skill yang satu ini. Oleh karena itu, wajar saja kalau konten-konten berupa tutorial nyetir mobil menjadi banyak dicari.

Bagi kamu yang sedang mencari tutorial nyetir mobil, berikut ini rekomendasi channel YouTube terbaik buat belajar nyetir mobil:

1. Widi Mandiri

Channel Widi Mandiri telah memiliki lebih dari 253.000 subscribers. Channel ini menyediakan berbagai konten dan tips nyetir mobil mulai dari yang dasar sampai tingkat lanjut seperti parkir di tempat-tempat sulit. Selain itu, channel ini juga diperkaya dengan video-video tips mengatasi rasa takut bagi pemula, tips perawatan mobil, dan lain-lain.

Channel ini cocok untuk diikuti karena menampilkan video-video orang yang praktik langsung menyetir mobil disertai tips dan trik saat menghadapi situasi tertentu.

(Baca juga: Mau Nonton YouTube Dibayar? Ini Cara dan Daftar Lengkap Situsnya)

2. Mas Wahid

Channel Mas Wahid telah memiliki lebih dari 618.000 subscribers. Konten channel ini lebih bervariasi seperti adanya series mencari mobil impian, panduan memilih dan membeli mobil bekas, sampai video klip lagu tentang kecintaan pada mobil.

Untuk konten tentang tutorial menyetir mobil juga telah tersusun dengan rapi di playlist. Selain itu, tutorial yang dibuat juga runtut dan bertahap sehingga mudah diikuti oleh pemula sekalipun.

3. Motomo Channel

Motomo Channel telah memiliki lebih dari 38.000 subscribers. Channel ini menyediakan konten tutorial nyetir mobil berupa video praktik langsung. Selain itu, channel ini juga memberikan tips-tips bermanfaat seperti cara cek kampas rem, cara mengganti wiper, dan lain-lain. Selain itu, channel ini juga meng-upload video-video review mobil. Tidak hanya soal mobil, sesekali channel ini juga meng-upload video tentang sepeda motor.

4. Sidik Van Parmin

Channel Sidik Van Parmin telah memiliki lebih dari 101.000 subscribers. Channel ini menarik untuk disimak karena menyediakan konten yang sangat dekat dan nyata terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti tips mengemudi pada malam hari saat hujan, mati mesin saat tanjakan, masuk gang tapi ternyata jalan ditutup untuk hajatan, sampai tutorial memberikan uang pada Pak Ogah bagi pemula. Konten channel ini juga berupa video praktik langsung sehingga mudah untuk dipahami bagi pemula yang sedang belajar nyetir mobil.

5. Tips Jitu

Sebenarnya, channel yang telah memiliki 128.000 subscribers ini tidak hanya menyediakan konten mengenai tutorial nyetir mobil. Ada juga tips-tips lain seperti olahraga dan gadget. Namun, konten mengenai tips nyetir mobil dalam channel ini bisa kamu temukan dengan mudah di playlist yang sudah dibuat.

6. Jemi Nor jaman

Channel Jemi Nor Jaman juga tidak hanya memuat tips dan tutorial seputar nyetir mobil, tetapi juga tips lain. Channel ini telah memiliki 107.000 subscribers. Selain berupa video praktik langsung, channel ini juga mengunggah video tutorial dengan menggunakan visual dari game yang mudah dipahami. Meski menggunakan visual dari game, tetapi pemilik channel menyatakan kalau di kehidupan nyata, untuk menghadapi situasi yang sama kurang lebih caranya juga sama seperti yang dipraktikkan dalam game. Jadi kamu bisa menyimak konten-konten ini untuk mendapatkan berbagai tips bermanfaat.

Itulah rekomendasi channel YouTube terbaik buat belajar nyetir mobil. Kamu bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga dan tips bermanfaat yang bisa membantumu lebih cepat menguasai teknik nyetir mobil maupun perawatan mobil dari channel-channel ini.

(Baca juga: Ini Dia 5 Youtuber Paling Inspiratif!)

Tentunya channel-channel di atas akan sangat bermanfaat buat kamu yang sedang belajar nyetir mobil tetapi tidak mendapatkan ilmu langsung dari sang mentor. Semoga informasi ini berguna dan kamu cepet lancar ya, nyetir mobilnya. Satu hal yang harus kamu ingat adalah selalu utamakan keselamatan. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.