Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Rekomendasi Gudeg Kenjeran Paling Terkenal, Enak, dan Murah

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 Desember, 2019

Dikenal dengan rasanya yang manis dan gurih, masakan gudeg seakan tidak bisa lepas dari budaya Jawa yang masih melekat. Makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah ini, merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Tidak hanya terkenal di kota asalnya, gudeg juga terkenal di beberapa daerah sekitar, salah satunya adalah gudeg Kenjeran, di Surabaya.

Kenjeran sendiri merupakan kawasan kuliner dekat pantai yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Sehingga, jika kamu berkunjung ke Surabaya, tidak lengkap jika tidak mampir ke kawasan Kenjeran. Karena di sini, terdapat berbagai macam kuliner khas Kenjeran, Surabaya, seperti kupang, bakso, hingga gudeg.

Sama dengan gudeg pada umumnya, gudeg Kenjeran juga disajikan bersamaan dengan nasi, kuah santan kental, ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek. Nah, untuk varian atau jenis, gudeg memiliki 3 varian, yakni sebagai berikut:

  • Gudeg Kering: Gudeg yang disajikan dengan areh atau kuah kental, bahkan bisa dibilang jauh lebih kental dari santan pada masakan Padang.
  • Gudeg Basah: Gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo: Gudeg yang areh-nya berwarna putih.

Nah, untuk gudeg Kenjeran sendiri, rata-rata menawarkan gudeg, dengan varian gudeg Solo, karena mereka menggunakan areh yang berwarna putih. Tidak hanya orang Jawa, makanan gudeg ternyata juga sangat digemari oleh para pendatang dari luar daerah, bahkan wisatawan asing.

Makanan istimewa khas Jawa juga ternyata memiliki keunikan tersendiri, di mana cara mengolahnya membutuhkan waktu yang lama. Namun, untuk bisa membuat gudeg juga tidak begitu sulit loh, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, meski rasanya mungkin tidak seistimewa beberapa rekomendasi gudeg Kenjeran berikut ini:

Gudeg Kenjeran Paling Terkenal, Enak, dan Murah
1. Warung Gudeg Bu Yul

Bicara soal kuliner terutama gudeg, memang tidak ada habisnya, termasuk gudeg Kenjeran yang sangat terkenal ini, yakni Gudeg Bu Yul. Bukan warung gudeg baru, Gudeg Bu Yul merupakan warung yang sudah lama berdiri, dan terkenal dengan gudeg ayam suwirnya.

Karena gudeg Kenjeran masuk ke dalam varian gudeg Solo, sehingga rasanya tidak terlalu manis seperti gudeg Jogja. Untuk pilihan menu gudeg di Warung Gudeg Bu Yul juga sangat beragam. Mulai dari Gudeg Kendil, Lontong Gudeg Istimewa, Nasi Gudeg Istimewa, Nasi Gudeg Ceker, Nasi Gudeg Ayam Suwir, dan masih banyak lagi.

Harga: Mulai dari Rp30 ribu – Rp50 ribu per porsi.
Aneka Minuman: Mulai dari Rp6 ribu – Rp12 ribu.
Alamat lengkap: Jalan Dharmahusada Utara 21G, Surabaya. Tel: 03159176756.
Jam Buka: Setiap hari, pukul 06.00-17.30 WIB.

2. Gudeg Bu Har

Gudeg Kenjeran di Kota Pahlawan yang terkenal dan enak adalah Gudeg Bu Har. Berdiri sejak tahun 1968, Gudeg Bu Har kini telah berubah menjadi salah satu kuliner legendaris di Surabaya. Sama seperti Gudeg Bu Yul, gudeg ini juga memiliki cita rasa yang lebih gurih dan bukan manis.

Agak berbeda dari gudeg pada umumnya, Gudeg Bu Har dilengkapi dengan kuah opor ayam, krecek, dan sambal. Tidak hanya itu, para pecinta gudeg pun bisa menambahkan bermacam pilihan menu lauk lainnya, seperti paru, daging ayam, hingga telur.

Untuk menu andalannya, kamu bisa memesan Special Nasi Gudeg Koyor, Gudeg Komplit, dan masih banyak lagi. Untuk soal harga, kamu tidak perlu khawatir, karena harga gudeg di sini cukup terjangkau, dengan ukuran porsi yang lumayan banyak.

Harga: Rp20 ribu – Rp30 ribu per porsi.
Alamat: Jl. Pasar Besar Wetan Nomer 1A.
Jam Buka: Pukul 06.00-21.30 WIB.

3. Gudeg Bu Harnik

Gudeg Kenjeran yang tak kalah enak dan fenomenal adalah Gudeg Bu Harnik. Tidak hanya itu, banyak yang menyebutkan juga bahwa nasi gudeg yang satu ini merupakan salah satu gudeg terenak dari beberapa jagoan gudeg di Surabaya.

Yang membuat Gudeg Bu Harnik ini berbeda terletak pada rasanya yang gurih khas masakan Jawa Timur. Hal tersebut mungkin tidak semua orang suka dengan makanan manis, sehingga varian gudeg Solo dan Jawa Timur yang gurih lebih diminati.

Untuk menu andalannya, di Gudeg Bu Harnik kamu bisa memesan Nasi Gudeg dan Gudeg Pecel. Satu porsi gudeg, berisi nangka muda, tahu, krecek, telur, dan huah santan kental rempah yang mirip dengan kuah opor ayam.

Harga: Mulai dari Rp20 ribu.
Minuman: Mulai dari Rp5 ribu.
Alamat: Jalan Dharmahusada No. 112, Surabaya.
Jam Buka: 06.00-16.00 WIB.

4. Gudeg Bu Harman

Gudeg yang satu ini juga tidak kalah special, karena salah satu gudeg Kenjeran ini bisa dinikmati bersama pecel. Gudeg Bu Harman, memang terkenal dengan menu gudeg pecelnya, karena bisa menghasilkan rasa yang unik dan nikmat.

Warung ini juga menyajikan masakan khas tradisional Jawa dengan menu andalannya adalah gudeg. Satu porsi gudeg di warung ini terdiri dari gudeg, telur, tempe bacem, ayam suwir, krecek, dan sambal. Namun, untuk jenis rasanya, gudeg ini memiliki rasa yang dominan manis.

Harga: Mulai Rp10 ribu-Rp30 ribu.
Alamat: Jl. Raya Pepelegi No.18, Waru, Sidoarjo, 081235540033.
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB.

Itulah beberapa rekomendasi gudeg Kenjeran, Surabaya yang bisa kamu coba. Untuk harga, dijamin ramah kantong, dan rasa tidak bohong. Namun, tidak semua gudeg enak bisa kamu dapatkan di kota lain, selain di kota asalnya, Solo, termasuk di Kenjeran, Surabaya. Akan tetapi, jika kamu rindu akan masakan unik ini, kamu bisa lo membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Gudeg Ala Kenjeran yang Gurih

Berikut adalah langkah-langkah membuat gudeg nangka muda ala gudeg Kenjeran, yang enak dan mudah, lengkap dengan tambahan tetalan sapi agar rasanya lebih spesial.

Bahan:

  • 1 Kilogram nangka muda, cuci bersih, tiriskan.
  • Siapkan 200 gram daging sapi segar.
  • 4 butih telur yang sudah direbus.
  • 1/4 kelapa tua, untuk santannya. Bisa juga pakai santan instan.

Bumbu Halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah kemiri sangrai

Bumbu Rebusan:

  • 7 lembar dau salam
  • 7 lembar daun jeruk
  • 5 batang serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 bongkah besar gula merah
  • Garam
  • Kaldu Sapi

Cara Membuat:

  • Potong-potong nangka muda.
  • Kukus nangka muda, kurang lebih 15 menit. Llau tumbuk kasar.
  • Didihkan kaldu sapi dan air putih, masukkan bumbu uleg, kecuali santan. Tutup hingga nangka matang sempurna.
  • Tuangkan santan, kecilkan api, biarkan hingga mendidih.
  • Matikan api, tes rasa, dan sajikan.

Untuk bisa menikmati gudeg nikmat di Kenjeran langsung, kamu bisa sekaligus liburan dan berwisata kuliner. Jangan lupa, lengkapi liburan kamu dengan menggunakan kartu kredit khusus liburan.

Yuk ajukan segara kartu kredit khusus liburan dari berbagai bank di situs Cekaja.com. Salah satunya seperti kartu kredit BRI World Access, yang bisa memberikan banyak keuntungan lebih.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk