10 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Pulau Jawa

Bingung, long weekend mau ke mana? 10 Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Pulau Jawa berikut ini, bisa jadi pilihan liburan paling mengasyikan, di masa pandemi!

Obati Rasa Bosan #dirumahaja dengan Liburan ke Gunung

Tidak bisa dipungkiri, jika kamu sudah bosan berada di rumah, meski hal tersebut masih tetap harus dilakukan.

Namun, ada kalanya rasa bosan perlu di obati dengan cara refreshing. Tapi, di masa pandemi seperti ini, tempat liburan seperti apa yang aman dan murah untuk dikunjungi?

Terlebih, lusa sudah mulai cuti bersama dan libur panjang. Nah, sebagai alternatif, wisata gunung banyak dipilih, untuk liburan yang dirasa cocok di situasi seperti sekarang.

Wisata gunung, dianggap menjadi tempat yang cukup aman dari risiko penyebaran Covid-19, karena kamu tidak akan menemukan banyak kerumunan orang.

Tapi, bagaimana jika kamu belum pernah naik gunung, atau pendaki pemula? Kira-kira gunung apa yang cocok untuk dikunjungi para pendaki pemula?

Nah, berikut kami akan informasikan terkait rekomendasi gunung untuk pendaki pemula! Rasakan, traveling yang sesungguhnya menjelajahi alam luas, dan lepaskan stresmu!

(Baca Juga: 10 Merek Ransel Gunung Terbaik, Berkualitas, dan Murah!)

Mendaki Gunung Makin Digemari Belakangan Ini

Pandemi sepertinya membuat segala kegiatan dan rencana semua orang pupus. Terlebih, untuk para traveler yang sudah membeli tiket liburan ke luar kota hingga ke luar negeri.

Bahkan, hingga tempat wisata yang mengundang keramaian pun, harus tutup demi menekan penyebaran Covid-19.

Maka dari itu, gunung dipilih menjadi salah satu tempat wisata yang aman dari penyebaran Covid-19, dan murah, terutama para kalangan remaja muda-mudi, hingga pekerja.

Banyak dari mereka yang memang pendaki ulung, hobi mendaki, hingga pendaki yang hanya ikut-ikutan saja. Namun, meski bukan ulung, kamu juga bisa loh menaklukan sebuah gunung.

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula ini, kamu pilihkan atas dasar gunung yang memiliki jalur dan medan yang masih aman, dengan ketinggian yang masih wajar ditaklukan pemula.

Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja intip rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Pulau Jawa berikut ini, dan isi long weekend dengan keindahan alamnya!

10 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula

1. Gunung Nglanggeran – 700 mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula yang pertama adalah Gunung Nglanggeran. Gunung yang hanya memiliki ketinggian 700 mdpl ini, terletak di Yogyakarta.

Nah, buat kamu warga lokal Yogyakarta, bisa menjadikan gunung ini lokasi pertamamu mendaki, karena sangat cocok untuk pemula, yang ingin belajar hiking.

Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, karena kamu hanya membutuhkan waktu, kurang dari satu jam, untuk mencapai puncaknya dan menikmati Jogja dari sisi yang berbeda.

Selain itu, gunung ini juga memiliki jalur yang landai dan jalan setapak dari batu. Sehingga, membuat pendakian di Gunung Nglanggeran akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Bagaimana? Mau coba menaklukan gunung ini dulu, sebelum berani taklukan gunung lainnya?

2. Gunung Munara – 1119 Mdpl

Untuk kamu yang berlokasi di kawasan Bogor atau Jabodetabek, bisa mengunjungi rekomendasi gunung untuk pendaki pemula, yakni Gunung Munara.

Gunung, yang hanya memiliki ketinggian 1.119 mdpl ini, berlokasi di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin. Buat kamu yang mau belajar hiking, wisata Bogor ini cocok untuk traveler yang suka mendaki.

Namun, meski hanya 1.119 mdpl, gunung ini benar-benar benar-benar bisa menguras tenaga. Jangan salah, karena medan Gunung Munara cukup terjal, ketika hampir memasuki kawasan puncak.

Medannya miring, terjal dan berbatu. Padahal, di awal pendakian kamu akan disuguhkan jalanan yang landai, pemandangan rumah warga, jembatan, sungai, hingga curug.

Namun, setelah setengah jam kemudian, kamu akan mendapati jalanan yang lebih terjal. Bahkan, saat mendekati puncak kamu akan dihadapkan tebing yang lebih curam.

Saking curamnya, bahkan sampai disediakan tali tambang. Dalam proses mendaki, di sini kamu perlu hati-hati.

Pada saat sampai puncak pun, kamu jangan coba-coba bercanda atau pecicilan. Karena, puncak Gunung Munara sangat sempit dan terbatas.

3. Gunung Andong – 1.726 Mdpl

Mau coba yang lebih tinggi, namun tetap bisa dicoba untuk pemula? Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula ini, terletak di Jawa Tengah, yakni Gunung Andong.

Pasalnya, gunung ini dikenal sebagai salah satu gunung, yang ramah bagi pemula. Hanya dengan ketinggian 1762 Mdpl, kamu bisa menaklukkan puncak Andong, hanya dalam waktu 2 jam.

Nah, kalau soal jalur dan pemandangannya, sungguh tidak main-main, karena pemandangan di puncak amazing banget.

Pasalnya, kamu akan dikelilingi gunung-gunung keren di Jawa Tengah, sebut saja seperti Sindoro Sumbing, Merapi Merbabu, dan Gunung Ungaran. Keren banget bukan?

4. Gunung Kencana – 1.796 Mdpl

Di Bogor, memang terkenal dengan banyak wisata alam, seperti pegunungan. Nah, rekomendasi gunung untuk pendaki pemula selain Munara, juga bisa kamu kunjungi Gunung Kencana.

Baru diresmikan sekitar tahun 2016 lalu, gunung ini langsung menjadi primadona para pendaki, yang hanya untuk sekadar hiking, dan juga cocok untuk pemula.

Bahkan, saking landai dengan jalur yang ramah pendaki pemula, banyak juga yang mendaki hanya sekedar ingin berburu matahari terbit, ataupun matahari terbenam.

Pasalnya, di sepanjang jalannya saja, kamu akan disuguhkan kebun teh, di sisi kanan dan kiri.

Selain itu, gunung ini juga banyak memiliki petunjuk arah, yang akan mengarahkan hingga sampai puncak.

Gunung ini memiliki ketinggian 1.803 mdpl, yang bisa ditempuh 45 menit, dari pos sampai puncak. Bahkan, untuk sampai puncak, kamu tidak perlu peralatan khusus jika tidak ingin berkemah, yang diperlukan hanya fisik dan stamina prima.

Bahkan, belum lama ini penyanyi cantik Sherina Munaf, juga sempat mengunjungi Gunung Kencana. Mau mendaki gunung ini juga seperti Sherina? Yuk jadwalkan segera!

5. Gunung Panderman – 2.045 Mdpl

Mau nikmati alam bebas hingga negeri di atas awan? Gunung Panderman bisa jadi pilihan dari rekomendasi gunung untuk pendaki pemula berikutnya!

Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini, terletak di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Buat kamu warga lokal Batu dan sekitarnya, bisa pilih lokasi ini untuk liburan long weekend nanti.

Pasalnya, jalur pendakian di gunung ini cukup landai dan mulus. Bahkan, hampir tidak ada rintangan yang menghadang.

Nah, buat kamu para pendaki pemula yang ingin latihan hiking, bisa coba gunung Panderman sebagai “latihan”, sebelum mendaki gunung dengan medan yang terjal.

Meski jalurnya santai, setelah sampai di atas, pemandangannya sungguh luar biasa. Saking cantiknya, kamu bisa lihat pemandangan lampu kota, ketika kamu melakukan perjalanan pada malam hari.

6. Gunung Ungaran – 2.050 Mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Pulau Jawa selanjutnya adalah Gunung Ungaran. Gunung ini terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Meski hanya mempunyai ketinggian 2050 Mdpl, kamu jangan anggap remeh. Pasalnya, banyak pendaki gunung ulung yang menjuluki Gunung Ungaran ini, sebagai gunung 2000an Mdpl rasa 3000 mdpl.

Namun, meski dijuluki istilah tersebut, sebagai pendaki pemula, kamu jangan mudah ciut dulu. Karena, gunung ini bisa menempa fisik dan mental kamu, sebelum kamu menaklukkan, gunung yang tingginya lebih dari 3000 Mdpl.

7. Gunung Papandayan – 2.265 Mdpl

Nah, kalau gunung yang satu ini, dikenal dengan wisata gunung keluarga. Meski lumayan tinggi, namun gunung ini memiliki jalur yang landai dan asik!

Gunung yang berada di Jawa Barat ini, termasuk salah satu gunung yang cantik dan sangat ramah bagi semua pendaki, bahkan termasuk pendaki pemula.

Gunung ini memiliki kemegahan, dengan jalur yang landai dan ringan. Gunung Papandayan juga memiliki banyak kawah, di tambah keeksotisan hutan mati, serta padang edelweis, yang memukau.

8. Gunung Ijen – 2.443 Mdpl

Terletak di ujung Pulau Jawa, yakni di Banyuwangi, rekomendasi gunung untuk pendaki pemula berikutnya ini adalah Gunung Ijen.

Gunung ini, sangat populer dengan blue firenya, dan kawah belerang yang memukau. Bahkan, tak jarang lokasi ini menjadi spot foto andalan para pendaki.

Kamu pendaki pemula juga ingin mejeng di puncak Gunung Ijen? Bisa kok! Dengan ketinggian yang tidak begitu tinggi, yakni 2443 Mdpl, kamu bisa mencapai puncak gunung dalam waktu 2 jam, dari basecamp Platidung.

Belum puas foto di kawahnya saja, kamu juga bisa mencoba turun ke bawah kawahnya, untuk melihat blue fire loh. Bagaimana dengan pemandangannya? Jauh lebih menakjubkan!

9. Gunung Prau – 2.565 Mdpl

Rekomendasi gunung untuk pendaki pemula, yang sangat populer di kalangan pendaki berbagai kalangan, adalah Gunung Prau.

Gunung Prau sendiri terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, dan menjadi gunungnya semua umat.

Mengapa menjadi populer dan digemari? Hal tersebut dikarenakan memiliki pemandangan yang amazing. Gunung Prau juga dikenal memiliki Golden Sunrise, yang tersohor seantero negeri Indonesia.

Mengapa juga gunung ini masuk rekomendasi gunung pendaki pemula? Alasannya, gunung ini memiliki trek yang pendek dan cukup bersahabat, untuk pendaki dari berbagai golongan.

Sesampai di puncak, kamu akan disambut puncak yang tidak kerucut, tapi berupa padang rumput luas, layaknya bukit teletubies.

10. Gunung Gede – 2.958 Mdpl

Nah, kalau gunung yang satu ini, menjadi gunung kegemaran pendaki di Bogor. Bahkan, mulai dari pendaki ekspert hingga pemula, Gunung Gede pasti akan masuk rekomendasi gunung untuk pendaki pemula.

Hal tersebut dikarenakan, gunung ini memiliki jalur yang landai, dan akan terjal ketika sudah hampir sampai puncak.

Selain itu, kamu juga akan melewati trek yang ringan, air terjun Cibeureum, sumber air panas, serta padang edelweis di Surya Kencana, yang sangat indah.

Nah, untuk bisa sampai di puncak Gunung Gede, yang memiliki ketinggian 2958 Mdpl ini, kamu harus menempuh jarak sejauh 6 jam.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi gunung untuk pendaki pemula. Meski sedang pandemi, wisata gunung memang menjadi alasan yang tepat untuk refreshing.

Selain aman dari penyebaran Covid-19, wisata ini juga tergolong cukup murah, ketimbang kamu harus pergi ke luar kota, booking pesawat dan hotel, sampai jutaan rupiah.

(Baca Juga: Rekomendasi Tempat Camping di Bogor Paling Hits, Cocok Buat Self-Healing)

Di sini, kamu hanya perlu membeli beberapa peralatan penting saja, seperti carrier, sepatu hiking, sleeping bag, trekking pole, jaket anti air, dan lain-lain.

Untuk urusan logistik lainnya, seperti tenda, alat masak, nesting, kamu bisa serahkan semua pada ketua kelompok pendakian.

Karena biasanya, untuk pendaki pemula, hanya ikut sebagai followers. Jadi, tinggal bawa peralatan pribadi saja deh!

Yuk, beli peralatan mendaki bagi kamu pendaki pemula yang ingin menikmati liburan long weekend minggu ini!

Kamu bisa membeli berbagai peralatan mendaki di toko alat pendakian offline maupun online.

Nah, agar lebih hemat, kamu bisa melakukan pembelian menggunakan kartu kredit. Dengan kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, mulai dari diskon, cashback, hingga cicilan nol persen.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan di CekAja.com Saja!

Di CekAja.com, kamu bisa dibantu dalam memilihkan produk kartu kredit, yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

CekAja.com juga menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan akrtu kredit terbaik pilihamu, hanya di CekAja.com, dan beli peralatan gunung terbaik!