Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Pisau Chef Tajam yang Wajib Kamu Punya di Dapur

by Vera Khairifah on 12 Desember, 2019

Pisau adalah salah satu peralatan masak yang paling dibutuhkan. Alat yang satu ini harus tersedia di dapur untuk memudahkan proses pengolahan bahan masakan. Untuk kamu yang suka menghabiskan waktu untuk memasak di dapur, ada 5 pisau chef tajam yang wajib kamu miliki nih. Simak, ya!

5 Pisau Chef Tajam yang Wajib Kamu Punya di Dapur

Jenis-jenis Pisau Tajam

Ada beberapa pisau tajam yang biasanya digunakan para pemasak handal. Berikut rangkumannya.

Slicing Knife

Ini adalah jenis pisau dengan bentuk panjang, slim dan runcing. Digunakan untuk memotong bahan masakan dengan potongan yang tipis. Misalnya menguliti ikan, daging, merajang bawang dan cabai, atau mengelupas kulit buah.

Cleaver Knife

Cleaver knife adalah pisau besar, lebar dan tebal yang biasanya digunakan chef makanan khas Jepang untuk memotong daging menjadi sashimi.

Pisau ini juga digunakan untuk mencincang daging, atau memotong daging utuh menjadi beberapa bagian. Gagangnya yang kokoh membuat penggunanya mantap menggunakannya.

Paring Knife

Pisau tajam ini dikenal juga sebagai pisau buah. Bentuknya ramping dengan sedikit lengkungan di ujung besi pisaunya. Panjangnya hanya 5 cm sampai 10 cm.

Utility Knife

Ini adalah pisau serbaguna yang cukup umum ada di dapur. Ukurannya sedang, dengan ukuran gagang yang pas digenggam. Pisau tajam ini bisa digunakan untuk semua kebutuhan memotong atau mengelupas bahan masakan.

Bread Knife

Sesuai namanya, ini adalah pisau yang digunakan untuk memotong roti. Bagian bawah yang agak bergerigi memudahkan proses memotong roti yang memiliki tekstur riskan atau mudah hancur.

Chef’s Knife

Terakhir, ada chef‘s knife atau pisau chef tajam yang juga banyak digunakan di dapur. Bentuknya agar lebar namun pipih, tidak terlalu tebal, dan pas digenggam. Bisa digunakan untuk memotong apa saja.

Mengenal Pisau Chef Tajam

Pisau chef tajam atau yang juga dikenal dengan nama chef‘s knife dan pisau koki banyak dijual di pasaran. Jenis pisau ini juga digemari banyak pengguna karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memotong bahan masakan.

Seperti memotong sayuran, daging, mem-fillet daging, mengupas sayur dan buah, merajang dan mencincang, memotong kue, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu bisa memilih Panjang pisau chef tajam sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari panjang 18 cm sampai 24 cm. Sedangkan untuk bahan, pisau chef tajam tersedia dengan bahan baku berikut:

Keunggulan dari pisau chef tajam adalah ukurannya yang pas (tidak terlalu tebal atau tipis), gagang yang kokoh, serta bentuknya yang ramping. Pisau chef tajam juga mudah diasah agar lebih tajam karena bentuk dan ukurannya yang pas tersebut.

(Baca Juga: Puan Maharani Sampe SBY, Pejabat yang Hobi Kolektor Moge)
Rekomendasi Pisau Chef Tajam

Ada beberapa rekomendasi pisau chef tajam dari berbagai produsen. Salah satunya wajib banget kamu miliki di dapur, nih!

1. IKEA Fordubbla (Rp 53 ribu)

Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah mendapatkan satu set pisau chef yang terdiri dari satu pisau ukuran besar dan satu pisau ukuran kecil. Pisau serbaguna berwarna kuning ini bisa kamu beli di outlet IKEA ataupun beli melalui jasa titip yang ada di media sosial.

2. Fackelmann Ever Sharp (Rp 70 ribu)

Fackelmann Ever Sharp memiliki bungkusan yang unik. Dimana kamu bisa mendapatkan pisau chef tajam dengan roda asah/penajam yang  menempel di sarung pisau. Terbuat dari stainless steel dengan pegangan yang lembut.

3. NEOFLAM Mukizu Santoku (135 ribu)

Produsen peralatan masak yang berasal dari Korea Selatan ini memproduksi pisau chef yang terbuat dari keramik berwarna pink yang cantik. Pisau ini memiliki keunggulan anti karat, tahan gores, tidak berbau, tahan asam, dan tak mengandung bahan kimia.

4. Jamie Oliver JB7300 (Rp 800 ribu)

Pisau chef dengan ukuran besar namun pas digenggam, desain ergonomik, bisa dipakai untuk memotong bahan masakan yang tebal. Aman pula digunakan di dishwasher atau mesin pencuci piring dan peralatan masak.

Seperti semangka, melon, daging utuh, dan sebagainya. Di beberapa e-commerce, banyak toko yang menyediakan potongan harga hingga Rp 530 ribu per pisau.

5. DEBELLIN Messer (Rp 900 ribu)

Merk dagang DEBELLIN adalah produsen peralatan masak yang berkualitas premium. Pisau chef ini lebih ringan, dengan desain eksklusif dan aman dicuci dengan dishwasher. Dengan diskon terbatas, kamu bisa mendapatkannya di harga Rp 500 ribu.

Tips Perawatan Pisau Chef Tajam
  • Biasakan selalu mengelap pisau sesudah digunakan maupun setelah dicuci. Cairan pada pisau akan membuat karat cepat timbul. Apalagi jika tak digunakan cukup lama.
  • Asah pisau secara teratur. Terutama saat pemakaian sudah terlalu sering dan mulai terasa tumpul. Alat asah pisau bisa menggunakan mesin pengasah otomatis, batu pengasah maupun bagian ujung alat ulek berbahan batu alam.
  • Simpan pisau di tempat yang kering dan tidak lembab.

Selain peralatan masak, kamu juga perlu melengkapi berbagai produk furniture untuk mempercantik rumahmu. Belanja di mana saja akan mudah jika menggunakan kartu kredit cicilan ringan. Yuk, ajukan saja di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast