Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Siapa yang tidak mengetahui keindahan kota Batu? Iya Batu, kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur tersebut memiliki beberapa destinasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi oleh para pelancong.

Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Kota Batu terletak di 90 km sebelah barat daya Surabaya dan 15 km sebelah barat laut Malang. Secara geografis kota Batu juga berada di jalur yang menghubungkan Malang – Kediri dan Malang – Jombang.

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Malang, membuat Kota Batu ikut terjamah oleh banyak pelancong yang sebelumnya hanya merencanakan wisata ke Kota Malang.

Pada awalnya Batu menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Malang. Namun sejak tanggal 17 Oktober 2001, Baru berubah menjadi kota otonom yang mandiri secara administratif. 

Kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia setelah Bali dan Yogyakarta. Oleh karena itu tak aneh jika kamu menemukan banyak sekali produk wisata yang ditawarkan dari kota yang dijuluki sebagai De Kleine Switzerland itu. 

Mulai dari wisata kuliner, sejarah, pendidikan, hingga wisata alam yang sangat terkenal bisa kamu dapatkan di Batu.

Buat kamu yang ingin melancong ke kota ini, sebaiknya membuat daftar destinasi yang akan dituju terlebih dahulu.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu tidak bingung menentukan destinasi apa saja yang akan kamu kunjungi nantinya.

Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Kota Batu, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja destinasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi.

Setelah itu, kamu bisa menentukan destinasi yang akan dituju dan membuat daftarnya. Di bawah ini lima rekomendasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi versi CekAja.com!

1. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular - Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi yang pertama adalah Batu Night Spectacular (BNS). Mengusung konsep sebagai taman bermain multifungsi, BNS terletak di Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65316.

BNS memiliki konsep wisata yang menggabungkan pusat perbelanjaan, permainan, olahraga serta hiburan.

Tidak hanya itu, di BNS kamu bisa melihat lanskap alam dan indahnya kota Malang yang disajikan dari atas. Ya, BNS berada di dataran tinggi yang bisa memanjakan mata kamu untuk melihat wilayah Batu dari perspektif yang berbeda.

Buat kamu yang suka seru-seruan, terdapat banyak wahana yang bisa kamu jajal. Diantaranya adalah disco bumper car, sepeda udara, mini boom-boom car, marry go round, mini train, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, BNS juga menyediakan food court dengan berbagai macam pilihan makanan dan Night Market yang bisa kamu kunjungi jika ingin berbelanja.

BNS beroperasi setiap hari Senin – Minggu, pukul 15.00 WIB – pukul 24.00 WIB. Untuk dapat masuk ke BNS, kamu harus membeli tiket seharga Rp 30.000 untuk weekday (Senin – Jumat) dan Rp 40.000 untuk weekend (Sabtu – Minggu).

2. Eco Green Park

Eco Green Park - Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Rekomendasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi selanjutnya adalah Eco Green Park. Dimana, Eco Green Park merupakan destinasi wisata edukasi yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

Beralamat di Jl. Ora-Ora Ombo No. 9A, destinasi wisata ini memiliki lokasi yang sangat dekat dengan Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2.

Selain itu, Eco Green Park memiliki konsep yang memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan hingga seni.

Eco Green Park didirikan dengan tujuan agar pengunjung khususnya anak-anak dapat belajar tentang ekosistem dengan menyenangkan.

Hal tersebut dapat dilihat dari 35 wahana yang bisa kamu kunjungi, diantaranya zona miniatur candi yang terkenal di seluruh Jawa, insectarium, jungle adventure, dome multimedia, walking bird, dan lainnya.

Selain itu, Eco Green Park juga menyediakan fasilitas penyewaan e-bike. Dimana, kamu bisa menyewa e­-bike tersebut dengan harga Rp150.000 untuk setiap 3 jam dan menggunakannya untuk berkeliling menelusuri Eco Green Park.

Tidak hanya itu, Eco Green Park juga mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti e-bike, pusat informasi, angkutan gratis Jatim Park Group, shuttle car/train, akses ramah kursi roda, food court, minimarket, pasar hewan, mushola hingga smoking area.

Eco Green Park beroperasi setiap hari Senin – Minggu, pukul 09.00 WIB – pukul 17.00 WIB.

Selain itu, untuk berkunjung ke destinasi wisata ini, kamu perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp40.000 untuk weekday (Senin – Jumat) dan Rp 60.000 untuk weekend (Sabtu – Minggu).

3. Museum Angkut

Museum Angkut - Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Destinasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi berikutnya adalah Museum Angkut. Museum ini merupakan pengembangan dari Jawa Timur Park Group dan berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314.

Sesuai dengan namanya yaitu “Angkut”, museum ini memiliki koleksi alat transportasi yang beraneka ragam dari seluruh belahan dunia, baik transportasi kuno ataupun modern, angkutan darat, laut hingga udara.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa merasakan atmosfer dari kota-kota besar di dunia seperti London, Italia, Paris ataupun Amerika ketika kamu mengunjungi zona dari negara-negara tersebut.

Beberapa zona yang dimiliki Museum Angkut disesuaikan dengan latar belakang jenis angkutannya, yaitu Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Inggris, Zona Batavia, Zona Gangster & Broadway, Zona Italy, Zona Las Vegas, Zona Perancis, dan lainnya.

Dari sekian zona yang ada di Museum Angkut, yang paling menarik dan menjadi favorit para pelancong adalah Zona Gangster & Broadway.

Di zona tersebut kamu akan disuguhkan dengan suasana di suatu kota kecil, dengan konsep jalanan luar negeri, lengkap dengan jajaran pertokoan, gedung bioskop dan kantor polisi.

Tidak jarang beberapa event menggunakan Museum Angkut sebagai lokasi acara, seperti pameran, event komunitas hingga lokasi foto prewedding.

Selain itu, fasilitas yang disediakan Museum Angkut cukup lengkap, diantaranya terdapat toilet disabilitas, free wifi, kursi roda, angkutan gratis Jatim Park Group, free shuttle car, elevator, ATM center, food court, charging station, Mushola Ar-Rizky, smoking area, pusat informasi, area parkir, loker hingga Museum Angkut photo session.

Museum Angkut beroperasi setiap hari Senin – Minggu pukul 12.00 WIB – pukul 20.00 WIB.

Untuk bisa masuk ke museum ini, kamu cukup merogoh kocek Rp70.000 untuk weekday (Senin – Jumat) dan Rp100.000 untuk weekend (Sabtu – Minggu).

4. Omah Kayu

Omah Kayu - Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Destinasi ke empat dari wisata Batu paling favorit yang wajib dikunjungi adalah Omah Kayu. Destinasi wisata Omah Kayu ini sangat digemari para pelancong. 

Disana kamu bisa bersantai di tengah hutan pinus sembari menikmati kota Batu dari ketinggian. Sejatinya, Omah Kayu merupakan sebuah penginapan yang dibangun dengan konsep rumah pohon yang memiliki teras menghadap ke arah lereng perbukitan dari Gunung Banyak.

Untuk bisa menikmati suasana ini, kamu bisa berkunjung ke Omah Kayu yang beralamat di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65312.

Omah kayu memiliki ukuran rumah sekitar 3×2 meter dan tinggi 2 meter. Tidak hanya itu, fasilitas yang disediakan diantaranya yaitu kamar tidur, perlengkapan makan dan minum.

Hanya saja, kamar mandi terletak di luar kamar tidur, sehingga jika ingin ke kamar mandi, kamu perlu keluar kamar terlebih dahulu.

Fasilitas lain yang diberikan Omah Kayu yaitu area perapian yang bisa kamu gunakan untuk membuat api unggun ataupun untuk menggelar pesta barbecue.

Tidak hanya itu, pengelola Omah Kayu juga menyediakan hammock yang bisa kamu gunakan untuk bersantai menikmati suasana sejuk dari Gunung Banyak.

Area parkir yang tersedia di Kawasan wisata Omah Kayu cukup luas dengan deretan warung makan yang cukup banyak, membuat kamu tidak perlu khawatir jika kelaparan di malam hari ataupun tidak mendapatkan tempat parkir.

Omah Kayu buka setiap hari Senin – Minggu, dari pukul 09.00 WIB – pukul 17.00 WIB. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini, kamu harus membayar dua kali tiket masuk.

Pertama, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp5.000 untuk masuk ke Wana Wisata Gunung Banyak dan Rp5.000 untuk masuk ke Kawasan Omah Kayu.

Bagi para pelancong yang ingin menginap di Omah Kayu, kamu bisa menyewa 1 kamar permalamnya dengan harga Rp350.000 untuk weekday dan Rp450.000 untuk weekend atau libur panjang.

(Baca juga: Tujuan Wisata Favorit Dan Gratis Di Surabaya Yang Wajib Kamu Kunjungi)

5. Jatim Park 2

Jatim Park 2 - Rekomendasi Wisata Batu Paling Favorit Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Rekomendasi terakhir dari wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi adalah Jatim Park 2.

Destinasi wisata ini berlokasi di Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65315.

Jatim Park 2 dibangun dengan konsep edukasi untuk belajar ilmu alam, biologi hingga pembelajaran satwa.

Tidak hanya itu, Jatim Park 2 juga memiliki tiga jenis wisata, diantaranya Secret Zoo, Museum Satwa dan Hotel Pohon Inn.

Untuk Museum Satwa sendiri berisikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil binatang purba yang didatangkan langsung dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, ada pula Secret Zoo atau yang lebih dikenal dengan Batu Secret Zoo yang menyajikan konsep kebun binatang modern dengan berbagai macam satwa dari belahan dunia.

Batu Secret Zoo memberikan tema yang berbeda untuk setiap lokasi penempatan satwa.

Mulai dari Savana, Fantasy Land, Kampung Afrika, Feeding Birds dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Secret Zoo berhasil meraih penghargaan “Best Winner Traveler Choice 2014”.

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000 untuk weekday dan Rp130.000 untuk weekend.

Kemudian, kamu juga bisa berkunjung ke Jatim Park 2 setiap hari Senin – Minggu pukul 08.30 WIB – 16.30 WIB.

Nah, enam rekomendasi wisata Batu paling favorit wajib dikunjungi para pelancong sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, sudah tahu kan destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi? Jangan lupa dibuat daftarnya, ya.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan dan melindungi diri kamu sebaik mungkin selama perjalanan dengan asuransi perjalanan. Jika kamu belum punya, tak perlu khawatir.

Karena kamu bisa langsung membandingkan dan mengajukannya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani