Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Rekrutmen CPNS 2018 Dibuka Bulan Juli, Ini Posisi Yang Dicari!

by Gito on 31 Mei, 2018

Kabar gembira bagi Anda para pencari kerja. Pada bulan Juli tahun 2018 pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN) bakal menggelar rekrutmen untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis.

wawancara kerja - CekAja.com

Mengutip situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan. Hal itu dilakukan guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Spesialisasi keahlian dianggap penting mengingat perencanaan dan usulan aparatur sipil negara (ASN) baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita.

Ragam strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional. Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

(Baca juga: Ini Tempat Penukaran Uang di Jabodetabek untuk Lebaran)

Sebagai catatan, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Nasional sudah mencapai lebih dari 4,3 juta orang, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38%.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur sempat mengatakan bahwa Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

(Baca juga: Akhirnya Indonesia Kuasai Freeport, Apa Saja Keuntungannya?)

Kebutuhan CPNS 2018

Pemerintah menyatakan, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas.

Untuk itu, dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS harus berdasarkan 6 (enam) prinsip yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya.

(Baca juga: Manfaat dan Cara Mengajukan Pinjaman Online untuk Lebaran)

Forum Konsultasi dan Validasi Usulan Kebutuhan PNS ini bertujuan untuk memastikan bahwa usulan Kebutuhan PNS pada Kementerian/Lembaga tahun 2018 sudah sesuai dengan arah pembangunan nasional dan kebutuhan organisasi sehingga tidak terjadi mismatch.

Hingga saat ini Kementerian PAN-RB masih menyusun formasi yang sesuai untuk kebutuhan CPNS 2018. Jumlahnya sendiri sudah diajukan ke Kementerian Keuangan (kemenkeu). Namun berdasarkan data, jumlah pensiunan PNS pada tahun ini bakal mencapai angka 250 ribu orang.

Jumlah tersebut terbagi atas 38 ribu orang  pegawai pemerintah pusat dan sisanya merupakan pegawai di daerah. Kementerian PAN-RB sendiri memproyeksikan bahwa jumlah pendaftar akan mencapai 60% hingga 70% dari total jumlah PNS pensiun.

(Baca juga: Mengenal Cedera Bahu Mohamed Salah dan Berbagai Penyebabnya)

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.