Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Rencana Pindah Rumah di Tahun 2017? Gunakan Trik Ini agar Efektif dan Efisien

by Ariesta on 8 Januari, 2017

pindahan rumah murah - CekAja.com

Selamat untukmu kalau di awal tahun ini kamu akan pindah dari kontrakan ke rumah sendiri. Atau akhirnya bisa beli rumah  setelah lama menumpang di rumah mertua.

Jika tidak direncanakan dengan benar, pindah rumah bisa menguras waktu dan tenaga. Apalagi kalau semua hal hanya dilakukan akhir pekan. Supaya lebih efektif dan efisien, lakukan trik ini.

Bandingkan tarif jasa pindahan

foto: realestate.com

Sekarang ini sudah banyak jasa pindahan yang bisa dipesan online seperti Go-box dan Deliveree. Sehingga kalau kamu tidak punya kendaraan dan tidak dibantu banyak orang, jasa ini sangat membantu. Untuk menghemat biaya pindahan, jangan malas untuk membandingkan harga. (Baca juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas)

Buat daftar barang-barang

Tentunya kamu harus membuat daftar barang-barang supaya tidak bingung saat membukanya di rumah baru. Mulailah dari kamar tidur, kemudian pindah ke dapur, dan begitu seterusnya. Kemasi barang-barang berharga lebih awal karena memerlukan pengamanan ekstra. Jangan lupa mengosongkan lemari, laci, dan tempat penyimpanan besar lainnya agar mudah saat digotong.

Pakai trik berkemas

Kamu bisa memanfaatkan kaus kaki bersih sebagai tempat penyimpanan barang pecah belah kecil. Kaus kaki juga berguna sebagai bantalan agar barang pecah belah aman. Untuk barang-barang rawan retak atau pacah, tambahkan kapas di antara bedak, eyeshadow, blush on, dan kosmetik lainnya.

Trik berkemas lainnya bisa kamu lihat di gambar berikut:

Menghilangan es di kulkas

foto: Pinterest

Selain memudahkan pindahan, tapi hal ini juga menjaga agar kulkasmu tidak rusak.

Mengemas pakaian tanpa melipat

foto: Thewickerhouse

Kalau kamu malas melipat, cara ini di atas cukup efektif dan efisien. Selain itu pakaian juga jadi tidak mudah kusut.

Mengemas barang pecah belah dan pakaian dalam satu wadah

foto: makezine
foto: makezine

Mengapa dalam satu tempat? Karena dapat menghemat wadah. Risiko pada barang pecah belah karena benturan dan getaran akan berkurang karena ada pakaian sebagai bantalan.

Kemas piring secara vertikal

foto: apartementherapy
foto: apartementherapy

Meletakkan piring secara vertikal dapat meminimalisir retakan. Tapi sebelumnya lapisi dulu piring dengan kain, koran, atau bubble wrap.

Titipkan anak dan hewan peliharaan

foto: realestate.com
foto: realestate.com

Untuk kamu yang sudah punya buah hati atau hewan peliharaan, pastikan kamu memikirkan mereka. Kalau anak masih terlalu kecil, titipkan sementara pada mertua sampai kamu selesai beres-beres. Begitu juga dengan hewan peliharaan sudah tidak menghalangi proses pindahan. (Baca juga: Tiga Cara Mengubah Rasa Marah Menjadi Berkah Kekayaan)

Pakai jasa bersih-bersih

Setelah urusan mengepak barang, memindahkan barang, dan meletakkan barang di rumah baru selesai. Hal melelahkan selanjutnya adalah bersih-bersih. Sama dengan jasa pindahan rumah, sekarang ini juga sudah ada jas-jasa bersih yang bisa kamu sewa perjam dengan harga cukup terjangkau.

Tapi tentu akan jauh lebih hemat kalau meminta bantuan keluarga atau teman. Setelah selesai, siapkan kue dan penganan enak lainnya untuk membalas jasa mereka.

Dapatkan Kredit Pemilikan Rumah bunga ringan dan cicilan menarik. Ajukan KPR secara online di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami