Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Resmi Beroperasi, Ini Rute dan Harga Tiket Kereta Bandara Baru Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu

by Gentur Putro Jati on 8 Mei, 2019

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mulai mengoperasikan kereta yang akan memudahkan penumpangnya bepergian melalui Bandara Internasional Yogyakarta sejak awal pekan ini.

Pengoperasian kereta bandara tersebut bertepatan dengan penerbangan perdana maskapai Citilink di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) pada 6 Mei 2019.

Seperti diketahui, Bandara Internasional Yogyakarta akan menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang memiliki kapasitas lebih besar.

“Angkutan kereta bandara ini kami sediakan agar masyarakat bisa menggunakannya sebagai moda transportasi terintegrasi, sehingga perjalanan lebih nyaman dan tepat waktu,” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

(Baca juga: Ini Cara Batalkan atau Ubah Jadwal Tiket Kereta Api Mudik)

Nah buat kamu yang sering bepergian ke Yogyakarta dengan moda angkutan udara, tidak ada salahnya memperhatikan jadwal keberangkatan kereta Bandara. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan jadwal kedatangan atau keberangkatan pesawat kamu nanti.

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan

Sebagai informasi, PT KAI menyediakan kereta Bandara Internasional Yogyakarta dengan yang mengantarkan penumpang dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo pp.

Kereta ini melintasi 2 stasiun pemberhentian yaitu Yogyakarta dan Wates. Jarak tempuh sejauh 49,1 km bisa ditempuh dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit.

Sesampainya di Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan Bus Damri menuju Bandara Internasional Yogyakarta dengan jarak 6 km, yang  bisa ditempuh dalam waktu 10 hingga 12 menit.

Jadwal perjalanan kereta Bandara Internasional Yogyakarta adalah sbb:

Sementara untuk rute sebaliknya, jadwal keberangkatannya adalah sebagai berikut:

Perlu diketahui, bahwa jadwal dari kereta bandara ini masih dapat bertambah dengan menyesuikan jadwal penerbangan yang ada di Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain itu, rute ini merupakan rute sementara sambil menunggu pembangunan jalur kereta dari Stasiun Kedundang menuju Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta selesai. Jika sudah selesai, nantinya penumpang dapat langsung turun di bandara, tanpa perlu berpindah moda.

Tarif Kereta Bandara

Untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta tersebut, PT KAI memberikan diskon sebesar Rp15.000 untuk keberangkatan tanggal 6-9 Mei 2019. Sesudah masa promo adapun tarif kereta bandara sama dengan tarif kereta Solo Ekspress yaitu:

  1. Rp30.000 untuk 0-66 km
  2. Rp40.000 untuk jarak lebih dari 66 km.

Sedangkan untuk tarif Bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Perum Damri masih menggratiskannya hingga 12 Mei 2019. Lalu setelahnya akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000.

Edi Sukmoro menambahkan, sarana kereta bandara menggunakan rangkaian KRDE dengan kapasitas 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri, sehingga totalnya adalah 396 penumpang dalam satu rangkaian kereta.

“Dalam satu hari, kereta itu mampu mengangkut 792 penumpang dengan asumsi melayani dua kali penerbangan Citilink. Di dalam kereta, penumpang akan dimanjakan dengan penyejuk ruangan (AC), televisi, toilet, ruang penyimpanan koper dan barang, serta USB Port untuk mengisi daya smartphone,” katanya.

(Baca juga: Kementerian BUMN Ulang Tahun, KAI Gratiskan Tiket 28 Kereta Api!)

Untuk menunjang kenyamanan penumpang kereta bandara, PT KAI telah memperbaiki ruang tunggu penumpang di keempat stasiun yang dilalui. Perseroan menyediakan area dan kursi tunggu yang nyaman, toilet standar bintang lima, Televisi, Charging Corner, Pendingin Ruangan, dan fasilitas penunjang lainnya.

Bagaimana? Penasaran kan untuk menjajal kereta Bandara Internasional Yogyakarta yang baru? Namun sebelum kamu bepergian, tidak ada salahnya melindungi diri dan keluarga tercinta dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih dan dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum