Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Resmi Meluncur, LinkAja, Beres Tanpa Cash!

by Gito on 1 Juli, 2019

Setelah lama tertunda, pemerintah akhirnya secara resmi meluncurkan platform pembayaran digital, LinkAja. Melalui PT Fintek Karya Nusantara, LinkAja diharapkan dapat menjadi alat pembayaran elektronik yang mampu memenuhi kebutuhan transaksi digital masyarakat luas.

Hadirnya LinkAja membuktikan bahwa “kue” di dalam bisnis pembayaran digital masih sangat besar. Bahkan hasil riset dari Morgan Stanley menggambarkan bahwa pada tahun 2027, jumlah transaksi melalui pembayaran digital bisa mencapai 50 miliar USD.

Secara riil, nilai transaksi pembayaran digital di Indonesia juga terus meningkat. Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2018 nilai transaksi yang elektrnik mampu menyentuh angka Rp47,19 triliun. Bandingkan dengan nilai transaksi di tauhn sebelumnya yang hanya mencapai Rp12,37 triliun.

Dalam riset itu juga disebutkan dari sekitar 1.500-an responden, 20 persen diantaranya memilih menggunakan layanan pembayaran digital dari perusahaan teknologi finansial (fintech) dengan rata-rata nilai transaksi mencapapi Rp600 ribu untuk setiap bulannya.

(Baca juga: Tips Aman Meminjam Uang di Era Kemudahan Digital)

Nah, sayangnya dengan market sebesar itu, kompetisi bisnis di dompet digital hanya dikuasai oleh swasta. Saat ini ada 3 “pemain” besar yang sudah malang melintang bisnis dompet dan pembayaran digital, yakni Go-Pay, OVO dan DANA.

Mininya persaingan dan besarnya potensi keuntungan yang bisa dimanfaatkan menjadi salah satu alasan para BUMN untuk mengembangkan layanan dompet digital. Namun LinkAja sejatinya bukanlah produk baru, sebelumnya layanan ini dikenal dengan nama TCash. Kala itu yang menjadi pemilik TCash adalah PT Telkomsel, entitas usaha dari PT Telkom (Persero) Tbk.

Masuknya ke-7 BUMN itu akhinya menjadikan wajah TCash berubah dan akhirnya bertransformasi menjadi LinkAja. Jika sebelumnya hanya Telkomsel yang berada di kursi pemegang saham.

Di LinkAja porsi kepemilikannya dibagi menjadi 7, yakni Telkomsel 25 persen, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 20 persen, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk 20 persen, PT Bank Negara Indonesia 20 persen, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk 7 persen, PT Pertamina (Persero) 7 persen dan 1 persen tersisa dikempit oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

(Baca juga: Berbagai e-Wallet alias Dompet Digital yang Sedang Tren di Indonesia)
Kecanggihan LinkAja

Membincang bisnis dompet digital, kamu pasti pernah menggunakannya entah itu untuk membayar tiket perjalanan, atau yang paling umum adalah untuk membayar ongkos transportasi ojek daring.

Dengan jargon “beres tanpa cash”, LinkAja tampaknya bakal banyak melayani transaksi keuangan nasabah via elektronik. Pasalnya selain untuk alat pembayaran untuk berbagai transaksi digital seperti e-commerce ataupun pembayaran pulsa, token dan barang sejenis lainnya, LinkAja digadang-gadang juga bakal melayani pembayaran tol.

Kamu nanti cukup menaruh stiker QR code di mobil untuk kemudian dibaca secara digital di setiap gerbang masuk tol. Saat ini LinkAja tengah dalam tahap pembicaraan dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola jalan tol terbesar di Indonesia untuk kemudian menentukan bentuk yang disepakati untuk memudahkan masyarakat bertransaksi di jalan tol.

Selain itu, LinkAja juga berencana masuk ke ranah pembayaran tiket moda transportasi seperti kereta api, pesawat, asuransi hingga pajak.

Dengan dominasi perusahaan keuangan yang duduk sebagai pemegang sajam LinkAja, menjadikan nasabah LinkAja juga dapat melakukan tarik tunai melalui di jaringan ATM Link dengan aplikasi canggih ini. Pun jika kamu tidak memiliki rekening, kamu juga bisa menarik saldo kamu di ATM.

Kedepannya, LinkAja juga bakal memudahkan pelanggannya untuk melakukan top-up saldo tanpa menggunakan ATM. Sepanjang kamu memiliki rekening di bank dan memiliki kartu ATM, kamu bisa mengisi saldo LinkAja kamu tanpa harus repot datang ke ATM.

(Baca juga: E-Money Mudahkan Hidupmu! Mana Saja yang Terfavorit?)

Seru bukan? Sepertinya dengan fitur tersebut bisa membuat costumer experient yang sempurna. Kamu mau coba menggunakannya? Tinggal unduh di aplikasi playstore dan dapatkan kemudahannya.

Jangan juga lupa, kalau kamu membutuhkan dana tunai ekstra yang cepat, kamu bisa langsung akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok untuk kamu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami