Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Resolusi Finansial Kamu Punya Rumah Tahun Depan? Ini Hal yang Perlu Dilakukan

by Ariesta on 9 Desember, 2016

tips kredit rumah untuk wiraswasta _ KPR - CekAja.com

Pasti kamu sering mendengar saran waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah saat ini. Tapi bagaimana jika kondisi finansial belum siap? Jawabannya adalah tidak usah dipaksakan. Karena jika memaksakan diri malah membuat kondisi finansialmu tidak sehat.

Yang salah adalah menunda punya rumah di saat sebenarnya sudah mampu. Kalau memiliki rumah menjadi salah satu resolusi finansialmu di tahun depan, pantaskan diri dengan strategi berikut,

Daripada resepsi mewah lebih baik uangnya untuk DP rumah

Ini berlaku untuk kamu yang hendak menikah tahun depan. Kalau setelah menikah kamu ingin langsung menempati rumah sendiri, bukan tinggal di komplek Mertua Indah, berarti kamu harus mulai menabung untuk DP rumah mulai sekarang.

Ini artinya tidak perlu resepsi mewah. Kalau budget pernikahanmu Rp100 juta, coba pangkas setengahnya. Dengan Rp50 juta, kamu bisa membayar DP sebanyak 20 persen dari rumah seharga 250 juta. Semakin besar DP yang kamu bayar, semakin ringan pula cicilanmu. (Baca juga: Kalau Kamu Dapat Bonus Akhir Tahun, Ini Cara Bijak untuk Memanfaatkannya) 

Tunda rencana liburan dengan budget besar

Menjelang akhir tahun, maskapai seperti berlomba-lomba menawarkan tiket pesawat dengan harga miring. Kalau targetmu adalah untuk beli rumah tahun depan, tutup mata dari semua godaan tiket pesawat murah.

Liburan akhir tahun bisa tetap dilakukan kok. Kalau ke luar negeri bisa lebih murah daripada ke Bali kenapa tidak? Masalahnya orang Indonesia seringkali kalap belanja di negara tujuan. Kalau kamu tipe yang seperti ini, lebih baik liburan ke tempat yang dekat-dekat saja. 

Kurang-kurangin belanja online

Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas 2016, sale akhir tahun, sale tahun baru, Christmas sale, apapun istilahnya, kamu tidak boleh terbujuk rayuannya. Menjelang akhir tahun, diskon-diskon memang banyak bertebaran baik itu di mal maupun online.

Kalau selama ini budget untuk belanja online lebih mahal daripada budget untuk makan, segera stop kebiasaan ini demi rumah idamanmu dengan pasangan. Siap?

Pajang foto rumah idaman untuk memberi motivasi

Inginnya punya rumah dua lantai, minimal tipe 45, dan letaknya strategis? Wah, kalau keinginan kamu seperti ini, berarti uang muka yang dikumpulkan harus semakin besar. Kalau cuma modal DP 10 persen saja sih memangnya kamu siap membayar cicilan besar selama 10 tahun?

Supaya tidak ‘kendor’ dalam menabung, pasang foto rumah impianmu di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Misalnya di depan komputer (supaya kamu makin giat bekerja bukannya belanja online), sebagai display ponsel maupun komputer, di kamar, bahkan di kamar mandi. (Baca juga: Cantiknya Rumah Gaya Jepang yang Bisa jadi Inspirasi Membangun Hunian)

Jangan kebanyakan nongkrong

Seberapa sering kamu nongkrong dalam seminggu? Cuma sekali atau dua kali? Mungkin ngopi-ngopi di kafe hanya sekali dua kali dalam seminggu. Tapi bagaimana dengan pengeluaran untuk nonton bioskop, ngemil, makan di akhir pekan dengan pasangan, dan jajan-jajan lainnya. Terkesan sepele, tapi mungkin bisa mencapai setengah dari gajimu!

Kalau pengeluaran ini bisa kamu pangkas hingga 70 persen, dalam setahun mungkin kamu bisa mengumpulkan hingga belasan juta. Apalagi kalau kemudian uang tersebut diinvestasikan. Yang jelas, punya rumah sendiri di tahun depan bukan mustahil untuk dicapai!

Tentang Penulis