Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Resolusi Tahun Baru yang Bisa Membuat Karirmu Melesat

by Surtan Siahaan on 8 Januari, 2016

Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi. Dan, sebagai buntutnya, sebuah resolusi harus dituliskan agar orang bisa menjadi semakin berkembang. Salah satu resolusi yang sering dibuat tiap tahun adalah soal karir.

Namun, banyak orang kesulitan untuk merumuskan apa hal yang harus dilakukan agar ada gerbakan positif dalam karir mereka. Untuk memudahkan kamu membuat resolusi, berikut ini 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan karir:

1. Menjadi lebih terorganisir

Punya kesadaran untuk mulai mengerjakan sesuatu dengan lebih terorganisir merupakan awal yang luar biasa. Tapi ingat, menjaga kontinuitasnya adalah sesuatu yang sulit. Agar lebih mudah menjalankannya, pilih satu atau dua bidang di mana kamu ingin lebih terorganisir.

Jadi, kamu bisa lebih fokus untuk melakukannya sepanjang tahun. Di sini peran kalender dan gadget kamu sangat penting. Jangan hanya andalkan memori untuk mengingat jadwal rapat, temu klien dan hal-hal penting lainnya.

Beri catatan pada kalender. Manfaatkan gadgetmu untuk melihat sejauh mana kamu efektif dalam bekerja. Contohnya seperti berapa lama waktu untuk membuka dan membalas email atau mengerjakan laporan. Dari sini kamu bisa tahu sebera efektif dirimu saat bekerja.

(Baca juga: 5 Kerugian yang Kamu Dapat Jika Tidak Memiliki Pendidikan Tinggi)

2. Kembangkan kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting di dunia profesional. Tanpa komunikasi yang baik, sudah pasti kamu akan kesulitan mengembangkan hubungan profesional baik dengan rekan kerja, atasan bahkan klien.

Menjadi komunikator yang baik adalah resolusi karir yang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi profesional, ikuti sejumlah kursus atau pelatihan. Jika tidak memiliki cukup waktu, kamu bisa memulainya dengan membaca sejumlah buku referensi tentang komunikasi.

3. Lanjutkan kuliah

Jangan sampai penyesalan timbul belakangan. Sebab, banyak pekerja profesional yang menyesal karena terlalu terlambat melanjutkan pendidikan hingga level tinggi. Karir mereka pun akhirnya mentok karena banyak perusahaan menggunakan jenjang pendidikan sebagai syarat kenaikan jabatan.

Nah, mumpung masih awal tahun, segera cari kampus terbaik yang menyediakan kelas untuk pekerja profesional. Pilih jurusan yang menjadi minat dan dapat meningkatkan karir. Cari tahu juga informasi di lingkungan kerjamu. Siapa tahu, ada beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk membiayai kuliah.

4. Perbaiki hubungan dengan bos

Jika ada hubungan yang harus kamu jaga dengan fokus, itu adalah hubungan dengan atasan. Alasannya karena mereka, para atasan, yang memegang nasibmu dalam pekerjaan. Lantas bagaimana caranya hubungan dengan atasan bisa terjaga dengan baik? Semua itu bergantung pada caramu melakukan komunikasi.

Cari cara agar atasan selalu mengetahui progres kerjamu. Jika perlu, minta mereka memberi masukan agar kamu dapat meningkatan kinerjamu.

5. Kooperatif dengan rekan kerja

Ada beberapa perusahaan yang memasukkan penilaian rekan kerja sebagai faktor kenaikan jabatan. Jika kamu dinilai sulit diajak bekerja sama, misalnya, maka atasan akan mempertimbangkan ulang rencana kenaikan jabatan.

Memang tidak selalu mudah menjaga hubungan denan sesama rekan kerja. Akan sangat mungkin terjadi friksi. Ini semua kembali pada seberapa efektif caramu melakukan komunikasi. Berusahalah lebih keras agar pekerjaan di dalam tim kamu lebih ringan. Jika perlu, tawarkan bantuan pada rekan kerja yang membutuhkan.

(Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Masih Miskin di Usia 30)

6. Bangun jaringan profesional

Relasi adalah hal penting dalam dunia profesional. Jika kamu seorang pegawai yang ingin punya lompatan karir dan gaji, kamu harus membangun relasi di komunitas profesional seluas- luasnya. Datangi forum-forum tatap muka. Gunakan juga sosial media seperti LinkedIn agar jaringanmu bisa lebih luas.

7. Ganti pekerjaan

Jika kamu merasa tidak bahagia di dalam pekerjaanmu coba dulu jawab dua pertanyaan ini: sebenarnya apa yang membuat kamu tidak bahagia dalam pekerjaan? Dan apa yang ingin kamu cari dalam karir? Jika sudah menemukan jawabannya, mungkin saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk berganti pekerjaan. Soalnya, banyak perusahaan melakukan rekrutmen pada awal tahun. Tapi ingat, jangan pernah berhenti bekerja sebelum kamu mendapatkan penggantinya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami