7 Restoran Indonesia yang Tutup Di Tahun 2020 Akibat Pandemi Corona

Selama satu tahun belakangan ini, tepatnya selama pandemi corona sudah terjadi banyak sekali perubahan, salah satunya yaitu ada beberapa restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020. Bisa dibilang, ini merupakan imbas dari pandemi corona yang menimpa para pebisnis.

Bagi para pengusaha baru, mungkin bisa hal tersebut sedikit banyak bisa dimaklumi. Namun bagi pengusaha lama yang restorannya sudah terkenal dan memiliki banyak cabang dimana-mana, mungkin sangat terpukul dengan timbulnya dampak tersebut.

Salah satu faktor yang umumnya menimpa para pengusaha, dan membuatnya harus menutup restoran yaitu faktor ekonomi, atau finansial perusahaan.

Di mana, tingkat penjualan menurun akibat daya beli masyarakat dan kegiatan transaksi jual beli menurun.

Hal itu kemudian berdampak pada menurunnya omzet. Restoran pun tidak mendapat cukup uang untuk membayar para pegawainya, hingga akhirnya terpaksa harus menutup restorannya dan berpisah dengan para konsumen loyalnya.

Bisa dibilang, itu merupakan jalan terakhir dan jalan paling buruk yang harus diambil para pengusaha, karena tidak bisa lagi menyelamatkan restorannya.

Dan ternyata, selama pandemi corona berlangsung selama satu tahun belakangan ini, sudah ada banyak restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020.

Buat kamu yang ingin tahu apa saja daftar restoran tersebut, pada artikel kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Restoran Indonesia yang Tutup Di Tahun 2020

Pada dasarnya, restoran yang tutup di tahun 2020 ada sangat banyak, baik di Indonesia maupun negara lainnya yang juga terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Namun untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa restoran yang tutup di tahun 2020, sebagai akibat dari dampak pandemi corona yang hingga saat ini belum juga usai.

Daripada penasaran dan menebak-nebak apa saja restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020 tersebut, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. McDonald’s Sarinah

Restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020 pertama, yaitu McDonald’s Sarinah. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah seharusnya tahu, mengenai tutupnya McDonald’s Sarinah ini.

Sebab, penutupan gerai McDonald’s Sarinah yang dilakukan pada 10 Mei 2020 tersebut bisa dibilang sangat viral, dan membuatnya masuk di beberapa berita, infotainment bahkan media sosial.

Namun dibalik keviralannya, gerai pertama McDonald’s di Indonesia ini ternyata harus ditutup atas permintaan manajemen gedung Sarinah.

Melalui surat resmi yang diterima pihak McDonald’s, manajemen gedung Sarina mengatakan kalau akan melakukan renovasi dan mengubah strategi bisnis bangunan milik pemerintah tersebut.

Oleh sebab itu, McDonald’s yang sudah beroperasi sejak 1991 itu pun terpaksa harus ditutup. Berita terkait penutupannya pun cukup mengagetkan warga Jakarta, khususnya yang sering menjadi McDonald’s Sarinah sebagai tempat untuk makan dan nongkrong.

Karena hal itu, di hari penutupannya, gerai McDonald’s Sarinah dipenuhi kerumunan warga penggemar McDonald’s, yang seolah membuat acara perpisahan meski di tengah pandemi.

Nah aktivitas itulah, yang sejatinya juga membuat berita ditutupnya McDonald’s Sarinah viral, dan menjadi perbincangan dimana-mana saat itu.

(Baca Juga: 5 Cara Restoran Pertahankan Bisnisnya)

2. McDonald’s Kuta

Selain McDonald’s Sarinah, McDonald’s Kuta juga menjadi salah satu restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020.

Penyebab dari tutupnya gerai yang satu ini tentunya bukan masalah finansial restoran, melainkan karena instruksi yang diberikan dari McD pusat, yang mengharuskan gerai McDonald’s ini ditutup.

Buat kamu yang belum tahu, McDonald’s yang sangat ikonik di Bali ini resmi ditutup pada 29 September 2020, setelah 20 tahun lamanya berdiri di lokasi paling strategis di Bali, yaitu di kawasan pantai Kuta.

McDonald’s Kuta ini tidak jauh berbeda dengan McDonald’s Sarinah, karena menjadi tempat berkunjung masyarakat Bali, serta para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Ditutupnya McDonald’s Kuta ini, juga membuat orang-orang yang memiliki kenangan dengan McDonald’s Kuta Beach ikut memberikan ucapan selamat tinggal, sebagai bentuk kasih sayang terakhir kepada restoran legendaris ini.

3. Lotteria

Siapa di antara kamu yang tidak tahu Lotteria? Sebagai salah satu restoran cepat saji yang menjual menu makanan dan minuman Korea, Lotteria ternyata juga masuk ke dalam daftar restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020.

Pasalnya, per tanggal 29 Juni 2020, Lotteria secara resmi menutup semua gerainya di Indonesia secara permanen.

Dengan begitu, para penggemar Lotteria dan pecinta makanan Korea, tidak bisa lagi menikmati hidangan khas Korea di semua gerai restoran yang sudah berdiri selama 9 tahun ini.

Berita terkait penutupan semua gerai Lotteria di Indonesia pun, diinformasikan langsung oleh pihak manajemen restoran dalam unggahan Instagram.

4. Rindu Alam 1

Selain tiga restoran di atas, Rindu Alam 1 juga menjadi restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020.

Ini mungkin berita duka bagi para konsumen loyal Rindu Alam, karena sudah tidak bisa lagi menikmati hidangan rindu alam sambal menikmati suasana sejuk Puncak.

Seperti yang diketahui, pada 2013 Rindu Alam 2 sudah resmi tutup lebih dulu. Sehingga, sejak saat itu Rindu Alam 1 menjadi andalan para penggemar hidangan Rindu Alam.

Namun sayangnya setelah berjalan 40 tahun, Rindu Alam harus menutup gerainya yang sudah melekat dengan puncak pada 20 Januari 2020, karena perpanjangan izin bangunan yang sudah habis dan harus ditutup secara resmi oleh Pemprov Jawa Barat.

Meski kedua cabang Rindu Alam tersebut sudah resmi ditutup, namun Vindi Alifiansyah, penerus generasi ketiga restoran legendaris ini menekankan, kalau Rindu Alam Taman yang sepenuhnya milik keluarga H.D.S Mangkuto ini masih tetap beroperasi seperti sedia kala.

5. KFC

Sebagian dari kamu mungkin terkejut, kalau tahu beberapa gerai KFC terpaksa harus ditutup akibat dari dampak pandemi virus corona.

Seperti yang dilansir dari money.kompas.com, KFC merupakan salah satu restoran yang terdampak virus corona paling parah, karena mengalami kerugian sekitar Rp283,2 miliar hingga 30 September 2020.

Dari besarnya kerugian tersebut, maka pengelola jaringan restoran cepat saji KFC di Indonesia, yaitu PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) menulis keterangan, seperti yang dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (16/12), kalau saat ini sudah ada 33 gerai KFC yang tutup sementara waktu karena beberapa faktor.

6. Marche Movenpick

Di urutan keenam ada Marche Movenpick, yang menjadi restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020.

Meski memiliki cabang yang berdiri di Indonesia, namun sejatinya ini merupakan restoran yang berasal dari Singapura.

Menyajikan hidangan makanan Eropa dengan gaya masakan campuran Swiss dan Jerman, restoran yang sudah beroperasi selama 11 tahun ini berhasil memikat hati para konsumennya, dan membuatnya sangat loyal.

Hanya saja, pada 30 September 2020, Marche Movenpick terpaksa harus menutup seluruh cabangnya di Indonesia secara permanen.

Kabar mengenai penutupan restoran ini, diumumnya secara langsung melalui Instagram resmi Marche Movenpick.

Di sana, pihak restoran mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan para pelanggannya yang telah setia datang sejak tahun 2009.

7. Wahteg

Restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020, yang terakhir yaitu Wahteg. Siapa di antara kamu yang dulu suka makan di Wahteg? Kini saatnya untuk kamu segera berpisah.

Restoran warung tegal legendaris yang mengusung konsep modern ini, terpaksa harus tutup secara permanen di tengah pandemi corona.

Hal tersebut dikarenakan, selama masa pandemi corona, restoran yang berlokasi di Tanjung Duren ini banyak sekali terhimpit cobaan pandemi.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, jalan terakhir yang bisa diambil adalah dengan menutup restoran ini secara permanen, meskipun dengan berat hati.

Pengumuman terkait ditutupnya restoran yang sudah beroperasi sejak 2018 ini pun, disampaikan langsung oleh pihak manajemen Wahteg melalui akun Instagram resmi restoran.

Di dalam postingan tersebut juga terselip harapan, kalau pihak Wahteg berharap bisa berjumpa lagi dengan para pelanggannya di lain kesempatan.

(Baca Juga: Industri yang Bakal Tumbang Jika Corona Berkepanjangan)

Nah itulah tujuh restoran Indonesia yang tutup di tahun 2020. Seperti yang diketahui, hampir semua restoran tersebut tutup akibat dampak dari pandemi virus corona yang tak kunjung usai.

Dampak yang terjadi tersebut, tentunya menimpa dan mengganggu kondisi finansial restoran, hingga akhirnya restoran pun tidak bisa lagi “survive”, bahkan untuk menggaji karyawannya sekalipun.

Melihat kondisi tersebut, rasanya sangat penting untuk kamu memiliki dana darurat. Yang mana, dana darurat sendiri bisa digunakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan darurat yang harus dibayarkan, seperti misalnya menggaji karyawan, dan lain sebagainya.

Apabila kamu memiliki restoran dan masih bertahan hingga saat ini, namun tidak memiliki dana darurat, maka sebaiknya kamu mulai persiapkan sejak saat ini.

Kamu tidak perlu bingung mendapatkan dana darurat dari mana, sebab kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai secara online melalui CekAja.com.

Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Apalagi proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!