Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

RI Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Ini 5 Fakta Menariknya

by Sindhi Aderianti on 25 Oktober, 2019

Ibu Pertiwi kembali mencatat sejarah dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia berhasil terpilih usai mengalahkan negara lain seperti Peru melalui proses voting. Adapun Brazil, menyatakan mundur dari bursa pencalonan. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha mengungkapkan kabar bahagia tersebut melalui unggahan di akun Instagram personalnya.

Stadion Sepak Bola

FIFA (Federation International Football Association) menetapkan Indonesia sebagai host Piala Dunia U-20 2021 pada pertemuan Dewan FIFA di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019). Sebelumnya, pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam jumpa pers yang digelar usai meeting besar tersebut.

Meskipun hanya U-20 yang berarti under 20 (tahun), turnamen sepak bola ini tetaplah bukan event ‘ecek-ecek’. Piala Dunia U-20 merupakan ajang junior paling bergengsi. Buktinya dari situ, bintang-bintang lapangan kebanggaan dunia seperti Diego Maradona (Argentina), Zvonimir Boban (Yugoslavia), Anders Iniesta (Spanyol), hingga Lionel Messi (Argentina) terlahir.

Sebelum terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia sudah beberapa kali menggelar kompetisi olahraga berskala Asia dalam dua tahun belakangan. Mulai dari Piala AFC, Asian Games, hingga Asian Paragames. Asian Games sendiri bahkan sempat mencuri perhatian dunia karena segala aspek penyelengaraannya yang dinilai nyaris sempurna.

Di samping itu semua, berikut 5 fakta menarik di balik terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2021 tersebut.

1. Geser rival selain Peru dan Brazil

Ternyata Indonesia tidak hanya berivalkan Peru dan Brazil saja. Negeri ini awalnya harus bersaing melawan empat kandidat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Di antaranya adalah Myanmar, Thailand, Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Namun beruntung, Myanmar dan Thailand mundur terlebih dahulu dan justru mendukung Indonesia pada Agustus 2019. Sementara kongsi tiga negara Timur Tengah menyusul pada 4 September kemudian.

(Baca juga: Kartu Kredit Khusus Penggila Bola, Apa Saja Kelebihannya?)
2. Keyakinan FIFA

Di tengah gonjang-ganjing PSSI beberapa tahun belakangan, rupanya tidak menyurutkan peluang sepak bola Tanah Air untuk tetap unjuk gigi. Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Refrizal, memberitahukan apa yang membuat FIFA yakin kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Keberhasilan ini pastinya tak lepas dari kerjasama antara pihak PSSI dengan pemerintah Indonesia. Menurut FIFA, Indonesia sudah sangat siap dalam menyiapkan stadion pertandingan. Berbagai macam fasilitas sudah mulai dibenahi pula oleh mereka, termasuk bangku stadion yang harus berkonsep single seat.

3. Host Asia ke-7

Indonesia menjadi negara Asia ketujuh yang berhasil lolos sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Melengkapi jajaran elit host sebelumnya yang meliputi Jepang (1979), Arab Saudi (1989), Qatar (1995), Malaysia (1997), Uni Emirat Arab (2003), serta Korea Selatan (2017). Sedangkan Polandia dan Australia diketahui merupakan negara yang paling sering nge-host turnamen bibit-bibit unggul bintang lapangan masa depan tersebut. Dengan menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya setelah Piala Dunia U-20 1979 lalu, artinya Indonesia akan kembali mendapat jatah satu tempat pada turnamen mendatang.

4. Siapkan 10 stadion

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah menyiapkan banyak hal untuk ajang bergengsi kali ini. Termasuk dalam urusan sarana dan prasarana. Untuk menunjang perhelatan akbar tersebut, PSSI telah menyiapkan sepuluh stadion. Arena yang dipilih meliputi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Selain itu, ada juga Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Yogyakarta, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

(Baca juga: Mau Nonton Pertandingan Sepak Bola dengan Nyaman? Cek Kiatnya!)
5. Netizen puji Sekjen PSSI

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tentu membuat sebagian besar pencinta sepak bola Tanah Air berbangga. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha mengungkapkan kabar bahagia tersebut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, dengan tak lupa berterima kasih kepada Presiden Jokowi. Atas torehan prestasi membanggakan ini, netizen ramai memuji perempuan kelahiran 1985 itu. Meski demikian, mereka pun tetap menuntut agar PSSI terus berbenah menuju perbaikan.

Begitulah fakta menarik sehubungan dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Semoga segala persiapan menuju hajatan besar sepak bola tersebut dilancarkan hingga hari H tiba!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.