Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Rincian Biaya ATM Bersama Terbaru 2016

by Satrya Agung on 1 November, 2016

Mengesalkan memang jika disaat butuh uang tunai tapi ATM dari bank yang kita tuju tidak tersedia atau sedang berkendala. Permasalahan seperti ini tak perlu diambil hati apalagi bisa mengubah suasana hati kamu menjadi jengkel.

Karena saat ini banyak tersedia ATM Bersama yang bisa digunakan. ATM Bersama sendiri adalah layanan bagi bank yang memungkinkan pemegang kartu ATM dapat memanfaatkan seluruh terminal ATM di bank yang tergabung di dalamnya.

Kehadiran ATM Bersama memang sangat membantu nasabah. Dengan 79 bank yang sudah terdaftar sebagai anggota (data bukan Juli 2012) dan 40.000 terminal yang tersebar di seluruh Indonesia akan sangat memudahkan transaksi di ATM Kamu.

Cara penggunaannya pun mudah. Kamu tak perlu mendaftarkan diri agar bisa bertransaksi dan biasanya akan dikenakan biaya ATM Bersama saat bertransaksi di sana. Jika Bank di mana Kamu menabung sudah terdaftar sebagai anggota ATM Bersama maka kartu ATM pun dengan otomatis bisa digunakan di terminal ATM Bersama.

Mudahnya, kamu tinggal lihat saja pada kartu ATM, apakah terdapat logo ATM Bersama atau tidak. Jika ada logo ATM Bersama maka kartu tersebut bisa digunakan di ATM Bersama layaknya di terminal bank sendiri.

(Baca juga: 7 Fakta Uang Yang Akan Membuatmu Kesal)

Fitur yang disediakan ATM Bersama tak jauh berbeda dengan ATM bank lainnya. Kamu bisa melakukan penarikan uang tunai, cek saldo, dan transfer antar bank atau pemindahan dana melalui ATM ke berbagai bank.

Untuk transaksi pemindahan dana atau transfer ini akan dibatasi maksimum 10 juta pertransaksi dan dalam satu hari hanya bisa melakukan transfer sebesar 25 juta rupiah. Aplikasi transfer antar bank di jaringan ATM Bersama ini pun berlangsung secara real time.

Atau dengan kata lain, dana yang Kamu kirimkan seketika itu juga bisa digunakan si penerima setelah si pengirim mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi bahwa transaksi berhasil.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

ATM Bersama mempunya keuntungan lain untuk transaksi transfer. Yaitu selain terjadi secara real time, transfer melalui ATM Bersama bisa dilakukan secara triparted atau Kamu sebagai pemegang kartu A dapat melakukan transfer melalui terminal ATM milik Bank B ke rekening lainnya yang ada di Bank C.

Lalu bagaimana jika sekamuinya terjadi masalah saat bertransaksi? Kamu tak perlu panik. ATM Bersama memiliki stkamur layanan dan telah disepakati semua anggotanya. Misal, ketika seorang nasabah mengalami kendala saat bertransaksi pengambilan uang tunai di ATM Bersama, maka ia berhak mengajukan complaint pada bank penerbit kartu.

Jika nasabah tersebut benar maka pihak bank wajib mengganti dana tersebut. Selanjutnya akan diproses claim yang melibatkan pihak-pihak terkait dengan menyediakan bukti transaksi masing-masing.

Kemudian ketika bertransaksi akankah dikenakan biaya ATM Bersama dan berapa? Pertanyaan ini yang sering muncul ketika seorang nasabah akan menggunakan terminal ATM Bersama. Menjawab dari pertanyaan ini pihak ATM Bersama memberi kejelasan bahwa nasabah yang bertransaksi melalui terminal ATM Bersama tidak selalu dikenakan biaya. (Baca juga: Keputusan Finansial Yang Bisa Membuatmu Menyesal Seumur Hidup)

Karena kebijakan ini tergantung pada strategi masing-masing bank penerbit kartu pada nasabahnya. Beberapa bank tidak mengenakan biaya sama sekali kepada nasabah mereka atau gratis. Dan beberapa bank menerapkan biaya kepada nasabahnya, nilai biaya yang dikenakan pada nasabah maksimal, tarik tunai Rp. 7.500, transfer Rp. 6.500, dan cek saldo Rp. 4.000.

Di luar itu semua nasabah tidak akan dibebankan lagi biaya ATM Bersama seperti biaya administrasi bulanan. Terakhir, marilah bijak dalam mengelola finansial Kamu. Jangan sampai menyesal seumur hidup.

 

 

 

TAG

#biaya atm bersama #biaya tarik tunai atm bersama 2015 #biaya tarik tunai atm bersama 2016 #biaya tarik tunai atm bersama bni #biaya tarik tunai atm bersama mandiri #biaya tarik tunai atm bri #biaya tarik tunai bca di atm bersama #cara tarik tunai di atm bersama #daftar atm bersama

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami