Ini Rincian Kekayaan dan Perjalanan Karir Joe Biden, Presiden AS Terpilih 2020

Penghitungan cepat Pilpres AS baru saja diumumkan, dengan hasil kemenangan untuk Joe Biden. Penasaran dengan tokoh ini? Berikut profil, rincian kekayaan dan perjalanan karir Joe Biden selengkapnya.

Advertisement

Profil Singkat Joe Biden

Joseph Robinette Biden Jr atau yang dikenal dengan Joe Biden adalah seorang politikus Amerika. Biden lahir pada 20 November 1942 di Scanton, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Keluarganya adalah penganut Katolik asal Irlandia, dan sang ayah berprofesi sebagai penjual mobil.

Biden dan keluarga sempat pindah ke Delaware pada tahun 1952, dan di sana Biden bekerja sebagai penjaga pantai di lingkungan tempat tinggal yang mayoritasnya adalah orang-orang kulit hitam.

Tumbuh dengan melihat ketidaksetaraan dan diskriminasi ras secara langsung membuat Biden semakin sadar, dan hal ini menjadi hal pendukung yang memperkuat kepentingan politiknya.

Biden remaja mulai tertarik dengan bidang politik dan hukum. Hal itu ditunjukkannya mana kala Biden mengambil kuliah Jurusan Hukum di University of Delaware untuk tingkat S1.

Kemudian dia melanjutkan S2 di Syracuse University, dalam bidang yang sama.

Pada usia 24 tahun, Biden menikah dengan Neilia Hunter dan dikaruniai tiga orang anak. Sayangnya, 6 tahun kemudian sang istri dan satu orang anaknya tewas dalam kecelakaan mobil.

Biden pun harus merawat kedua anaknya yang lain, yakni Beau dan Hunter. Berselang lima tahun kemudian, Biden menikah kembali dengan Jill Tracy dan dikaruniai seorang putri bernama Ashley.

Jill Tracy adalah seorang istri yang sangat mendukung karir politik Biden. Tracy sendiri lulus S2 dengan gelar Doktor pada bidang pendidikan.

Jadi Senator Muda

Masuknya Biden ke panggung politik diawali pada tahun 1972, saat dia terpilih menjadi senator muda dari Delaware.

Pada tahun 1988, Biden pernah mencalonkan diri menjadi Presiden AS, namun mundur karena terbukti menjiplak pidato pemimpin Partai Buruh Inggris bernama Neil Kinnock.

Anaknya, yakni Beau Biden mengikuti jejak sang ayah untuk berkuliah hukum dan berkarir menjadi Jaksa Agung Delaware. Serta Hunter Biden masuk ke Angkatan Laut AS.

Naas, Beau meninggal pada 2015 karena menderita kanker otak. Sedangkan Hunter harus keluar dari Angkatan Laut AS karena kecanduannya pada alkohol dan kokain.

Di tengah banyaknya tragedi politik dan dinamika kehidupan keluarga, Biden tetap mantap meneruskan karir politiknya.

Selama dua periode, Biden terpilih menjadi Wapres AS mendampingi Barack Obama dari tahun 2008 hingga 2016.

Hingga pada tahun 2020 ini, dirinya kembali mencalonkan diri sebagai Presiden AS bersama Kamala Harris dan akhirnya terpilih.

Biden dan Harris diusung oleh Partai Demokrat, dan akan dilantik pada Januari 2021 mendatang.

Jumlah suara yang didapat melebihi raihan suara dari pesaingnya yang merupakan presiden petahana, yakni Donald Trump.

Menariknya, di usianya yang sebentar lagi menginjak angka 78 tahun, Biden akan menjadi Presiden AS tertua sepanjang sejarah, lho.

Pasca terpilihnya Biden menjadi Presiden AS, makin banyak publik yang penasaran dengan info soal rincian kekayaan dan perjalanan karir Joe Biden.

(Baca Juga: 10 Negara Terkaya di Amerika Selatan, Mampu Bangkit dari Krisis)

Rincian Kekayaan dan Perjalanan Karir Joe Biden

Jika membicarakan soal rincian kekayaan dan perjalanan karir Joe Biden, maka ini akan berkaitan dengan informasi panjang dari seorang jutawan.

Bagaimana tidak, Biden yang sudah memiliki karir di bidang hukum dan politik selama lebih dari 40 tahun tentu memiliki segudang pengalaman dan kesempatan mengumpulkan kekayaan.

Meskipun dalam citra politiknya Biden adalah seorang yang sederhana dengan julukan “Joe Kelas Menengah”, namun tetap saja dia adalah seorang yang sangat kaya.

Berikut ini informasi seputar rincian kekayaan dan perjalanan karir Joe Biden.

Rincian Kekayaan Joe Biden

Kekayaan Joe Biden tidak hanya didapat dari karirnya di kantor publik saja, tetapi juga dari pendapatan penawaran buku, royalti buku yang diterbitkan, serta tur publisitas.

Jangan salah, angka dari pendapatan ini nilainya sangat tinggi. Sebab buku-buku Biden sempat masuk ke daftar buku terlaris.

Terutama buku yang menceritakan kematian Beau yang kemudian mengurungkan niat Biden untuk maju ke Pilpres AS 2016.

Ada juga beberapa buku yang ditulis Biden bersama istrinya. Sehingga pendapatan dari publisitas buku terkumpul sangat banyak.

Menurut dokumen keuangan tahun 2019, tidak kurang dari USD15 juta diterima Biden dan istri dari hasil publisitas buku dan rangkaian turnya.

Biden juga aktif mengisi seminar dan mengajar di kampus-kampus ternama sebagai professor di bidang hukum, dengan bayaran per ceramah antara USD40.000 sampai USD110.000.

Kemudian saat menjabat sebagai Wapres AS, Biden digaji USD230.000 per tahun.

Dilansir dari Majalah Forbes, Biden dan keluarga memiliki dua rumah di Delaware dengan nilai sekitar USD4 juta, simpanan uang tunai dan aset investasi senilai USD4 juta, dan dana pensiun federal lebih dari USD1 juta.

(Baca Juga: 6 Anak Muda Terkaya di Indonesia 2020 Versi CekAja, Tajirnya Bikin Ngiri!)

Perjalanan Karir Joe Biden

Perjalanan karir Biden juga tak kalah panjang dan rumit. Sejak lulus kuliah tahun 1968, Biden bekerja di sebuah firma hukum di Delaware.

Kemudian dia mulai merintis karir politiknya degan masuk ke Partai Demokrat AS.

Di tahun 1970, lelaki dengan tinggi 181 cm ini menjadi anggota dewan New Castle County.

Kemudian setahun kemudian, dia menunjukkan keaktifannya dalam karir hukum dengan membuka firma hukum sendiri.

Pada tahun 1972, Biden yang saat itu berusia sekitar 29 tahun diusung Partai Demokrat untuk menjadi Senator AS. Dengan persaingan ketat bersama kandidat yang lain, Biden mendapat suara terbanyak.

Ini menjadikannya sebagai Senator termuda kelima di AS sepanjang sejarah saat itu.

Karirnya sebagai Senator terhormat diteruskan hingga tahun 2008, sampai dirinya maju ke Pilpres AS 2008 mendampingi Obama sebagai Cawapres.

Pada tahun 1987, Biden juga pernah menjadi anggota parlemen dari Partai Demokrat untuk Washington.

Setahun setelahnya, Biden maju ke pilpres AS 1988 namun mundur karena kasus penjiplakan pidato.

Niat dan keinginannya untuk menjadi Presiden AS tak juga padam. Di tahun 2006, Biden gagal dicalonkan sebagai Capres Partai Demokrat, karena kalah saing dengan Obama.

Maka dari itu, Biden dialihkan menjadi Cawapres mendampingi Obama.

Pada tahun 2016, Biden sebenarnya ingin kembali mencalonkan diri menjadi Capres AS.

Namun, kematian putranya yakni Beau akibat kanker pada 2015 sangat memukul hatinya. Sehingga Biden mengurungkan niat tersebut.

Di tahun 2020, Biden mencalonkan diri lagi menjadi Capres AS dan menggandeng sosok Kamala Harris sebagai Cawapresnya.

Sebagai sosok sederhana, solutif, dan menjunjung kesetaraan, Biden mampu menarik suara masyarakat dan dewan electoral AS dengan kumpulan sekitar 290 suara elektoral.

Dari informasi rincian kekayaan dan perjalanan karir Joe Biden di atas, dapat disimpulkan bahwa Biden memiliki pengaruh besar di AS.

Dengan perjalanan karir yang panjang, ilmu serta kemampuan yang dimiliki, Biden bisa merangkap berbagai profesi dengan raihan pendapatan yang tidak sedikit.

Mulai dari menjadi pengacara, senator muda, anggota dewan dan anggota parlemen, penulis buku, Wapres, hingga sebentar lagi akan resmi menjadi Presiden di Negara Paman Sam.

Produktivitas ini tentu saja didukung dengan kesehatan Biden yang terjaga. Dikabarkan, Biden berolahraga lima kali dalam seminggu untuk menjaga kebugarannya di usia 78 tahun ini.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga perlu melindungi diri dari risiko kesehatan di masa depan. Miliki asuransi kesehatan secara mudah dengan pengajuan online di CekAja.com.

CekAja.com akan memberikan rekomendasi asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan, dengan premi terjangkau.

Segala transaksi dijamin aman, karena CekAja.com terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini saatnya membandingkan dan mengajukan asuransi kesehatan dengan proses yang praktis!

Advertisement