Mengenal Rompi Airbag untuk Pemotor Held eVest, Beserta Cara Kerja dan Harganya

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Rompi airbag untuk pemotor kini sudah dijual untuk melindungimu saat mengendarai sepeda motor. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai cara kerja rompi canggih ini beserta harganya.

Sepeda motor menjadi kendaraan favorit untuk sebagian orang karena dinilai praktis dikendarai, dan mampu menembus kemacetan.

Namun, tingginya risiko terjadinya kecelakaan pada pemotor membuat kamu wajib berhati-hati saat mengendarai kendaraan roda dua ini.

Maka dari itu, mengendarai sepeda motor tentu harus disertai dengan penggunaan safety gear atau alat pelindung.

Hal ini berguna untuk memberi perlindungan ekstra jika sewaktu-waktu kamu terlibat dalam kecelakaan lalu lintas.

Safety gear untuk pemotor akan melindungi bagian-bagian tubuh penting, sehingga kamu dapat terhindar dari luka atau cedera.

Safety gear juga setidaknya mengurangi tingkat keparahan luka maupun cedera tersebut.

Macam Safety Gear untuk Pemotor dan Fungsinya

Ada berbagai macam safety gear yang wajib kamu pakai saat berkendara. Berikut ini penjabarannya beserta fungsi dari masing-masing perlengkapan:

Helm

Helm tentu saja menjadi safety gear nomor satu yang wajib digunakan para pemotor.

Safety gear yang dikenakan di kepala ini berfungsi melindungi kepala dari benturan keras. sebab, kepala adalah bagian yang sangat penting untuk dilindungi.

Helm berkualitas memiliki label SNI yang sudah sesuai dengan standar keamanan untuk pemotor.

Sarung Tangan

Kedua, ada sarung tangan yang berfungsi untuk menjaga tangan tetap kering sehingga stang motor tetap mantap digenggam kapanpun.

Selain itu, sarung tangan juga penting digunakan untuk melindungi tangan dari risiko luka saat terjatuh, dan menjaga tangan terlindungi dari sengatan sinar matahari.

(Baca Juga: 10 Gembok Motor Terbaik Anti Maling, Parkir Dimana Saja Aman!)

Jaket

Siapa bilang jaket pemotor hanya berfungsi untuk melindungi diri dari terpaan angin, sinar matahari, maupun air hujan saat mengendarai motor?

Jaket juga akan melindungimu dari debu dan kotoran, menjaga tubuh tetap hangat, serta melindungimu dari risiko benturan keras.

Sepatu dan Celana Panjang

Jangan salah, safety gear untuk pemotor ini juga tak kalah penting. Sepatu dan celana panjang akan melindungimu dari risiko luka dan cedera saat terjadi kecelakaan serius.

Bagian dengkul, paha, betis, pergelangan kaki dapat terlindungi dengan baik jika kamu mengenakan sepatu dan celana panjang.

Pelindung Tulang Kering

Pelindung tulang kering atau yang juga disebut dengan shin guards adalah safety gear yang dikenakan di bagian dengkul atau siku.

Fungsinya untuk melindungi area tulang kering yang rentan cedera saat terjadi kecelakaan. Alat ini terbuat dari bahan plastik yang keras, namun tetap nyaman digunakan.

Rompi

Sama seperti layaknya jaket untuk pemotor, penggunaan rompi dimaksudkan untuk memberi perlindungan pada bagian dada.

Rompi dengan banyak kantong juga memudahkan penyimpanan barang bawaan pemotor.

Selain beberapa safety gear di atas, kini juga ada rompi airbag untuk pemotor dengan teknologi canggih.

Kali ini, kita akan mengupas tuntas rompi airbag untuk pemotor yang memberikan perlindungan ekstra pada bagian dada.

Mengenal Rompi Airbag untuk Pemotor

Rompi digunakan sebagian pemotor saat berkendara guna melindungi dada dari benturan, serta menghalau terpaan angin pada bagian dada.

Pada Agustus 2020 lalu, dikabarkan bahwa perusahaan asal Jerman bernama Held yang memproduksi perlengkapan untuk pemotor akan menjual produk rompi airbag.

Rompi airbag untuk pemotor bernama Held eVest ini akan memberikan perlindungan ekstra untuk kamu yang merasa bahwa menggunakan jaket saja kurang cukup melindungi.

Rompi airbag adalah rompi tambahan yang dilengkapi dengan kantung udara pelindung yang bisa mengembang saat terjadi benturan keras.

Ada dua model yang bisa kamu pilih dari rompi airbag untuk pemotor produksi Held ini. yakni dalam bentuk rompi dengan resleting, dan rompi dengan clip-in.

Penggunaannya Held eVest cukup mudah. Kamu hanya perlu memasang pada bagian luar atau dalam jaket motor.

Nantinya, ada beberapa tali perekat yang membuat rompi airbag dapat terpasang dengan benar, kencang, namun tetap nyaman digunakan.

Saat menggunakan rompi airbag untuk pemotor ini, pastikan kamu menggunakan jaket dengan ukuran yang sedikit longgar.

Sehingga apabila terjadi kecelakaan yang menimbulkan benturan, airbag atau kantung udara dapat mengembang dengan semestinya.

Jika ditelisik lebih jauh, penggunaan rompi airbag untuk pemotor sangat worth it untuk digunakan saat berkendara jarak jauh atau berkendara di lalu lintas padat yang rawan terjadi kecelakaan.

Kamu bisa menggunakannya saat sedang touring, balap motor, atau berpetualang di medan tak beraspal alias off-road.

Untuk soal kualitas, produk-produk yang dikeluarkan oleh Held dijamin bagus. Held menggunakan material kombinasi plastic dan bahan pelindung yang empuk.

Sehingga sangat nyaman digunakan, namun tidak menghilangkan efektifitas dari nilai perlindungan rompi airbag untuk pemotor ini.

FYI, Held adalah perusahaan teknologi asal Jerman yang memproduksi banyak produk yang didasarkan pada ide inovatif dan keterlibatan teknologi canggih.

Salah satu produk yang dijual adalah barang-barang fashion pelengkap untuk pemotor. Seperti baju balap, rompi motor, sarung tangan, jaket motor, dan lain-lain.

Kualitas produk Held yang bagus terbukti dengan pemasaran produk ke seluruh dunia. Beberapa pebalap profesional juga menggunakan produk dari Held.

Cara Kerja Rompi Airbag untuk Pemotor

Kamu pasti bertanya-tanya soal cara kerja rompi airbag untuk pemotor Held eVest ini. Pada dasarnya, fungsi airbag pada rompi ini hampir sama dengan airbag pada mobil.

Airbag yang berisi udara akan mengembang ketika mendeksi akan adanya potensi benturan. Rompi airbag Held eVest terpasang dengan inflator gas, protector bagian belakang, dan modul airbag.

Jika pemotor terjatuh, sistem dalam modul airbag akan mendeteksi potensi benturan dengan cepat. Yakni hanya dalam waktu kurang dari 60 milidetik.

Seketika, airbag akan mengembang hingga berubah bentuk seolah menjadi pelampung tebal yang melindungi dada.

FYI, inflator gas dan kantung udara harus kamu beli secara terpisah, ya.

Pihak Held sendiri mengklaim produknya dapat menyerap energi benturan, menstabilkan tubuh pemotor, mencegah cedera, dan melindungi dada dengan maksimal.

(Baca Juga: 10 Ban Tubeless Sepeda Motor Terbaik Ini Aman Dipakai Disegala Kondisi)

Berapa Harga Rompi Airbag untuk Pemotor?

Rompi airbag untuk pemotor Held eVest terbuat dari material mesh berkualitas yang empuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi, kamu dijamin enggak akan merasa sesak atau kepanasan saat menggunakannya.

Dengan kombinasi material terbaik dan teknologi canggih, rompi airbag untuk pemotor Held eVest dijual dengan harga Rp5,7 juta.

Walau terkesan mahal, namun nilai itu rasanya pantas dikeluarkan untuk mendapat perlindungan saat berkendara. Agar kamu senantiasa selamat dan aman sampai ke tujuan.

Itulah penjelasan lengkap soal rompi airbag Held eVest. Selain melindungi diri dengan mengenakan safety gear untuk pemotor, kamu juga wajib mengasuransikan kendaraanmu dari berbagai risiko.

Sebab, kendaraan adalah salah satu barang penting yang juga bisa dijadikan aset jika kamu merawatnya dengan baik.

Kini, kamu bisa membandingkan dan mengajukan produk asuransi kendaraan di CekAja.com.

Kami akan membantumu memilih asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan, dengan premi terjangkau dan proses pengajuan yang cepat.

Yuk, bandingkan dan ajukan segera asuransi kendaraan untuk memberi perlindungan ekstra pada motor dan mobil kesayanganmu!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah