Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Rumah Kamu Jadi Langganan Banjir? Catat 4 Tips Berikut

by Rafly Aditia on 16 Desember, 2015

Memasuki musim penghujan, maka hujan dengan debit dan intensitas yang tinggi akan mulai mengguyur sebagian wilayah Indonesia. Masalahnya, terkadang hujan lebat dengan waktu yang lama sering sekali menyebabkan banjir di beberapa wilayah tertentu, contohnya sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Apabila sudah terjadi banjir, maka aktifitas sehari-hari bisa lumpuh bahkan bukan hanya itu, bagi kamu yang tinggal di kawasan rawan banjir harus repot mengurus rumah yang tergenang air. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan 4 cara berikut untuk ketika banjir datang menggenangi rumah kamu;

Manfaatkan kipas angin

Jika rumah kamu terendam banjir dalam waktu yang relatif lama, maka rumah kamu akan berisiko ditumbuhi lumut dan jamur dalam jangka waktu 2 sampai dengan tiga hari. Kalau kamu tidak ingin rumah kamu berjamur dan ditumbuhi lumut yang mengganggu kamu harus segera mengeringkannya.

Tidak butuh alat mahal, kamu bisa memanfaatkan kipas angin yang kamu miliki di rumah untuk mengeringkan lantai, tembok serta perabotan rumah kamu. Nyalakan kipas angin dengan kecepatan paling tinggi agar jamur dan lumut enggan tumbuh di rumah kamu.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu membuka jendela dan pintu guna membuat udara segar dari luar masuk ke dalam ruangan.

(Baca juga: Mobil Kena Banjir Tapi Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak, Ini Penyebabnya)

Kamu belum punya flooding pump? Belilah sekarang

Bagi kamu yamg memiliki pompa bah atau flooding pump kamu bisa merasakan betapa bergunanya alat tersebut ketika banjir menggenang rumah kamu. Terutama untuk lantai bawah atau basement yang paling beresiko terendam air.

Ketika banjir merendam area basement maka untuk mengeluarkan air dari tempat tersebut bisa dibilang cukup sulit karena biasanya air akan terjebak dan sulit mengalir. Untuk itulah kegunaan pompa bah yang kamu miliki. Dengan cara kerja menghisap air yang menggenang, pompa bah lalu akan membuat air keluar dari pipa-pipa yang ada di rumah kamu.

Untuk itu bagi kamu yang memiliki rumah di daerah rawan banjir terutama banjir rob membeli dan memasang pompa bah secara permanen adalah hal yang wajib.

Pindahkan perabotan

Ketika banjir menerjang dan merendam rumah kamu, perabotan-perabotan yang kamu miliki berisiko rusak atau paling tidak hilang keindahannya. Maka dari itu kamu harus cepat-cepat memindahkan perabotan ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan aman.

Misalnya apabila rumah kamu terdiri dari dua lantai, kamu bisa memindahkan beberapa perabotan penting ke lantai dua untuk perabotan yang memang mungkin untuk dipindahkan apabila kamu sudah memprediksikan bahwa akan ada banjir yang menggenang rumah kamu.

Siapkan alat-alat kebersihan

Setelah banjir selesai menggenangi rumah kamu, maka rumah kamu akan dipenuhi banyak sekali macam kotoran yang membuat rumah kamu tidak enak dipandang dan ditinggali. Jadi, kamu harus segera membersihkannya demi kenyamanan dan kebersihan rumah kamu.

Sediakan beberapa alat kebersihan seperti sapu, kain pel, lap, spoms, sikat dan yang lainnya. Pastikan juga kamu memiliki bahan-bahan pembersih seperti sabun, deterjen, dan cairan pel.

(Baca juga: Mau Daftar Asuransi Banjir? Ini Syaratnya)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.