Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Rumah Murah Melalui Pinjaman Karyawan Jaminan Jamsostek

by lhmdi on 5 Maret, 2016

tips rumah - CekAja.com

Jamsostek bisa dibilang sebagai salah satu penopang kebutuhan hidup khususnya para karyawan. Bagaimana tidak, sekarang seorang pekerja bisa mendapatkan pinjaman karyawan dengan jaminan jamsostek.

Khususnya bagi karyawan yang sedang mencari rumah atau merenovasi tampilan rumahnya. Selama ini jamsostek pun dikenal sebagai salah satu layanan pemerintah untuk jaminan kecelakaan kerja yang merupakan bagian dari pergantian biaya perawatan yang mengalami kecelakaan atau kematian baik secara fisik ataupun mental.

Tidak hanya itu, terdapat juga layanan jaminan pemeliharaan kesehatan, yang memberikan pemeliharaan kesehatan berupa pelayanan berupa rawat jalan, rawat inap, pemeriksaan kehamilan hingga proses persalinan, serta layanan spesial gawat darurat bagi pekerja dan keluarganya yang tengah menderita sakit.

Terakhir, jamsostek pun dikenal juga dengan jaminan hari tua, yaitu berupa tabungan selama masa kerja yang dibayarkan kembali pada usia 55 tahun atau telah memenuhi persyaratan dari jamsostek. Ketiga program tersebut biasanya sangat familiar, namun kali ini jamsostek pun memberikan fasilitas baru yaitu kebutuhan karyawan akan rumah atau tempat tinggal.

Pinjaman Uang Muka Perumahan

Pinjaman Uang Muka Perumahan atau disingkat dengan PUMP adalah layanan dari jamsostek yang memungkinkan seorang karyawan untuk mendapatkan rumah yang diinginkannya. Program ini tentu saja sangat bermanfaat bagi karyawan yang sedang mencari rumah murah dan sesuai dengan kebutuhannya. Nah! Bagi kamu yang tertarik untuk mengajukan pinjaman ini, lengkapi persyaratanya terlebih dahulu:

  1. Terdaftar sebagai anggota BPJS selama satu tahun.
  2. Memiliki status sebagai karyawan.
  3. Gaji maksimal Rp 4.000.000, khusus bagi karyawan yang mengajukan KPR subsidi.
  4. Belum memiliki rumah.
  5. Warga negara Indonesia.
  6. Sudah berusia 21 tahun.
  7. Surat keterangan yang menyatakan perusahaan bertanggung jawab atau PUMP dari karyawan atua karyawati yang mengajukan pinjaman.

Setelah melengkapi syarat-syarat ini, kamu kemudian wajib meminta surat rekomendasi dari perusaaan tempat bekerja yang nantinya akan diajukan ke bank untuk mengajukan pinjaman atau kredit.

Selanjutnya, jika bank menyetujui pinjaman yang diajukan maka akan diterbitkan Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit (SP3K) sebagai bukti kedit yang kamu ajukan sudah disetujui. Setelah disetujui, kamu bisa langsung datang ke kantor BPJS dan mengikuti program PUMP sebagai salah satu bentuk pinjaman karyawan dengan jaminan jamsostek untuk pembelian rumah. Mengenai pinjaman, terdapat gadai kartu jamsostek di pegadaian dan kta jaminan jamsostek. Nah, pinjaman bank mandiri jaminan kartu jamsostek, juga diminati. Misalnya untuk pinjaman jamsostek perorangan, pinjaman karyawan jaminan jamsostek, merupakan program pinjaman jamsostek.

Tidak hanya itu, dana pinjaman ini juga bisa digunakan untuk merenovasi rumah lhoh!

Sementara itu, bagi kamu yang ingin merenovasi rumah, namun membutuhkan biaya ayng sangat besar, maka terdapat pilihan yang lebih mudah. Pilihan lainnya jika ingin mengajukan pinjaman karyawan dengan jaminan jamsostek adalah dengan mengikuti program PRR-KB BTN Jamsostek. Mendengar nama BTN pastinya sudah sangat familiar dengan layanan kredit untuk pembelian rumah. Namun, apa sih sebenarnya PRR-KB Jamsostek ini?

PRR-KB Jamsostek merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh Jamsostek melalui Bank BTN kepada anggotanya yang memenuhi syarat PRR-KB atau Pinjaman Renovasi Rumah Kerjasama Bank, yang bertujuan untuk mengembangkan atau perbaikan rumah.

Keuntungan 

Bagi kamu yang ingin mengikuti program ini berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh:

  1. Jangka waktu PRR-KB maksimal selama 10 tahun serta tidak melebihi jangka waktu kredit agunan rumah.
  2. Nilai kredit yang cukup besar, yaitu hingga Rp 50.000.000
  3. SUku bunga hingga 6%.

Tertarik mendapatkan pinjaman dana untuk perbaikan rumah kamu melalui program PRR-KB Jamsostek? Teliti dulu dengan syarat-syaratnya ya:

  1. Usia minimal 21 tahun atua sudah menikah.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari Jamsostek serta merupakan pemohon KAR BTN.
  3. Sudah menggunakan layanan jamsostek selama 5 tahun atau lebih.
  4. Memiliki pendapatan maksimal Rp 15.000.000,- per bulan
  5. Belum mengajukan PRR-KB Jamsostek sebelumnya.
  6. Tidak memiliki kredit bermasalah di Bank BTN atau kredit di bank-bank lainnya.

Jadi, sudah siap memaksimalkan pinjaman karyawan jaminan jamsostek yang kamu miliki?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami