Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Saat Bulan Puasa, Inilah Beberapa Kebiasaan di Kantor yang Pasti Berubah

by Ariesta on 6 Juni, 2016

Memasuki bulan Ramadhan pasti banyak penyesuaian yang harus kamu lakukan.

Selain pastinya tidak makan dan tidak minum seharian, harus menjaga tutur kata dan perbuatan, serta memperbanyak ibadah, kamu juga dihadapkan pada perubahan rutinitas di kantor. Apa saja kebiasaan di kantor yang pasti berubah selama bulan puasa?

Masuk kerja lebih awal

Banyak kantor yang memberlakukan jam masuk lebih pagi dan pulang lebih cepat. Ini agar para pegawai bisa langsung berangkat setelah salat subuh untuk menghindari kebablasan karena tidur selepas sahur. Jam pulang dimajukan agar pegawai bisa berbuka bersama keluarga di rumah. (Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering dihadapi Saat Puasa dan Cara Menghindarinya)

Seperti kebijakan yang diterapkan pada PNS di lingkungan Pemrov DKI. Pada Ramadhan tahun ini, PNS masuk kerja lebih cepat yakni pukul 07.00 WIB dibandingkan hari biasa pukul 07.30 WIB. Hal ini menyebabkan jam pulang kerja PNS dimajukan hingga pukul 14.00 WIB. Jika ada PNS yang terlambat, sanksinya adalah pemotongan tunjangan kinerja daerah (TKD).

Waktu istirahat lebih pendek

Ada kantor yang menyediakan menu berbuka. Ada juga kantor yang biasanya menyediakan menu makan siang tapi tidak menyediakan menu berbuka. Semuanya tergantung kebijakan masing-masing kantor. (Baca juga: 5 Alasan Kamu Malah Jadi Boros Walau Puasa)

Yang jelas biasanya waktu istirahat yang biasanya mencapai satu jam jadi hanya setengah jam. Waktu istirahat tersebut digunakan untuk menunaikan salat dzuhur. Pemotongan waktu istirahat ini tentu agar pegawai tetap produktif meski jam pulang dimajukan.

Mudah mengantuk

Saat kantuk melanda, kita biasanya membuat kopi atau makan camilan. Tapi di bulan puasa kantuk makin sulit ditahan ditambah waktu tidur berkurang dan harus berangkat pagi-pagi sekali ke kantor.

Jika kantuk mulai menyerang, coba tangkal dengan mencuci muka atau tinggalkan meja untuk berjalan-jalan sebentar. Kamu juga bisa bermain game karena kegiatan ini menstimulasi otakmu tetap terjaga. (Baca juga: 5 Tips Untuk Tetap Tampil Fresh di Kantor Saat Puasa)

Pulang lebih macet

Di hari-hari biasa saja Jakarta sudah macet. Selama bulan puasa, jam macet di Jakarta berubah. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam sebuah pemberitaan menyatakan bahwa akan ada perubahan jam kemacetan selama Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan adanya pergeseran waktu masuk dan pulang kerja yang lebih cepat dari biasanya. Biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa, yakni pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Selain itu ada tiga fase perubahan kemacetan selama Ramadan, yakni minggu pertama jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat yang akan pulang lebih awal. Sementara minggu kedua, jalanan akan dipadati masyarakat menuju restoran atau tempat makan untuk buka puasa bersama.

Tentang Penulis