Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Syarat, Cara, dan Tempat Perpanjang SIM Online

by Tisyrin N. T on 9 Oktober, 2017

samsat online

Keberadaan sistem SIM online semakin mempermudah pengguna kendaraan bermotor untuk mengurus perpanjang SIM di mana saja mereka berada.

Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi para perantau adalah sulitnya mengurus berbagai surat-surat penting termasuk SIM karena harus pulang ke kampung halamannya. Untuk melakukan hal tersebut tentu membutuhkan waktu dan biaya ekstra. Namun kini dengan adanya SIM online, semua menjadi lebih praktis.

Dengan adanya sistem pengurusan surat izin mengemudi via internet ini, artinya semua data pengguna telah terhubung secara online di seluruh Indonesia. Jadi, data pengguna SIM bisa diakses oleh petugas di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam mengurus perpanjang SIM online, pengguna tetap harus mendatangi lokasi Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), Gerai SIM, atau SIM Keliling. Sebelum mendatangi tempat tersebut, pengguna bisa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu untuk mempersingkat waktu.

Bagi pengendara, jangan sepelekan masalah ini. Jika melihat Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, akan terlihat hukuman bagi pengendara yang tidak memiliki SIM. Pasal 281 menjelaskan setiap pengendara yang tidak memiliki SIM bisa mendapatkan hukuman pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda hingga Rp1 juta.

(Baca: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Selalu Cek Pajak Kendaraan)

Sementara pada Pasal 288 ayat 2, terdapat penjelasan bahwa setiap pengendara yang memiliki SIM tetapi tak dapat menunjukkan ketika razia bisa mendapatkan hukuman pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda hingga Rp250.000 ribu.

Jika akan melakukan perpanjang SIM online, catat beberapa hal berikut :

Dokumen yang harus disiapkan untuk perpanjang SIM online

Untuk melakukan perpanjang SIM online, siapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan yaitu meliputi :

  • Formulir pengajuan (bisa diakses di website Korlantas Polri)
  • KTP asli bagi WNI atau dokumen keimigrasian bagi WNA
  • SIM lama
  • Surat keterangan lulus uji keterampilan Simulator
  • Surat keterangan kesehatan mata
Biaya perpanjang SIM online

Selain menyiapkan dokumen, siapkan pula sejumlah uang untuk membayar biaya perpanjangan. Besar biayanya sebagai berikut :

Mobil (A) : Rp80.000

Motor (C) : Rp75.000

Biaya tes kesehatan : Rp25.000 (tergantung wilayah)

Biaya asuransi kecelakaan : Rp30.000 (tidak wajib / bisa ikut atau tidak)

Cara mengurus SIM online

Pengguna terancam harus membuat SIM baru apabila tidak mengurus perpanjangan. Oleh karena itu, selalu perhatikan masa berlaku SIM agar tidak terlewat. Berikut ini cara melakukan perpanjangan agar tetap bisa berkendara dengan nyaman :

  • Akses website Korlantas Polri

Kunjungi sim.korlantas.polri.go.id, pilih menu ‘Pendaftaran SIM Online’. Setelah itu akan terlihat Informasi Pendaftaran SIM Online. Bacalah keterangan yang ada, setelah itu pilih Lanjut.

Berikutnya, akan muncul formulir Data Permohonan. Isilah data yang diminta meliputi Jenis Permohonan, Golongan SIM, Nomor SIM, Alamat Email, Polda Kedatangan, Satpas Kedatangan, Lokasi Kedatangan.

(Baca juga: STNK Hilang Jangan Panik, Ini Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Ribet)

Selanjutnya isi data pribadi dan klik Lanjut. Ikuti langkah-langkah hingga semua data terisi dengan benar. Setelah selesai, akan ada bukti registrasi SIM online.

  • Lakukan pembayaran

Setelah melakukan pendaftaran secara online, pengguna bisa melakukan pembayaran untuk perpanjang SIM melalui ATM, EDC, maupun teller  BRI.

  • Datangi Satpas atau Gerai atau SIM Keliling

Saat melakukan registrasi online, pengguna SIM telah memilih waktu kedatangan dan lokasi Satpas atau Gerai atau SIM Keliling. Datangi lokasi tersebut dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Pihak kepolisian akan melakukan pengecekan data.

  • Identifikasi dan verifikasi

Setelah pengecekan data, akan ada pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan pengguna.

  • Menunggu SIM

Proses selanjutnya adalah menunggu SIM jadi. Pihak kepolisian akan memanggil nama pengguna apabila SIM telah selesai.

Tempat perpanjang SIM online                          

Lokasi perpanjangan termasuk SIM online sebagai berikut :

  • Satpas

Satpas atau Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM tersebar di bebagai daerah. Satpas tidak hanya melayani perpanjangan, tetapi juga menerima pembuatan SIM baru. Daftar Satpas online lengkap dapat dilihat di website Korlantas Polri.

  • Gerai SIM

Gerai SIM bisa dijumpai di tempat keramaian seperti mal. Gerai SIM biasanya tetap beroperasi meskipun di hari Minggu. Berbeda dengan Satpas yang juga melayani pembuatan SIM baru, Gerai SIM hanya melayani perpanjangan saja.

  • SIM Keliling

Demi meningkatkan pelayanan, selain Satpas dan Gerai SIM, ada pula SIM Keliling. SIM Keliling berupa mobil-mobil yang ada di lokasi dan waktu tertentu. Sama seperti Satpas, SIM Keliling hanya melayani perpanjangan saja.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami