Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Saingan Ketat di Jagat Bisnis Online? Yuk, Manjakan Konsumen!

by Tisyrin N. T on 19 April, 2019

Persaingan di jagat bisnis online kian ketat. Setiap orang bisa dengan mudah membangun bisnis online lewat berbagai platform. Banyaknya pelaku bisnis online tentu akan memunculkan persaingan yang ketat dalam menjaring pelanggan. Bagaimana caranya agar pelanggan alias konsumen betah?

belanja online - CekAja.com

Bicara soal konsumen, tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional. Ketetapan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Nah, menjelang Hari Konsumen Nasional, ada baiknya kamu sebagai pebisnis online lebih memperhatikan konsumenmu. Manjakan konsumen agar mereka tak sungkan untuk kembali lagi dan lagi. Inilah 8 cara memanjakan konsumen di tengah ketatnya persaingan bisnis online:

  • Utamakan kualitas produk

Apapun cara yang kamu lakukan untuk memanjakan konsumen, bakal percuma kan kalau konsumen merasa kecewa dengan produk yang kamu suguhkan? Jadi, yang paling penting adalah kualitas produk yang kamu tawarkan. Jangan sampai konsumenmu merasa tidak puas karena produk yang kamu jual berkualitas rendah.

Hindari memasang gambar atau foto produk yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Ingat, saat belanja online, konsumen tak memegang barang secara langsung sehingga gambar atau foto menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih. Konsumen bisa merasa tertipu lho kalau menerima produk yang kondisinya jauh dari ekspektasi.

  • Gratis ongkir

Siapa yang gak tergiur dengan tawaran gratis ongkos kirim saat belanja online? Pasti semua orang tergiur bukan? Nah, kalau ingin memanjakan konsumen, sering-seringlah untuk menawarkan program gratis ongkir. Konsumen pasti akan merasa senang dan ketagihan untuk belanja.

Apalagi bagi konsumen yang lokasinya sangat berjauhan dengan lokasi si penjual, ongkir tentu akan jadi beban tersendiri. Ongkir yang harus mereka bayar kerap melebihi harga barang yang mereka beli. Nah, sebagai pebisnis, sesekali kamu harus membuat mereka tersenyum senang karena adanya tawaran gratis ongkir!

Kamu bisa memanfaatkan marketplace yang tengah menawarkan program gratis ongkir. Pasarkan produkmu di marketplace tersebut untuk meningkatkan penjualan.

(Baca juga: Sering Terlupakan, Ini 5 Hak Kita Sebagai Konsumen)
  • Penawaran spesial untuk konsumen yang loyal

Kamu senang bukan kalau ada konsumen yang melakukan repeat order? Jangan sia-siakan mereka yang sudah melakukan order berkali-kali. Jangan hanya menikmati untungnya saja tanpa memberikan reward pada mereka.

Cobalah untuk memberikan sesuatu yang spesial untuk mereka. Misalnya berupa diskon 30 persen jika sudah melakukan lima kali transaksi. Atau, berikan hadiah spesial berupa produk gratis jika telah melakukan lima kali transaksi.

Kalau kamu sebagai konsumen, pasti akan girang bukan menerimanya? Bukan tidak mungkin, malah akan berpikir untuk lebih sering melakukan transaksi di kemudian hari. Mengapa? Selain merasa senang, mereka juga merasa dihargai.

  • Diskon untuk pelanggan baru

Bukan cuma pelanggan yang loyal, kamu juga bisa memanjakan pelanggan baru. Kamu bisa langsung menyambut pelanggan baru dengan diskon 10 – 20 persen. Cara semacam ini sangat cocok diterapkan untuk kamu yang baru merintis bisnis online. Tujuannya tentu saja agar mereka ketagihan sehingga gak bosan untuk jadi konsumenmu!

Ingat, persaingan di kancah bisnis online kian ketat. Pelanggan bisa dengan mudah berpindah ke lain hati jika merasa tak dihargai.

  • Kejutan hadiah 

Saat mengirimkan produk ke konsumen, berikan kejutan berupa hadiah. Jadi, selain mendapatkan produk yang mereka pesan, mereka akan menemukan benda asing di luar pesanan. Mereka tentu akan memahami benda tersebut sebagai hadiah karena merasa tak membayar untuk itu.

Kamu juga bisa jadikan cara ini untuk mempromosikan produk baru. Setelah mendapatkannya secara gratis dan merasa puas dengan produk tersebut, konsumen pasti akan tertarik membelinya di lain waktu.

(Baca juga: Pahami Cara Cek Saldo Bank Mega Biar Gak Bablas Pakai Uang Belanja)
  • Promo ulang tahun

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Nah, kamu juga bisa memberikan sesuatu yang spesial untuk konsumen yang sedang berulang tahun.

Tawarkan promo khusus misalnya berupa buy 1 get 1 untuk meningkatkan penjualan. Untuk itu, kamu harus memiliki data tanggal lahir setiap konsumen agar cara ini berjalan dengan lancar.

  • Kode promo

Sebarkan kode promo melalui email atau media sosial untuk menarik pengunjung datang ke toko online milikmu. Mereka yang bertransaksi menggunakan kode tersebut bisa mendapatkan diskon dengan jumlah tertentu.

Berikan syarat tertentu  untuk bisa menggunakan kode tersebut, misalnya tetapkan berapa minimal pembelian barang dan batas tanggal transaksi. Jadi, tak semua konsumen bisa mendapatkan potongan harga.

  • Diskon gajian dan liburan

Kamu bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk memberikan diskon, misalnya momen gajian atau liburan. Momen liburan yang bisa kamu manfaatkan seperti Idul Fitri, Natal, tahun baru, pemilu, Imlek, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk memanjakan konsumen sekaligus meningkatkan penjualan. Bingung karena modal bisnis seret? Cek aneka pilihan kredit di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.