Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sakit Punggung Ternyata Bisa Mengindikasikan Lima Penyakit Serius Ini

by Ariesta on 17 Februari, 2017

sakit punggung _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Apakah Anda sering merasa nyeri luar biasa di bagian belakang setiap kali bangkit dari duduk? Apakah punggung terasa nyeri setiap kali mengangkat beban yang berat?

Kebanyakan sakit punggung disebabkan karena ketegangan otot. Umumnya terjadi setelah olahraga tanpa pemanasan dan pendidingan. Tapi bagaimana kalau nyeri punggung terjadi setiap pagi padahal kamu tidak melakukan aktivitas berat sebelumnya?

Baik itu sakit punggung atas, tengah, atau bawah, nyeri tersebut bisa saja tidak disebabkan oleh kesalahan otot. Kalau sakit punggung tidak berangsur-angsur membaik padahal sudah dipijat atau diobati, lima penyakit berbahaya ini bisa jadi penyebabnya.

Pneumonia

Sakit pinggang tidak hanya disebabkan oleh otot kaku atau tegang. Pneumonia, infeksi yang menyerang paru-paru, bisa menjadi salah satu penyebabnya. Gejala pneumonia ditandai dengan batuk terus menerus, demam, dan sesak napas. Gejala pneumonia bisa menimbulkan nyeri di punggung bagian tengah, tepat di belakang paru-paru. Nyeri terjadi ketika penderita menarik napas dalam-dalam.

Dr. Stamatos, direktur di Rumah Sakit Syosset New York mengatakan bahwa saat penderita pneumonia batuk, bagian punggung menjadi nyeri karena tekana dari tulang belakang. Segera periksakan ke dokter kalau kamu merasakan gela-gejala seperti di atas. Dokter akan memberikan obat atau antibiotik untuk melawan infeksi.

Asam lambung

Kalau kamu sering mengalami sensasi terbakar atau sesak di dada dan punggung atas, terutama setelah mengkonsumsi kafein atau makanan berlemak, kemungkinan besar penyebabnya adalah asam lambung. Nyeri ini disebabkan oleh asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri terbakar di dada dan pungung belakang bersama dengan sensasi diremas yang kadang menyerupai sakit jantung.

Jika kamu mengalami gejala sakit maag bersama dengan nyeri punggung atas, maka artinya kamu harus mengubah gaya hidup dan pola makan. Hindari alkohol, rokok, makanan sangat pedas, gorengan, atau yang berasa asam. Hindari juga makan dalam porsi besar di malam hari.

Batu ginjal

Batu ginjal merupakan gangguan saluran kemih berupa gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Penyebabnya adalah urin yang terkonsentrasi kemudian mengkristal.

Batu ginjal dapat menyebabkan sakit parah ketika mereka bersarang di ginjal kemudian lolos ke kandung kemih. Rasa sakit ini bisa menjalar ke sisi punggung bawah atau perut bawah. Jika kamu yakin sakit punggung berkaitan dengan batu ginjal, biasanya dokter akan membantu menentukan seberapa besar batu ginjal kemudian meresepkan obat nyeri.

Osteoarthritis

Kalau kamu berusia lanjut dan mengalami sakit punggung yang tak kunjung hilang, bisa jadi itu adalah spinal arthritis. Nyeri punggung bawah disertai dengan kekakuan pada leher adalah salah satu gejala osteoarthritis. Penyebabnya, sendi menjadi degeneratif karena faktor usia. Osteoarthiritis biasanya terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Meskipun gejala yang paling umum adalah kekakuan, penderita mungkin mengalami pembengkakan pada sendi. DI awal gejala, penderita akan mengalami nyeri setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika kamu berpikir sakit punggung yang dialami ada hubungannya dengan  osteoarthritis, dokter akan melakukan tes darah, scan tulang, atau CT scan untuk melakukan diagnosis. (Baca juga: Saat Dijual dengan Harga Promo, 5 Barang Ini Selalu Diburu)

Kanker pankreas

Nyeri di perut dan punggung adalah gejala paling umum setelah kanker pankreas mulai menyebar. Kanker pankreas bisa sangat menyakitkan di bagian punggung jika sudah menyebar ke saraf di sekitar pankreas.

Biasanya, rasa sakit dimulai di bagian perut. Gejala lain dari kanker pankreas termasuk penyakit kuning, urin berwarna gelap, gatal pada kulit, mual, dan penurunan berat badan Jika sakit punggung adalah satu-satunya gejala yang kamu miliki, maka jangan terlalu khawatir. Karena kemungkinan besar penyebabnya bukan kanker pankreas.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami