Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Salah Kaprah Pemahaman Tentang Protein dan Pembentukan Otot

by Rafly Aditia on 26 November, 2016

Memiliki tubuh ideal dan terlihat menarik tentu jadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkannya, kamu perlu asupan yang baik dan olahraga teratur.

Sayangnya, di kalangan masyarakat awam banyak terjadi kesalahpahaman mengenai pembentukan badan dan protein sebagai bahan bakar utama pembentukan otot. Berikut kesalahpahaman masyarakat mengenai protein dan pembentukan otot:

Bedakan suplemen sesuai kebutuhan

Ketika kamu ingin membentuk badan alias body building, maka kamu perlu mengetahui fungsi dan jenis-jenis suplemen. Kamu harus menyesuaikan kondisi tubuhmu untuk mengonsumsi suplemen pilihan yang tepat. Apabila kamu ingin menambah berat badan kamu kamu dapat memilih suplemen jenis gainer yang memiliki kandungan protein serta karbohidrat tinggi.

Sementara kalau kamu ingin membentuk masa otot tubuh dengan kadar lemak yang minim, pilih suplemen jenis whey protein yang bisa didapatkan dari susu dengan kandungan protein minor dan mayor. Biasanya Whey protein dikonsumsi setelah latihan guna membantu pembentukan otot yang telah dilatih.

Kalau kamu ingin menurunkan berat badan dan kadar lemak yang berlebih, lebih baik gunakan suplemen jenis fat burner. Suplemen ini membantu dirimu untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh dengan mengoptimalkan sistem metabolisme. (Baca juga: Trik Kelola Gaji Jadi Investasi)

Ada perbedaan antara protein hewani dan nabati

Banyak orang yang menganggap bahwa kandungan protein dalam tempe, tahu sama seperti kandungan protein pada susu. Padahal salah besar, karena sejatinya ada dua jenis protein yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi tapi juga dilengkapi dengan kandungan asam emino esensial yang sangat baik untuk pertumbuhan otot. Berbeda dengan protein nabati yang tidak mengandung semua asam amino esensial.

Membentuk otot bukan cuma butuh protein saja

Pemikiran masyarakat awam mengenai pembentukan otot hanya ditopang oleh asupan protein saja adalah salah besar. Pasalnya karbohidrat juga berperan penting dlaam pembentukan otot. Ibarat membangun rumah, protein adalah batu bata, sementara karbohidrat adalah semen. (Baca juga: Barang-barang Ini Dianggap Mahal, Tapi Tetap Saja Kamu Beli)

Jadi, keduanya saling membutuhkan untuk membangun otot yang kuat dan kokoh. Selain itu, asupan gizi lainnya juga harus diperhatikan agar seimbang dan sesuai kebutuhan kalau ingin membentuk tubuh proporsional.

Butuh asuransi kesehatan yang berikan uang pertanggungan untuk penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami