Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Sebagai Pekerja Kantoran, Kamu Mungkin Pernah Lakukan Kecurangan Ini

by Rafly Aditia on 4 Februari, 2016

kerja lembur - CekAja.com

Dunia kerja yang penuh tekanan terkadang bisa membuat seseorang tanpa sadar melakukan kecurangan. Meski kecurangan-kecurangan tersebut bersifat sepele, namun bisa saja membawa masalah dalam perjalanan karir.

Sebab, sadar atau tidak sadar, kecurangan kecil yang sering dilakukan pekerja kantoran ini menimbulkan kerugian. Nah, agar tidak jadi kebiasaan, berikut ini kecurangan yang tanpa disadari sering dilakukan orang di kantor:

Bilang sedang tidak ada di tempat

Dimulai dari kecurangan pertama. Kebiasaan sering menitipkan pesan pada resepsionis agar menyampaikan pada seseorang yang mencarinya bahwa dia tidak ada di tempat. Padahal, dia hanya ingin bersantai sejenak atau tidak mau menambah pekerjaan.

Tentu hal ini menjadi dilema terutama saat seseorang sedang sangat sibuk. Tetapi, kebiasaan seperti ini membuat orang sering berbohong. Lebih baik temui orang yang bersangkutan dan sampaikan kondisinya. Lebih baik jujur dibandingkan harus berbohong.

(Baca juga: Tiga Kesalahan Keuangan yang Paling Sering Dilakukan Pasangan Muda)

Istirahat lebih lama

Korupsi waktu. Kebiasaan yang satu ini sudah bukan hal asing bagi pekerja kantoran. Caranya bisa dengan mengulur-ulur waktu istirahat lebih lama. Seringkali, dengan alasan macet seorang pekerja bisa kembali terlambat masuk hingga 1 jam setelah istirahat makan siang.

Tentunya hal ini tidak baik. Terlebih jika kita ingin dinilai memiliki kinerja yang baik oleh atasan. Istirahat lebih lama daripada seharusnya memberikan kesan kurang disiplin dan tidak bisa memanajemen waktu.

Mengaku banyak pekerjaan

Tiba-tiba teman sekantor meminta bantuan menyelesaikan pekerjaannya. Tapi karena sedang malas, kamu menolak dan mengaku sednag banyak pekerjaan. Padahal, kamu sebenarnya benar-benar sedang lowong.

Memabantu rekan kerja memang bukan pekerjaan utama kita. Namun, membantu teman sekerja akan sangat menguntungkan. Selain bisa membuat pekerjaan tim selesai lebih cepat, kamu juga bisa meminta bantuan saat pekerjaan sedang menumpuk.

Print tugas kampus

Ini kebiasaan mereka yang bekerja sambil kuliah. Memang untuk tugas atau skripsi yang membutuhkan print berlembar-lembar, biayanya cukup memberatkan kantong. Jadi, daripada harus mengeluarkan uang lebih, banyak pekerja yang menggunakan printer kantor.

Memanfaatkan fasilitas kantor untuk urusan di luar pekerjaan adalah  kecurangan. Tapi, kalau memang harus print tugas-tugas di kantor, paling tidak harus meminta izin kepada atasan.

(Baca juga: Karena Dianggap murah, Benda-benda Ini Tanp Sadar Pernah Kamu Curi)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.