Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Sebelum Beli Barang Kelas Dua, Baca Tips Ini Dulu!

by Surtan Siahaan on 26 Juli, 2016

belanja - CekAja.com

Harga barang kebutuhan yang terus melambung menjadi celah bagi produsen barang kelas dua. Karena harganya yang bersaing dan kualitasnya boleh diadu dengan yang asli, tidak sedikit orang yang justru gandrung membeli barang kelas dua. Yang penting kebutuhan tetap terpenuhi dan kantong tidak jebol.

Tapi membeli barang kelas dua tidak boleh sembarangan. Kalau salah pilih, bisa-bisa kamu malah merugi. Nah, bagi kamu yang berniat membeli barang kelas dua dalam waktu dekat, berikut ini tip yang harus kamu ketahui:

Tidak bersentuhan dengan kulit

Barang kelas dua yang penggunannya bersentuhan dengan kulit atau bagian tubuh lain seperti kosmetik harus dihindari. Alasannya kosmetik KW bisa berbahaya bagi kesehatan. Jangan hanya karena ingin irit, kulit tubuh kamu mengalami iritasi atau bahkan sakit serius.

Bila uang kamu belum cukup untuk membeli kosmetik ori, ada baiknya menabung beberapa waktu dibandingkan membeli kosmetik KW. (Baca juga: Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Berkali-kali? Mungkin Kamu Lakukan Kesalahan Ini)

Tidak dikonsumsi

Barang KW boleh dibeli asal tidak berkaitan dengan kesehatan. Jadi kategori barang KW yang penggunannya dimakan sebaiknya dihindari. Di pasar misalnya, kita bisa dengan mudah menemukan obat-obatan yang harganya dijual murah. Bahkan, jika dibandingkan dengan obat yang dijual di apotek harganya berbeda jauh.

Inilah obat kelas dua atau KW. Contoh lainnya adalah minuman dan makanan kemasan yang dibuat menyerupai produk terkenal. Biasanya kualitas bahan pembuat makanan dan minuman tersebut diturunkan sehingga harganya jauh lebih murah.

Tidak dibawa ke bandara

Jangan sembarangan membeli barang KW di luar negeri meskipun dibeli dengan harga murah. Bisa-bisa barang tersebut disita dan kamu pun menderita kerugian. Sebab, di beberapa negara tertentu, pemerintah setempat memiliki aturan perlindungan barang dalam negeri yang sangat ketat.

Jika kamu tertangkap tangan membawa ke luar barang KW atau justru membawa masuk barang yang diproduksi di sebuah negara tertentu, kamu bukan hanya mendpaatkan ancaman sita melainkan sampai denda dan hukuman penjara. (Baca juga: 7 Langkah Mudah Mendapatkan Pekerjaan Baru)

Jangan berkaitan dengan kendaraan

Suku cadang kendaraan, khususnya mobil memang mahal. Tidak jarang kantong dibikin kempes lantaran mekanik bengkel meminta kita mengganti sebuah suku cadang. Biasanya untuk berdamai dengan kondisi kantong yang terbatas, kita pun memilih suku cadang KW yang harganya jauh lebih murah.

Tapi, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Selain tidak tahan lama, suku cadang KW juga bisa merusak suku cadang lainnya. Selain itu, risiko kecelakaan juga lebih tinggi. Untuk itu, sayangi nyawamu dengan membeli suku cadang kendaraan yang asli.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami