Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Sebelum iPhone Terbaru Rilis, Android Ternyata Sudah Punya 6 Fitur Ini

by Sindhi Aderianti on 25 September, 2018

Anda pasti tahu betapa hebohnya perilisan tiga iPhone terbaru belakangan ini. Dua diantaranya diketahui mengusung beberapa teknologi baru yang sangat canggih. Tapi siapa sangka, jauh sebelum kemunculan iPhone Xs dan Xs Max, ternyata Android sudah terlebih dahulu memiliki fitur-fitur tersebut. Penasaran apa saja? Silakan simak di sini!

smartphone Apple

Dual SIM

Smartphone dengan Dual SIM tentu bukanlah suatu hal yang baru. Fitur android ini sudah cukup lama dimiliki Android, bahkan sejak 5 tahun silam. Contohnya di 2013 lalu, ada Samsung Galaxy Grand Duos yang memberi dua SIM card dalam satu perangkat.

Namun bedanya, Apple menghadirkan dual SIM dengan satu slot SIM card, dan satu E-SIM. ESIM ternyata juga sudah ada didukung perangkat Google Pixel 2 walaupun sekarang baru tersedia di US.

(Baca juga: Harga iPhone Terbaru Mahal? Cek Dulu Spesifikasinya di Sini!)

Face ID

Selanjutnya fitur Face ID. Setahun silam, fitur ini telah ramai diperbincangkan oleh para pengguna Android. Pasalnya, beberapa smartphone asal Tiongkok sempat mengeluarkan fitur ini. Vivo salah satunya.

Teknologi Face ID ini memungkinkan pengguna smartphone dapat membuka kunci dengan cepat hanya dengan melakukan pemindaian wajah. Cara kerja Face ID adalah smartphone akan memindai wajah Anda dan menggunakannya sebagai kata kunci, dengan mengandalkan 30 ribu titik unik yang dikenalinya.

IP68

IP68 sebetulnya adalah sertifikasi yang menandakan bahwa smartphone tersebut tahan debu serta air hingga kedalaman 2 meter. Kode sertifikat ini ditetapkan dan diterbitkan oleh Komisi Elektroteknik Internasional (International Electrotechnical Commission/IEC) sebagai sistem untuk mengklarifikasikan tingkat pengamanan pada peralatan elektronik. Nah ternyata teknologi ini juga sudah banyak dipakai pada ponsel Android.

Meski baru menggaet teknologi ini sekarang, namun pihak Apple membuktikan bahwa sertifikasi IP68 mereka bukan sekedar formalitas. Dari suatu uji coba, berbagai cairan telah disemburkan ke iPhone XS dan smartphone itu tetap berfungsi. Bahkan sekalipun ketumpahan minuman beralkohol, pengguna diklaim tak perlu khawatir.

(Baca juga: Ini Dia 5 Smartphone Paling Ngebut di 2018)

Aperture Foto

Untuk kali pertama, iPhone menyediakan opsi pengaturan bokeh melalui fitur aperture di iPhone XS. Bokeh ialah efek buram pada bagian foto yang tidak difokuskan, sehingga memberi hasil seperti tangkapan dari kamera professional.

Dengan fitur android ini, Anda dapat memilih sendiri objek mana yang menjadi fokus dan diburamkan ketika foto di ambil. Akan tetapi kemampuan itu sebenarnya sudah tersedia di perangkat Android yang banyak beredar saat ini. Bahkan tak sedikit kemampuan tersebut sudah diadopsi oleh perangkat Android kelas menengah.

(Baca juga: 5 Smartphone Keren Ini Bakal Rilis di Tahun 2018)

Layar Lebar

Bukan Android rasanya kalo tidak memiliki ukuran dan layar yang lebar. Dari awal kemunculannya, Android hampir tak pernah mengeluarkan seri ponsel berukuran besar. Sampai-sampai hal itu sudah menjadi ciri khas.

Tren seperti ini justru baru dilakukan Apple dengan merilis iPhone XS Max sebagai smartphone dengan layar terbesar dalam sejarah iPhone hingga kini, yaitu 6,5 inci.

Walau ukuran tersebut digolongkan besar bagi iPhone, tapi bagi produsen Android ukuran ini sebenarnya sudah menjadi hal biasa.

Neural Engine

Terakhir adalah teknologi Neural Engine. Pada Android, teknologi semacam ini sudah ada sejak lama. Huawei menjadi salah satu smartphone yang memiliki Chipset Snapdragron dari Qualcomm dan Kirin.

Bedanya, Apple lebih memfokuskan untuk Augmented Reality dan machine learning mereka. Sedangkan di smartphone Android lebih banyak dipakai untuk mempercantik kualitas foto.

Meski kedua smartphone yang selalu head to head ini memiliki fitur hampir sama namun dengan harga jauh berbeda, bukan berarti iPhone lantas sepi peminat. Semua tetap memiliki pasar masing-masing tanpa peduli harga atau fitur canggih sekalipun.

Jadi, smartphone mana yang akan masuk dalam wishlist Anda? Mau iPhone atau Android, pastikan pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget ya!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.