Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini

by Miftahul Khoer on 13 Januari, 2020

Apa yang muncul di pikiran kita ketika mendengar profesi makeup artist? Apakah tukang makeup yang bertugas untuk mendandani para artis? Nyatanya, masih banyak yang mengira bahwa profesi makeup artist adalah orang yang bertugas untuk mendandani para artis. Baik itu untuk iklan, sinetron, video klip, dan lain sebagainya.

karier makeup artist

Sebenarnya, kata artist dalam istilah makeup artist mengacu pada kata seniman. Jadi singkatnya, makeup artist adalah seniman yang menggunakan makeup sebagai media ekspresinya. Dulunya mungkin makeup artist kebanyakan bekerja untuk industri hiburan saja baik itu film, panggung musik, pemotretan untuk majalah, dan lain sebagainya. Untuk orang biasa yang tidak bekerja di dunia hiburan, jasa makeup artist paling hanya digunakan di saat ada acara istimewa seperti pernikahan saja.

Namun sekarang dunia sudah berubah. Ruang lingkup kerja makeup artist juga semakin luas. Bahkan ada yang memulai karier sebagai beauty blogger atau vlogger juga pada akhirnya menjadi makeup artist profesional.

Meski sebenarnya untuk bisa disebut sebagai seorang makeup artist kamu hanya perlu menekuni dunia seni dengan menggunakan makeup, tapi kalau untuk urusan profesional, biasanya kamu dituntut untuk memiliki sertifikasi tertentu.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk kalau kamu mau merintis karier sebagai makeup artist.

1. Pastikan kalau kamu memiliki passion di bidang makeup
Pastikan kalau kamu memiliki passion di bidang makeup - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: diladimova.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika merintis karier sebagai makeup artist adalah memastikan kalau kamu memang memiliki passion di bidang makeup. Bakat mungkin tidak terlalu penting, tapi passion memegang peranan penting dalam perkembangan kariermu ke depan.

Ketika kamu tidak terlalu memiliki bakat, asal kamu memiliki passion yang kuat, kamu akan terus memiliki motivasi untuk belajar dan berkembang. Sementara kalau kamu berbakat saja tapi tidak memiliki passion, besar kemungkinan kamu akan merasa lelah di tengah jalan kemudian berhenti begitu saja.

Passion ini juga penting untuk memastikan kalau kamu benar-benar ingin merintis karier sebagai makeup artist dan bukan hanya ikut-ikutan.

(Baca juga: Edan! Ini Ciri dan Bahaya Kosmetik Palsu yang Pernah Diingatkan Tasya Farasya)
2. Berlatih
Berlatih - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: aquarosamakeupschool.co.uk

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika merintis karier sebagai makeup artist adalah berlatih. Di awal, ketika belum memiliki peralatan makeup yang lengkap, kamu bsia menggunakan apa yang kamu punya terlebih dahulu. Keterbatasan ini yang akan menguji kreativitasmu. Apakah kamu bisa menghasilkan makeup yang baik dengan peralatan seadanya?

Hal ini juga baik sebagai latihan supaya kelak kamu tidak tergantung pada peralatan. Kerja seniman yang sesungguhnya terletak pada kreativitas. Kamu bisa berlatih mengaplikasikan makeup pada wajahmu sendiri, atau pada keluarga dan teman-teman dekat.

3. Temukan gayamu sendiri
Temukan gayamu sendiri - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: dorimakeup.com

Seiring kamu berlatih saat merintis karier sebagai makeup artist, nantinya kamu akan menemukan gayamu sendiri yang beda dari orang lain. Hal ini penting untuk membuatmu menonjol di tengah persaingan yang ketat karena banyak orang lain yang juga merintis karier sebagai makeup artist.

Nantinya ketika bekerja, kamu dituntut untuk bisa mengikuti permintaan klien. Sehingga sebaiknya kamu menguasai banyak jenis gaya baik itu glam, natural, dan lain sebagainya.

Namun memiliki gaya sendiri juga penting sehingga kamu bisa dikenal dengan keahlian khusus.

Misalnya, banyak orang yang bisa mengerjakan makeup glam untuk panggung hiburan, acara pernikahan, dan lain sebagainya, tapi tidak banyak orang yang bisa mengerjakan makeup special effect. Padahal kemampuan khusus ini banyak dibutuhkan seperti dalam industri film seperti makeup karakter zombie, monster, dan lain-lain.

Kamu bisa mengisi celah kosong ini sehingga peluang kamu mendapatkan pekerjaan sebagai makeup artist terbuka makin lebar.

4. Portofolio
Portofolio - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: iordachesimona.wordpress.com

Hal selanjutnya yang harus kamu siapkan ketika merintis karier sebagai makeup artist adalah mengumpulkan portofolio hasil makeup kamu. Kamu bisa mengumpulkan portofolio ini dari hasil latihan. Unggahlah hasil makeup kamu ke akun media sosial seperti Instagram. Kamu bisa juga membuat video tutorial di Youtube.

Dengan adanya portofolio, akan memudahkan calon klien untuk menilai hasil kerjamu dan kamu pun akan semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Setiap pekerjaan yang kamu ambil juga bisa menjadi tambahan portofolio. Oleh karena itu jangan sampai lupa mendokumentasikannya ya!

5. Memperoleh sertifikat profesional
Memperoleh sertifikat profesional - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: qcmakeupacademy.com

Meski tidak wajib, tapi tidak ada salahnya kalau kamu mengikuti kelas makeup dan memperoleh sertifikat profesional. Sertifikat ini bermanfaat dalam perjalananmu merintis karier sebagai makeup artist. Beberapa peluang kerja mungkin mengharuskan kamu memiliki sertifikat. Selain itu, sertifikat juga bisa membantu untuk meyakinkan calon klien sehingga klien yakin kalau kamu memang bisa diandalkan.

6. Mengembangkan jaringan
Mengembangkan jaringan - Sebelum Merintis Karier Sebagai Makeup Artist, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini
Source: medium.com/spacehop

Dalam pekerjaan apapun, jaringan memegang peranan yang sangat penting. Begitu juga saat kamu merintis karier sebagai makeup artist. Bertemu dengan orang-orang yang bergerak di bidang yang sama bisa membantu kariermu berkembang.

Kamu juga bisa mengembangkan jaringan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tak perlu malu untuk melakukan self promotion. Pastikan semua orang tahu kalau kamu sedang merintis karier sebagai makeup artist dan kamu bisa melakukannya dengan baik.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan ketika merintis karier sebagai makeup artist. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin ahli baik di bidang makeup itu sendiri maupun bidang-bidang lain yang mendukungnya.

Merintis karier sebagai makeup artist bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu kalau kamu memang menyukai bidang ini. Apalagi peluang pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang lebih banyak lagi. Tidak hanya di industri hiburan, sekarang jasa makeup artist sudah sering dicari untuk hal-hal yang lebih luas lagi.

(Baca juga: Mengenal Perbedaan Facial Foam dan Facial Scrub Sebagai Skincare)

Berikut ini beberapa potensi pekerjaan bagi makeup artist:

  • Makeup wisuda

Karena dianggap sebagai salah satu momen paling berharga dalam perjalanan hidup, biasanya orang-orang akan berdandan saat wisuda. Salah satu alasannya adalah supaya terlihat bagus saat difoto. Oleh karena itu, jasa makeup artist banyak dicari saat musim wisuda.

Bayangkan saja ada berapa banyak kampus di kotamu? Tiap tahun, kampus-kampus ini mengadakan wisuda dua sampai tiga kali. Ada berapa ribu mahasiswa yang wisuda tiap tahunnya? Peluangmu untuk mendapatkan klien tentu sangat besar, bukan? Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengadakan promosi ke kampus-kampus dan memberikan layanan istimewa misalnya bersedia datang ke kos untuk mendandani.

  • Makeup pernikahan

Selain wisuda, kamu bisa juga mengambil pekerjaan merias pengantin. Apalagi sekarang biasanya pengantin lebih menyukai makeup yang natural sehingga kamu tidak dituntut untuk memiliki kemampuan makeup tradisional yang biasanya memiliki aturan tertentu.

Meski demikian, ada baiknya kalau kamu juga menguasai makeup tradisional sehingga bisa menjangkau lebih banyak klien. Untuk mengambil pekerjaan sebagai perias pengantin, kamu juga akan dituntut untuk memiliki kemampuan menata rambut atau hijab. Kamu juga bisa bekerja sama dengan temanmu untuk melakukan ini.

  • Makeup karakter

Kalau kamu memiliki kemampuan khusus seperti makeup special effect, kamu bisa mengerjakan makeup karakter. Tidak hanya untuk film, makeup karakter bisa digunakan untuk pertunjukan, karakter di tempat wisata tematik, maupun cosplay.

Nah itulah beberapa potensi pekerjaan bagi kamu yang sedang merintis karier sebagai makeup artist. Peluang pekerjaan sangat banyak bukan? Kamu hanya perlu meningkatkan kemampuanmu, kreativitasmu, dan juga mempromosikan jasamu. Dengan demikian, kariermu akan berkembang dengan baik dan pemasukan pun akan lebih banyak.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.