Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sederet Seleb Indonesia yang Aktif Kampanye Kesadaran Peduli Kanker Payudara

by Arfan Wiraguna on 7 Oktober, 2015

Oktober dikenal sebagai bulan peduli kanker payudara international. Ini adalah momen yang tepat bagi kita untuk Mengampanyekan deteksi dini pada ibu, saudara, pasangan, dan perempuan lainnya di seluruh dunia agar dapat terhindar dari penyakit ini.

Bulan peduli kanker payudara juga menjadi saat yang tepat bagi kita sebagai individu dan komunitas untuk ikut menyebarluaskan informasi dan juga berbagai pengalaman sehingga penyakit ini bisa dicegah.

Beberapa selebriti Indonesia pun tak mau ketinggalan ikut ambil bagian. Melalui berbagai program yang dikampanyekannya, mereka berharap dapat membawa pengaruh positif bagi lingkungan sekitar. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Chelsea Islan

Duta kanker payudara untuk komunitas Lovepink, Chelsea Elizabeth Islan boleh saja baru berusia 20 tahun. Namun, ia sudah aktif berpartisipasi dalam Mengampanyekan mengajak segenap masyarakat untuk memberikan dukungan sejak lama kepada para perempuan Indonesia yang masih berjuang melawan kanker payudara (warriors) dan mengapresiasi mereka yang telah berhasil mengatasi penyakit tersebut (survivors). Terlebih, ibunya, Samantha Barbara juga pernah menderita kanker.

(Baca juga: Anda Wanita? Pastikan 3 Risiko Ini Masuk dalam Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Dibeli!)

Selain itu, Chelsea juga ikut terlibat dalam Jakarta Goes Pink (JGP)—sebuah acara tahunan yang diprakarsai oleh komunitas Lovepink. Dalam JGP, Chelsea beserta para pendukung gerakan peduli kanker payudara lainnya melakukan jalan kaki bersama menyusuri Jalan Sudirman tersebut sebagai bentuk apresiasi dan simbol dukungan untuk selalu berjalan bersama dalam kondisi apa pun.

Ira Wibowo

Ira Wibowo Kredit : Kompas/Dwi As Setianingsih

Walaupun lebih dikenal sebagai duta kanker serviks di Indonesia, artis Ira Wibowo juga aktif Mengampanyekan gerakan peduli kanker payudara. Baginya, pengetahuan tentang kanker payudara sama pentingnya dengan kanker serviks.

Pada tahun 2014 lalu, Ira juga turut berpartisipasi dalam JGP. Alasannya, ia ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi ini, terutama karena kanker payudara dan serviks merupakan dua jenis kanker yang paling banyak diderita wanita.

Widget TRV Insurance

Indro “Warkop”

Artis senior yang bernama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro ini mengakui bahwa dirinya sudah tak asing lagi dengan kanker. Alasannya, dua sahabatnya di warkop, yaitu Dono dan Kasino, meninggal karena kanker.

(Baca juga: 4 Mitos yang Buat Kamu Malas Berasuransi)

Seperti Chelsea dan Ira yang turut berpartisipasi dalam JGP, Indro juga ikut meramaikan acara tersebut. Pada tahun 2014 lalu, ia bahkan tak lupa mengajak kawan-kawannya dari komunitas motor gede (moge) untuk mengambil posisi di barisan paling depan sesaat sebelum dimulainya acara jalan bersama tersebut.

Wanda Hamidah

Wanda_Hamidah

Sebagai seorang survivor, aktris sekaligus politisi Wanda Hamidah aktif mengampanyekan deteksi dini dan pencegahan kanker payudara. Pada acara-acara yang dihadirinya, Wanda selalu menyempatkan diri untuk menceritakan pengalamannya tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya tak menyangka kalau benjolan yang selama ini diduga benjolan air susu dan berada pada payudaranya adalah sebuah tumor jinak. Ia bahkan baru mengetahuinya setelah memeriksakan diri ke dokter spesialis pada tahun 2010. Tak lama kemudian ia memutuskan untuk mengatasinya dengan cara operasi.

Meski yang divonis oleh dokter adalah sebuah tumor jinak, namun kejadian tersebut tetap membuat dirinya sempat depresi. Karena itu, ia mengimbau kepada kaum perempuan untuk memulai hidup sehat sebagai upaya mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Julia Perez

Julia_Perez

Artis yang akrab disapa Jupe ini sebelumnya sempat didiagnosis menderita kanker serviks—sebuah penyakit yang tercatat sebagai salah satu jenis kanker paling mematikan bagi wanita selain kanker payudara. Untuk mengobatinya, Jupe sempat menjalani serangkaian operasi dan juga kemoterapi.

(Baca juga: 4 Cara Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet)

Oleh karena itulah, sebagai bentuk kepeduliannya pada warriors dan survivors, pada 13 Oktober 2014 lalu, bertepatan dengan diperingatinya Hari Tanpa Bra, Julia Perez mengunggah foto topless dirinya yang dipotret dari belakang sebagai bentuk dukungannya terhadap kesadaran peduli kanker payudara.

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra sendiri adalah sebuah hari yang ditujukan untuk mendukung sosialisasi kesadaran akan kanker payudara. Hari ini dirayakan setiap tanggal 12-13 Oktober yang bertepatan dengan bulan kesadaran kanker payudara.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.