Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Sederet Tips Menghadapi Interview Online beserta Fakta Menariknya

by Nadhillah Kusindriani on 16 Maret, 2020

Bagi kamu yang sedang melamar pekerjaan dan sedang menunggu panggilan interview, rasanya kamu perlu mengetahui tips menghadapi interview online. Pasalnya, ada beberapa perusahaan yang kini menerapkan sistem interview semacam itu.

tips menghadapi interview online

Sejatinya, interview online memiliki beberapa keuntungan, baik untuk pihak perusahaan atau pun calon kandidat. Sebab bagi perusahaan, ia dapat dengan mudah mewawancarai calon kandidat hanya dengan memanfaatkan koneksi internet dan aplikasi yang ada. Terlebih, jika calon kandidat berasal dari luar daerah atau luar negeri.

Sedangkan untuk calon kandidat, mereka tidak perlu menghabiskan banyak uang, waktu dan tenaga untuk datang ke lokasi interview. Para calon kandidat hanya perlu menyiapkan mental untuk menjawab pertanyaan yang akan diajukan.

Maka dari itu, agar proses interview berjalan lancar, ada baiknya jika kamu mengetahui tips menghadapi interview online beserta fakta-fakta menarik yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

(Baca Juga: Jangan Gugup, Ini 10 Pertanyaan yang Sering Muncul di Sesi Interview Kerja)
Tips Menghadapi Interview Online

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tips menghadapi interview online menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui. Sebab, hal tersebut berguna untuk kelancaran proses wawancara.

Maka dari itu, di bawah ini beberapa tips menghadapi interview online di antaranya, yaitu:

1. Pastikan Koneksi Internet Aman

Tips menghadapi interview online yang pertama adalah memastikan koneksi internet aman, mulai dari kestabilan dan kecepatan koneksinya. Jika jaringan internet di rumah mu kurang mendukung, kamu bisa mencari tempat lain dengan koneksi internet yang bagus untuk digunakan sebagai lokasi interview.

Apabila menggunakan paket data, sebaiknya kamu memeriksa terlebih dahulu ketersediaan kuota internet. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi jika ternyata kuota internet yang kamu miliki habis dan harus membelinya terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, ketika interview online sedang berlangsung, sebaiknya kamu tidak menggunakan koneksi internet untuk membuka halaman website yang lain. Sebab, koneksi internet akan menjadi lambat dan mengganggu kelancaran proses interview.

2. Mempersiapkan Alat Pendukung

Tips menghadapi interview online yang kedua adalah mempersiapkan alat pendukung. Baik itu handphone, laptop atau pun iPad yang bisa kamu gunakan dan berada dalam kondisi baik.

Kamu juga harus memastikan bahwa alat komunikasi yang digunakan memiliki baterai penuh, tersedia aplikasi untuk interview online seperti Skype, dan hal-hal lainnya yang diperlukan.

3. Persiapkan Tempat yang Sesuai untuk Interview

Mempersiapkan tempat yang sesuai untuk interview menjadi salah satu tips menghadapi interview online yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu memilih tempat yang nyaman dan tenang.

Sebab, tempat yang nyaman dan tenang akan membuat mu fokus dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Terlebih, tidak akan ada gangguan berupa suara-suara dari orang-orang disekitar mu yang akan mengganggu proses interview online.

Jika proses interview tidak memungkinkan untuk dilakukan di rumah, maka kamu bisa memilih lokasi lain yang cocok dan bisa digunakan untuk interview dengan nyaman dan aman.

Tidak hanya itu, kamu juga sebaiknya memperhatikan background dari lokasi interview. Pastikan kamu memilih background yang tenang dan tidak menimbulkan prasangka. Kamu bisa menjadikan rak buku atau warna-warna polos sebagai background lokasi interview mu.

4. Mengatur Pencahayaan dengan Tepat

Tips menghadapi interview online yang keempat adalah mengatur pencahayaan dengan tepat. Jangan sampai kamu membelakangi cahaya, sebab itu akan membuat mu terlihat gelap di kamera.

Maka dari itu, sebelum interview online dilakukan ada baiknya kamu memperhatikan terlebih dahulu posisi cahaya. Sehingga, pewawancara dapat melihat mu dengan jelas ketika interview.

Jika tidak menemukan posisi yang tepat, kamu bisa mengakalinya dengan meletakkan dua lampu di depan laptop atau handphone yang kamu gunakan. Hal tersebut merupakan upaya untuk membuat wajah mu terlihat lebih terang.

5. Memakai Pakaian Formal

Meski interview dilakukan secara online, namun pakaian yang kamu kenakan tetap harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan pakaian formal sebagai busana untuk interview.

Untuk wanita, kamu bisa mengenakan kemeja putih bersih, blazer, dress dan pakaian sopan lainnya. Sedangkan untuk lelaku, kamu bisa mengenakan kemeja yang rapi dan bersih, celana bahan dan dasi.

Sebelum interview online berlangsung, pastikan terlebih dahulu bahwa pakaian yang kamu kenakan rapi dan bersih. Meski interviewer hanya melihat setengah badan mu, namun pakaian secara tidak langsung menunjukkan kepribadian mu. Tidak hanya itu, melalui pakaian kamu juga berlatih untuk bersikap profesional.

6. Pastikan Kamu Melihat Kamera Bukan Monitor

Tips menghadapi interview online yang keenam adalah memastikan dirimu melihat kamera bukan monitor. Sebab, sering kali orang hanya terfokus menatap lawan bicaranya di monitor, bukan di kamera.

Maka dari itu, memastikan diri melihat kamera ketika berbicara penting dilakukan. Sebab, hal tersebut berguna untuk mencegah kesalahpahaman saat berkomunikasi. Terlebih, menghindari kesan tidak sopan dan tidak menghargai yang mungkin dipikirkan oleh interviewer.

7. Menunjukkan Rasa Antusias dan Bersemangat

Berikutnya yaitu kamu perlu menunjukkan rasa antusias dan bersemangat saat interview online. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung memberikan kesan baik dan bersahabat, sehingga pewawancara tidak akan meremehkan percakapan interview mu.

Tunjukkan wajah yang ceria, bersemangat dan tetap tersenyum ramah. Selain itu, kamu juga bisa menggerakkan kepala mu dengan mengangguk sebagai tanda bahwa kamu mendengarkan dan memahami dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

8. Memperlihatkan Wajah yang Segar dan Menarik

Tips menghadapi interview online yang kedelapan adalah menampilkan wajah yang segar dan menarik. Caranya, kamu bisa meluangkan waktu beberapa jam untuk berdandan dan bersiap-siap terlebih dahulu sebelum melakukan interview.

Bagi perempuan, kamu bisa menggunakan makeup dan merias rambut agar terlihat rapi dan sedap dipandang ketika interview. Sedangkan untuk laki-laki, pastikan kamu mengatur rambut mu dengan rapi.

Maka dari itu, pastikan wajah mu segar dan tidak terlihat seperti baru bangun tidur. Sebab, jika wajah mu masam, interviewer mungkin akan menilai mu sebagai orang yang tidak profesional.

Bahkan, kemungkinan terburuknya interviewer mungkin akan mengurungkan niatnya untuk melakukan wawancara dengan mu.

9. Pastikan Fokus dengan Interview

Fokus merupakan kunci ketika sedang melakukan interview. Tidak hanya fokus dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, tetapi kamu juga fokus terhadap proses wawancara itu sendiri.

Hindari membuka halaman website lain saat interview. Selain mengganggu koneksi internet, membuka website lain juga akan mengganggu konsentrasi mu. Untuk itu, kamu sebaiknya meluangkan waktu 1 – 3 jam untuk fokus pada interview.

10. Melakukan Simulasi Interview Terlebih Dahulu

Tips interview online ke sepuluh yaitu terlebih dahulu melakukan simulasi interview. Kamu bisa berlatih dengan teman mu melalui Skype. Ajak teman mu untuk berperan sebagai interviewer dan memberikan beberapa pertanyaan untuk mu.

Setelah itu, kamu dapat meminta teman mu untuk mengevaluasi proses interview yang telah dilakukan sebelumnya. Mulai dari kejelasan suara, posisi duduk hingga kondisi ruangan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui bagian mana saja yang harus diperbaiki dan dimaksimalkan.

Selain itu, dengan berlatih juga kamu dapat mempersiapkan mental serta kelancaran saat berbicara dan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan.

11. Membuat Back Up Plan Jika Koneksi Internet Terputus

Tips menghadapi interview online yang terakhir adalah membuat back up plan apabila sewaktu-waktu koneksi internet terputus. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengatur emosi mu agar tidak panik.

Namun perasaan itu wajar kamu miliki, sebab permasalahan teknis bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk menangani hal tersebut, buatlah rencana alternatif yang bisa kamu lakukan setelah terputusnya koneksi internet.

Seperti misalnya dengan mencatat alamat ­e-mail atau nomor telepon interviewer, baik nomor telepon kantor atau pun nomor pribadi. Dengan begitu, kamu bisa menghubunginya kembali sesaat setelah koneksi internet terputus.

Apabila kamu memiliki inisiatif semacam itu, interviewer tentu akan melihat dan menilai usaha mu. Terlebih, kamu akan dinilai sebagai pribadi yang kreatif dan tidak pantang menyerah.

Nah, 11 tips menghadapi interview online sudah kamu ketahui di atas. Namun, alangkah lebih baik jika kamu juga mengetahui apa saja pertanyaan yang sekiranya muncul dan sering ditanyakan oleh interviewer.

Pertanyaan Wawancara yang Sering Muncul

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa pertanyaan yang tidak kamu sangka mungkin saja muncul di tengah-tengah proses interview. Untuk menangani hal tersebut, di bawah ini lima daftar pertanyaan yang sekiranya muncul pada saat wawancara, yaitu:

  • Perkenalkan dan ceritakan tentang diri Anda

Untuk pertanyaan yang satu ini, pastikan kamu menjawabnya dengan jelas dan tepat. Kamu bisa menjawabnya dengan fokus diri sendiri bukan justru melenceng dan bercerita tentang keluarga mu.

Cara menjawabnya sangat mudah, buatlah urutan hal yang ingin kamu jelaskan, seperti mulai dari menyebutkan data diri secara lengkap, keterampilan yang kamu miliki, kelebihan hingga kekurangan mu.

  • Tolong jelaskan apa kelemahan Anda

Jika kamu mendapat pertanyaan tentang kelemahan diri, pastikan kamu menjawabnya dengan bijak dan disertai dengan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebab, jawaban-jawaban semacam ini justru akan memperlihatkan bahwa dirimu merupakan seseorang yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

Ada baiknya hindari jawaban seperti kamu tidak memiliki kelemahan apapun, karena kamu akan dinilai sebagai pribadi yang arogan dan tidak jujur.

  • Pencapaian terbesar dirimu hingga saat Ini

Pertanyaan ini sejatinya diajukan untuk mengetahui seberapa besar daya juang dan kualitas diri mu. Untuk itu, kamu bisa menjawabnya secara singkat, padat dan berkualitas. Jelaskan saja proses yang benar-benar memakan waktu serta tenaga mu.

Kemudian, kaitkan dengan posisi yang sedang kamu lamar saat ini sebagai modal utama yang kamu miliki. Dengan menjelaskannya secara baik, maka interviewer dapat melihat potensi mu dan memetakannya dengan baik.

  • Bagaimana caramu memecahkan masalah

Masalah merupakan hal yang pasti kamu hadapi dimana saja dan kapan saja, termasuk di dunia pekerjaan. Maka dari itu, pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui sudut pandang mu dalam menghadapi dan memecahkan masalah.

Kamu mungkin memerlukan waktu lebih untuk menjawab pertanyaan semacam ini, sebab kamu harus menjawabnya dengan bijak dan sesuai dengan kemampuan mu. Untuk itu, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjawab pertanyaan ini.

  • Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan Anda

Pertanyaan terakhir yang mungkin muncul pada saat interview adalah kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan mu. Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, kamu bisa merangkum semua kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan tersebut dengan antusias mu untuk bisa bergabung dan bekerja dengan perusahaan.

Jangan sampai kamu terlihat hanya melamar karena posisi yang ditawarkan sesuai keinginan mu dan kamu memenuhi kualifikasi tersebut, tetapi kamu tidak memahami jobdesk dari pekerjaan itu sendiri.

Fakta Menarik Interview Online

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja tips menghadapi interview online dan beberapa pertanyaan yang mungkin muncul saat interview. Kini ada beberapa fakta menarik tentang interview yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Pengalaman kerja tidak menjadi faktor tertinggi penentu lancarnya interview kerja
  • Kepribadian menjadi hal pertama yang HRD perhatikan
  • Pendidikan menjadi faktor kedua yang HRD perhatikan

Nah, kini kamu sudah mengetahui tips menghadapi interview online, daftar pertanyaan saat interview hingga fakta menarik interview online. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pastikan kamu memiliki laptop atau pun handphone beserta aplikasi yang bisa digunakan untuk interview online.

Jika belum memiliki laptop atau handphone, kamu bisa meminjam dengan saudara, tetangga atau pun membelinya di offline store atau online store. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu kredit, kamu bisa melakukan perbandingan dan mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Tunggu apalagi, yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis